Sukses

Beberapa Cara untuk Menghadapi Persaingan Usaha Antara Lain Mengenali Tantangan

Beberapa cara untuk menghadapi persaingan usaha antara lain dengan menerapkan strategi yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa cara untuk menghadapi persaingan usaha antara lain mengenai tantangannya. Pasalnya, menjalankan usaha atau berbisnis tentu tidak akan selamanya berjalan mulus. Kamu perlu menghadapi segala tantangannya dengan menyiapkan berbagai macam strategi.

Persaingan usaha akan selalu ada di setiap bidang bisnis yang digeluti. Strategi yang tepat perlu dipraktikkan agar bisnis tetap berjalan lancar. Pelaku usaha atau bisnis harus terus memutar otak agar bisa menang melawan persaingan denan kompetitor.

Beberapa cara untuk menghadapi persaingan usaha antara lain dengan menerapkan strategi yang tepat. Mengenali pelanggan, kompetitor, hingga memahami situasi dan kondisi persaingan usaha merupakan kewajiban dalam persaingan usaha ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (18/6/2023) tentang beberapa cara untuk menghadapi persaingan usaha antara lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Mengenali pelanggan

Beberapa cara untuk menghadapi persaingan usaha antara lain yaitu mengenali pelanggan. Membangun hubungan yang baik dengan para pelanggan bisa membuat mereka setia pada produk yang kamu tawarkan, sehingga nantinya akan kembali melakukan pembelian. Oleh karena itu, untuk memberikan pelayanan terbaik kamu perlu mengenali kebiasaan dari konsumen dalam membeli produk.

Dengan mempelajari kebiasaan pelanggan, maka secara tidak langsung bisa memperkuat hubungan dengan konsumen, sehingga konsumen menjadi lebih loyal dan nyaman. Hal ini akan berpotensi menghasilkan keuntungan lebih banyak dalam jangka waktu yang lebih lama.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan pelanggan lama jika nantinya memiliki minat pada segmen pasar yang baru. Pasar baru akan mendatangkan keuntungan yang menjanjikan, namun jangan sampai melupakan pelanggan yang sudah setia dengan produk kamu.

Pertahankan beberapa aspek pemasaran yang berguna bagi usaha dalam melayani pelanggan lama. Salah satu opsi yang harus tetap bertahan untuk mendukung pelanggan setia adalah pengembangan produk. Sebaiknya, perkenalkan produk baru atau bahkan produk yang lebih baik kepada mereka. Terus kembangkan produk yang sudah ada, seperti produk-produk populer, agar Anda dapat berkomitmen dalam mengusahakan yang terbaik untuk pelanggan lama. Melalui pengembangan produk, usaha juga mampu mengungguli kompetitor sekaligus memuaskan konsumen setia.

3 dari 8 halaman

2. Mengenali kompetitor

Selanjutnya, beberapa cara untuk menghadapi persaingan usaha antara lain mengenali kompetitor. Mengetahui siapa kompetitor dan apa yang mereka tawarkan bisa membantu kamu membuat produk, layanan, dan pemasaran yang lebih menarik. Cara ini dapat membuat kamu menetapkan harga secara kompetitif dan melakukan kampanye pemasaran yang lebih baik. 

Dengan mengenali pesaing bisnis, berarti kamu mengetahui apa kelebihan dan kelemahan mereka. Pengusaha bisa memanfaatkan kelemahan kompetitor untuk dijadikan strategi bisnis. Selain itu, para pengusaha juga bisa menilai risiko ancaman yang mungkin datang dari pendatang baru atau pesaing saat ini. Dengan begitu, kamu bisa bersikap realistis terkait peluang kesuksesan usaha di tengah tumbuhnya berbagai jenis usaha saat ini.

4 dari 8 halaman

3. Menganalisis peluang usaha dan menentukan target pasar

Agar usaha bertahan lama, kamu memerlukan perencanaan yang matang di awal sehingga tidak kesulitan menentukan langkah-langkah bisnis. Jadi, beberapa cara untuk menghadapi persaingan usaha antara lain yaitu melakukan analisis peluang usaha dan menentukan target pasar. Kamu bisa melakukannya dengan riset terhadap konsumen dan kompetitor.

Riset konsumen bisa dilakukan dengan mengadakan survei, yaitu untuk mengetahui perilaku pelanggan, apakah bisnis kamu dibutuhkan, hingga berapa besar pelanggan yang bisa dijangkau. Sementara itu, riset terhadap kompetitor membantu kamu menemukan tantangan dalam bidang usaha yang dijalankan. Jadi, hal ini akan memberikan pemahaman tentang kondisi pasar dan potensi pertumbuhan usaha ke depannya. Dengan begitu, kamu bisa menentukan target konsumen dan strategi untuk bersaing.

5 dari 8 halaman

4. Menunjukkan nilai produk

Beberapa cara untuk menghadapi persaingan usaha antara lain yaitu menunjukkan nilai atau keunikan produk kamu. Salah satu cara terbaik menentukan nilai atau keunikan produk yaitu dengan survei pesaing, misalnya dengan mengetahui keunikan mereka dan bagaimana bisnis kamu bisa lebih menarik.

Mulailah dengan memecahkan masalah bagi pelanggan. Misalnya, kesulitan pelanggan untuk menikmati kopi di tengah mobilitas yang cepat. Dari sini, kamu bisa menyajikan kopi dengan kemasan yang mudah digenggam dan dibawa ke mana pun, sehingga pelanggan tidak akan kesulitan saat menikmati kopi sambil berjalan sekalipun.

6 dari 8 halaman

5. Selalu melakukan inovasi dan kolaborasi

Melakukan inovasi adalah faktor penting dalam pengembangan usaha yang sedang kamu jalankan. Inovasi ini bisa dilakukan dengan mengumpulkan berbagai macam informasi terkini dari segala macam sumber. Kamu juga bisa melihat perusahaan yang telah lama berdiri untuk mempelajari inovasi mereka. Kamu bisa melihat bagaimana cara mereka bertahan, menghadapi persaingan usaha, dan apa saja inovasi yang telah dilakukan. Jadi, Beberapa cara untuk menghadapi persaingan usaha antara lain yaitu dengan melakukan inovasi.

Selain itu, kolaborasi di zaman sekarang ini juga sangat penting dalam usaha. Kolaborasi bianya dilakukan dengan harapan bisa memeroleh konsumen atau pasar baru. Contoh kolaborasi yang bisa dicoba adalah menggaet seniman yang sedang populer untuk membuat edisi spesial produk kamu. 

7 dari 8 halaman

6. Manfaatkan pemasaran secara digital

Beberapa cara untuk menghadapi persaingan usaha antara lain dengan memanfaatkan digital marketing. Melakukan pemasaran dengan digital marketing bisa memberi keuntungan bagi usahamu karena pelanggan yang ditargetkan dapat dijangkau dengan cara yang hemat biaya dan terukur. Keuntungan lainnya termasuk meningkatkan loyalitas pada produk dan mendorong penjualan secara online. Promosi secara online tetap penting dilakukan untuk menggaet pelanggan, apalagi di zaman sekarang ini.

8 dari 8 halaman

7. Memahami situasi dan kondisi persaingan

Memeriksa pasar penting dilakukan dalam persaingan usaha. Pertama-tama, perhatikan apa pun yang dilakukan kompetitor secara cermat dan saksama. Kedua, perhatikan hal-hal yang tidak dilakukan oleh kompetitor, lihat itu sebagai kesempatan. Kemudian, coba bangun strategi agar usaha kamu bisa mengisi kesempatan tersebut.

Bersaing dengan usaha lain tidak harus dilakukan dengan cara meniru. Kamu bisa menciptakan perbedaan atau keunikan yang bisa dijadikan sebagai keunggulan produk kamu di mata pelanggan. Jadi, beberapa cara untuk menghadapi persaingan usaha antara lain dengan memahami situasi dan kondisi persaingan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.