Sukses

Manfaat Timah Putih dalam Kehidupan Sehari-hari dan Dampaknya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat timah putih dalam kehidupan sehari-hari kebanyakan untuk kombinasi atau campuran logam lainnya. Timah putih sering digunakan sebagai campuran logam lainnya karena memiliki sifat mudah ditempa dan sulit teroksidasi dalam udara sehingga tahan karat. 

Unsur kimia yang memiliki simbol Sn dan nomor atom 50 ini adalah logam yang sangat lembut, mempunyai warna putih dan mempunyai bentuk yang sangat lentur. Keunggulan utamanya adalah tidak mudah teroksidasi dan sangat tahan terhadap karat atau korosi.

Manfaat timah putih dengan sifat yang lebih halus, tidak bisa dipergunakan untuk produk logam murni. Oleh karena itu, timah putih ini lebih sering digunakan sebagai campuran atau kombinasi logam-logam lainnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/2/2020) tentang manfaat timah putih

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Sifat Fisik dan Ciri-ciri Timah Putih

Sifat Fisik Timah Putih

Sebelum mengenali manfaat timah putih, kamu perlu mengetahui sifat fisik timah terlebih dahulu. Berikut beberapa sifat fisik timah putih yang perlu kamu kenali:

- Timah mempunyai warna putih tetapi warna tersebut dapat berganti menjadi warna abu-abu apabila suhunya turun di bawah 13 derajat celcius.

- Timah dapat berubah menjadi logam yang lebih lemah, tidak sulit dicetak serta mudah mencair. Sebab itulah yang mengakibatkan banyak produk yang diproses bersama timah tidak sulit dicetak serta timah tersebut tidak bisa dipergunakan untuk menjadi logam murni.

- Timah mempunyai sifat keuletan, yang sedikit berubah bentuk pada suhu kamar. Walaupun timah bisa menjadi logam yang sedikit keras, tetapi fleksibel. Berubah bentuknya ini bisa terjadi pada suhu 54 derajat Fahrenheit.

- Timah adalah salah satu bahan konduktor listrik yang lebih baik sebab dapat dengan mudah dicetak bersama bantuan solder serta pembentukan pelat listrik.

- Timah memiliki kelemahan yang hanya dapat terkena korosi jika bersentuhan dengan air laut murni, air asam dan basa.

Ciri-ciri Timah Putih

Selain itu, mengetahui ciri-ciri timah putih tentunya juga dapat membantu kamu dalam mengenali berbagai manfaat timah putih ini. Berikut beberapa ciri-ciri timah putih yang bisa kamu perhatikan:

- Timah mempunyai warna yang lebih putih, berkilau atau mirip juga dengan logam perak.

- Timah tidak mempunyai daya magnetic.

- Timah sangat tahan untuk beberapa akibat korosi kecuali air laut murni serta larutan alkali.

- Timah berubah menjadi logam yang tidak berat, lunak, awet serta sulit terbakar.

- Timah dapat menjadi logam murni dan mempunyai harga yang tidak murah sebab mampu tahan lebih lama serta tidak sulit untuk dirawat.

3 dari 4 halaman

Manfaat Timah Putih dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat timah putih bagi kehidupan sehari-hari kerap digunakan sebagai bahan peralatan memasak. Hal ini berkaitan dengan produk timbal yang aman dan mempunyai tampilan yang lebih menarik.

Berikut beberapa manfaat timah putih lainnya dalam kehidupan sehari-hari:

- Sebagai Lapisan Produk Baja

- Sebagai Penyambung Logam dengan Solder

- Sebagai Komponen Logam Ringan

- Menjadi Magnet Konduksi

- Sebagai Sensor Gas dalam Industri Keramik

- Sebagai Bahan Kemasan

- Sebagai Pelapis Kaleng

- Sebagai Bahan Produksi Kaca

- Sebagai Bahan Kombinasi Perunggu

- Sebagai Produk Alumunium Foil

- Komponen Pasta Gigi

- Komponen Gigi Palsu

- Untuk Produksi Pipa

- Bahan Utama Produksi Plat Timah

- Sebagai Pelindung Pintu dan Jendela

- Sebagai Aksen Hiasan untuk Rumah

Itulah beberapa manfaat timah putih yang perlu dalam kehidupan sehari-hari yang perlu kamu ketahui.

4 dari 4 halaman

Proses Pengolahan dan Dampak Penggunaan Timah

Proses Pengolahan Timah

Timah berada di permukaan bumi pada kedalaman yang dekat. Lapisan timah dalam bentuk cassiterite yang merupakan salah satu mineral yang mengendap di sungai atau dasar sungai. Kasiterit dibakar bersama karbon untuk menghasilkan timah murni yang dapat digunakan sebagai berbagai produk.

Timah juga termasuk sebagai produk yang terjadi dalam bentuk bijih timah di lapisan bumi. Timah diproses oleh sistem penambangan dan harus dikelola oleh badan resmi untuk menghindari keracunan atau ledakan.

Dampak Penggunaan Timah

Walaupun manfaat timah putih untuk kehidupan sehari-hari begitu banyak, namun kamu tetap harus waspada dalam penggunaannya. Pemakaian berbagai produk yang mengandung timah tentu saja dapat meningkatkan berbagai risiko kesehatan. Terkadang jenis produk menggunakan timah putih yang tidak melalui proses yang tepat dapat meningkatkan resiko keracunan.

Gejala jangka pendek keracunan timah dapat mengakibatkan masalah pernapasan, sakit kepala, gangguan pencernaan, penyakit mata, munculnya penyakit kulit serta gangguan diuretik. Sementara gangguan jangka panjangnya bisa mengakibatkan kanker, otak, hati, dan gangguan kromosom, serta untuk anak- anak kecil dapat memiliki perasaan tertekan.

Dengan mengenal manfaat timah putih hingga dampaknya bagi kesehatan, kamu bisa lebih maksimal dalam pemanfaatannya sekaligus lebih berhati-hati dengan dampaknya terhadap kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini