Sukses

8 Situs Tes Depresi Online Gratis yang Bagus dan Mudah Diakses

Bagi mereka yang mencari cara untuk mengevaluasi kondisi emosional, kini tersedia situs tes depresi online gratis.

Liputan6.com, Jakarta - Unit Konsultasi Psikologi Universitas Gajah Mada (UGM), mendefinisikan depresi adalah suatu gangguan suasana hati berupa kesedihan yang tidak biasa dan berlangsung secara berkepanjangan. Dalam kondisi ini, masyarakat perlu memahami bahwa depresi dapat dialami oleh siapa pun, tanpa memandang usia atau latar belakang.

Bagi mereka yang mencari cara untuk mengevaluasi kondisi emosional, kini tersedia situs tes depresi online gratis yang dapat diakses dengan mudah. Ada situs tes depresi online gratis seperti Hello Sehat, Airlangga Safe Space, Pijar Psikologi, hingga BagiKata. Situs-situs tersebut menawarkan solusi cepat dan efektif untuk mengukur tingkat depresi.

Melalui situs tes depresi online gratis tersebut, pengguna dapat melakukan penilaian kesehatan mental tanpa biaya dan kerepotan. Melakukan tes depresi online gratis adalah langkah awal yang krusial dalam mengidentifikasi dan mengatasi potensi gangguan emosional, sehingga mereka yang membutuhkan dapat segera mendapatkan bantuan dan perawatan yang diperlukan.

Berikut Liputan6.com ulas penjelasan lengkapnya, Selasa (12/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Situs Hello Sehat

Hello Sehat adalah salah satu platform yang menyediakan alat tes depresi secara online. Meskipun fokusnya adalah pada kecemasan, tes ini juga dapat memberikan gambaran awal tentang kondisi depresi seseorang. Anda dapat mengakses alat tes ini melalui laman resmi https://hellosehat.com/bot/tes-gangguan-kecemasan/.

Panduan sederhana disediakan untuk membantu Anda melakukan tes dengan mudah. Pertama, Anda perlu menjawab serangkaian pertanyaan untuk mendeteksi kemungkinan Anda mengalami kondisi kecemasan. Kemudian, jawablah dengan jujur dan penuh kejujuran, karena hal ini sangat penting untuk mendapatkan hasil yang akurat. Setelah menyelesaikan tes, Anda akan diberikan gambaran awal tentang kondisi kecemasan atau depresi yang Anda alami.

2. Airlangga Safe Space

Airlangga Safe Space juga menawarkan tes depresi online gratis yang dapat diakses melalui laman situs resmi mereka. Anda dapat mengunjungi https://airlanggasafespace.com/mental-health-test/ untuk memulai tes.

Langkah-langkah untuk melakukan tes ini cukup sederhana. Pertama, pilih jenis tes yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda saat ini. Kemudian, isilah data diri Anda dengan lengkap dan pilihlah jawaban untuk setiap pertanyaan sesuai dengan kondisi yang sesungguhnya. Setelah menyelesaikan tes, hasilnya akan dikirim melalui email dalam beberapa hari.

3. DASS-21

DASS-21, yang disediakan oleh Naluri, merupakan alat skrining yang dapat memberikan gambaran tentang tingkat depresi, kecemasan, dan stres seseorang. Anda dapat mengaksesnya melalui situs resmi https://campaign.naluri.life/id/dass-21.

Setelah menyelesaikan penilaian, Anda akan menerima informasi mengenai tingkat keparahan dari masing-masing kondisi emosional tersebut. Penting untuk diingat bahwa DASS-21 bukanlah alat diagnosis, melainkan alat bantu skrining.

4. Ibunda.id

Ibunda.id menawarkan Mental Health Test secara online melalui laman situs resmi mereka di https://www.ibunda.id/tespsikologi/tes-kesehatan-mental-online. Tes ini dirancang untuk membantu Anda mengidentifikasi keyakinan diri Anda dalam menghadapi situasi dan mencapai hasil yang diinginkan. Setelah mengikuti tes depresi online, Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang kondisi mental Anda.

5. Denpasar Mental Health Centre (DMHC)

DMHC menawarkan layanan tes depresi online gratis melalui platform online mereka. Proses skrining psikotes online di DMHC sangatlah sederhana. Anda perlu melakukan pendaftaran dan mengisi formulir yang disediakan untuk memulai tes. Setelah itu, hasil tes dapat digunakan sebagai acuan untuk konsultasi lebih lanjut dengan tenaga profesional di DMHC.

3 dari 3 halaman

6. Aplikasi Sehat Jiwa

Pemerintah Indonesia memperkenalkan inovasi terbaru di bidang layanan kesehatan jiwa dengan meluncurkan aplikasi Sehat Jiwa. Aplikasi ini, yang dapat diakses melalui Aplikasi Sehat Jiwa, aplikasi ini memberikan masyarakat kemampuan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan jiwa secara mandiri, termasuk tes depresi online. Terdapat tiga metode pemeriksaan yang disediakan, yaitu metode Cage, GDS15, dan SRQ20.

  1. Metode Cage: Pengguna diminta menjawab empat pertanyaan seputar konsumsi alkohol dengan pilihan jawaban ya atau tidak. Hasilnya memberikan indikasi risiko terhadap alkohol, memudahkan pengguna untuk memantau dan mengelola konsumsi alkohol mereka.
  2. Metode GDS15: Dengan 15 pertanyaan tentang penerimaan jiwa terhadap kehidupan, memberikan gambaran lebih luas terkait kesehatan jiwa pengguna. Hasil tes ini mengindikasikan normalitas dengan nilai 0-5, sementara nilai 6-20 menggambarkan adanya masalah kesehatan jiwa yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh tenaga kesehatan.
  3. Metode SRQ20: Menonjolkan kondisi fisik dalam 20 pertanyaan serupa, memberikan lapisan pemahaman yang lebih mendalam terkait kesehatan mental seseorang.

Aplikasi Sehat Jiwa tidak hanya menyediakan tes depresi online gratis tetapi juga layanan konsultasi online. Pengguna dapat mendaftarkan nomor ponsel mereka untuk mendapatkan dukungan informasi dan mengakses nomor darurat 119 dengan mengisi formulir. Langkah konkret pemerintah ini bertujuan meningkatkan kualitas layanan kesehatan jiwa, terutama bagi kalangan lansia dan pra lansia.

7. Pijar Psikologi

Pijar Psikologi, sebagai wadah edukasi kesehatan mental, menyediakan akses mudah bagi masyarakat untuk mengatasi isu-isu psikologis melalui Pijar Psikologi. Meskipun tes depresi online yang tersedia tidak dapat menggantikan diagnosis profesional, mereka memberikan gambaran umum tentang kondisi kesehatan mental seseorang.

Tes Psikometri BDI dilakukan menggunakan Beck Depression Inventory (BDI) untuk mengukur tingkat depresi. Hasil tes ini sebaiknya tidak dijadikan satu-satunya acuan, dan individu yang memerlukan bantuan lebih lanjut disarankan menghubungi profesional kesehatan mental terdekat.

Laman Pijar Psikologi terus melakukan pengembangan pada alat tesnya, dengan jawaban pengguna digunakan secara anonim untuk perbaikan dan pengembangan lebih lanjut. Pengguna diminta memberikan data pribadi seperti usia dan jenis kelamin untuk menyediakan informasi yang lebih akurat bagi penelitian lebih lanjut.

8. BagiKata

BagiKata menawarkan layanan tes depresi online gratis menggunakan Self-Reporting Questionnaire (SRQ). Akses melalui situs website resmi BagiKata, Tes Mental Health dengan 20 pertanyaan yang berkaitan dengan masalah atau perasaan dalam 30 hari terakhir. Hasil tes ini bertujuan membantu individu lebih sadar akan kondisi kesehatan mentalnya.

Meskipun hasil tes bukanlah diagnosis resmi, hasilnya dapat menjadi sumber informasi yang berharga bagi pengguna. BagiKata mendorong anonimitas, mengajak masyarakat untuk mencari bantuan lebih lanjut tanpa ragu-ragu jika dibutuhkan. Tes kesehatan mental online gratis yang disediakan menjadi langkah awal yang mudah diakses menuju pemahaman dan perawatan kondisi psikologis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.