Sukses

10 Penyebab Kedutan di Mata Kiri Atas, Bisa Tandakan Penyakit

Penyebab kedutan di mata kiri atas bisa menandakan penyakit, terutama kondisi neurologis.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab kedutan di mata kiri atas banyak dikaitkan dengan berbagai mitos, entah itu pertanda baik ataupun buruk. Namun ternyata kondisi ini bisa dijelaskan secara medis. Meskipun tidak menyakitkan, mata kedutan cukup menjengkelkan.

Kondisi kedutan umumnya digambarkan dengan perasaan berdenyut atau bergetar di area kelopak mata, bawah mata, hingga alis. Sensasi tersebut terjadi secara berulang dan tidak terkendali.

Dalam dunia medis, mata berkedut dikenal dengan istilah mytokymia. Sensasi berdenyut yang muncul disebabkan oleh saraf kelopak mata bagian atas atau bawah yang menegang dan kejang.

Penyebab kedutan di mata kiri atas bisa menandakan penyakit, terutama kondisi neurologis. Walaupun hal tersebut jarang terjadi, biasanya kedutan yang menandakan penyakit ini diikuti oleh gejala lainnya pada tubuh. Oleh karena itu, gejala kedutan di mata kiri atas atau sisi mata lainnya perlu kamu waspadai.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang penyebab kedutan di mata kiri atas dari berbagai sumber, Rabu (4/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab kedutan di mata kiri atas yang bukan penyakit

Kelelahan dan Kurang Tidur

Penyebab kedutan di mata kiri atas yang pertama adalah kelelahan dan kurang tidur. Setelah seharian menggunakan mata untuk belajar atau bekerja, mata tentunya akan kelelahan. Itulah sebabnya, mata kamu membutuhkan istirahat, salah satunya dengan tidur.

Jika kamu kurang tidur, beebagai masalah pada mata bisa terjadi seperti menyebabkan kantung mata membesar dan menghitam, hingga kedutan pada sekitar mata. Kondisi ini juga bisa terjadi jika kamu stres. Stres kadang membuat kamu sulit tidur di malam harinya dan kelelahan pada mata akan semakin menumpuk dan memicu kedutan.

Terlalu Lama Menatap Gadget

Penyebab kedutan di mata kiri atas yang selanjutnya adalah terlalu lama menatap gadget. Kelelahan mata tidak hanya disebabkan oleh kurang tidur. Seharian menatap layar komputer atau gadget juga menjadi salah satu penyebab lelahnya otot mata.

Inilah yang menyebabkan risiko kamu merasakan kelopak mata berkedut. Apalagi jika kamu memiliki mata kering, risiko mata berkedut akan lebih besar.

3 dari 5 halaman

Penyebab kedutan di mata kiri atas yang bukan penyakit lainnya

Merokok dan Minum Alkohol

Alkohol mengandung kafein dan asap rokok mengandung ribuan zat kimia yang masuk ke tubuh. Kemungkinan besar senyawa pada rokok dan alkohol bisa memicut terjadinya saraf kelopak mata menegang.

Kombinasi asap rokok dan alkohol sangat tidak menyehatkan tubuh. Jika digunakan dalam jangka panjang, tidak hanya kelopak mata bergetar yang akan terjadi, berbagai penyakit kronis juga bisa kamu alami.

Konsumsi Kafein

Seperti merokok dan minum alkohol, konsumsi kafein juga merangsang otot tubuh menjadi tegang. Ketika kafein masuk ke dalam tubuh, zat ini akan merangsang sistem saraf pusat, yaitu otak.

Jika minum kafein di sore atau malam hari, maka kamu akan kesulitan tidur. Akibatnya, kamu akan kurang tidur dan kedutan bisa terjadi. Tidak hanya itu, kafein yang diminum terlalu banyak juga bisa menyebabkan otot tubuh mengejang dan berisiko menimbulkan kedutan mata kiri atas atau sisi satunya.

Kafein tidak hanya ada pada kopi. Banyak produk makanan dan minuman yang mengandung zat ini, sebut saja cokelat, teh, soda, dan minuman energi lainnya.

Penggunaan Obat tertentu

Penyebab kedutan di mata kiri atas lainnya yang bukan penyakit adalah menggunakan obat-obatan tertentu. Obat antiepileptik dan antipsikotik memengaruhi saraf dan otot, sehingga menyebabkan otot menegang dan tremor (tubuh gemetaran).

Selian itu, obat diuretik untuk mencegah penumpukan cairan dalam tubuh juga bisa menyebabkan tubuh kekurangan magnesium. Magnesium sangat diperlukan tubuh untuk menunjang kinerja saraf dan otot. Bila mineral ini tidak tercukupi, maka otot tubuh akan rentan mengejang.

4 dari 5 halaman

Penyebab kedutan di mata kiri atas yang merupakan tanda penyakit

Bell’s Pallsy

Penyebab kedutan di mata kiri atas yang merupakan tanda penyakit adalah Bell’s Pallsy. Bell’s palsy menandakan terjadinya kelumpuhan saraf wajah akibat kerusakan atau trauma, yang salah satu gejalanya adalah kedutan di mata kiri atas.

Otot dan saraf di wajah bekerja sama untuk mengontrol kedipan mata, ekspresi wajah, dan membawa impuls ke berbagai arah, seperti kelenjar air mata, kelenjar air liur, otot-otot sekitar telinga, dan lidah.

Penyakit Bell’s palsy menyebabkan fungsi otot-otot tersebut terganggu. Meski menyebabkan kelemahan atau kelumpuhan, penyakit ini tidak berhubungan dengan stroke. 

Multiple Sclerosis

Multiple sclerosis (MS) adalah penyakit yang memengaruhi sistem saraf pusat dan sumsum tulang belakang sehingga menyebabkan masalah penglihatan, gangguan keseimbangan, munculnya sensasi aneh pada tubuh. Salah satu gejalanya adalah kedutan di mata kiri atas.

Penyakit ini terjadi akibat adanya kesalahan pada sistem imun yang mengenali sel tubuh yang sehat pada otak dan sumsum tulang belakang sebagai zat asing. Pada kasus parah, penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan dan mengurangi kualitas hidup pasiennya.

5 dari 5 halaman

Penyebab kedutan di mata kiri atas yang merupakan tanda penyakit lainnya

Blepharospasm

Blepharospasm adalah kontraksi otot-otot kelopak mata yang abnormal. Kondisi ini merupakan penyebab kedutan mata kronis yang cukup langka.

Awalnya, kedutan akan terjadi di kelopak mata, kemudian akan menyebar ke area mata lainnya jika tidak diobati. Dalam kasus parah, kedutan bisa terjadi selama berjam-jam dan sangat sering.

Penyebab blepharospasm tidak diketahui secara pasti, namun sebagian besar ahli kesehatan percaya bahwa ini terjadi karena adanya gangguan pada ganglia basal otak, yaitu bagian otak yang mengatur fungsi motorik dan menghambat gerakan yang tidak menentu.

Hemificial Spasm

Hemificial spasm disebabkan oleh adanya iritasi pada saraf wajah, biasanya akibat pembesaran Pembuluh darah yang menekan saraf terlalu kuat. Kedutan di mata kiri atas merupakan salah satu gejalanya.

Dystonia

Dystonia adalah kelainan kontraksi otot yang menyebabkan gerakan berulang atau postur tubuh abnormal. Kondisi ini dapat memengaruhi satu otot, kelompok otot, atau otot di seluruh tubuh.

Ada banyak jenis dystonia, tergantung bagian otot mana yang bermasalah. Salah satu gejala yang umum terjadi pada Dystonia ini adalah kedutan di mata kiri atas yang kadang mata akan tertutup dan tidak bisa dibuka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.