Sukses

Profil PT KAHATEX, Lengkap dengan Sejarah Berdiri dan Produknya

profil PT KAHATEX, sejarah berdirinya PT KAHATEX dan produk-produk PT KAHATEX.

Liputan6.com, Jakarta PT KAHATEX merupakan perusahaan besar terintegrasi yang bergerak di bidang tekstil, dimana produksi PT KAHATEX mencangkup produksi chip polyester, benang, kain, pakaian, kaos kaki, serat polyester, selimut, pewarna kain dan produk tekstil lainnya.  

Berdiri sejak tahun 1979 sebagai pabrik benang dan celupan, PT KAHATEX terus berkembang dan saat ini memiliki area gabungan dengan luas lebih dari 185 hektar di 3 lokasi produksi. Selain itu PT KAHATEX juga memiliki total tenaga kerja sekitar 55.000 karyawan.

Tidak hanya di Indonesia, PT KAHATEX juga telah diakui sebagai salah satu perusahaan tekstil besar yang ada di kawasan Asia Tenggara. PT KAHATEX juga telah berhasil mendapatkan sejumlah sertifikat dan penghargaan atas dedikasinya dalam memproduksi produk yang berkualitas.

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan PT KAHATEX yang Liputan6.com rangkum dari laman kahatex-ind.com pada Rabu (7/12/2022) tentang profil PT KAHATEX, sejarah berdirinya PT KAHATEX dan produk-produk PT KAHATEX.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil PT KAHATEX

Profil PT KAHATEX

Didirikan pada tahun 1979 sebagai pabrik rajut sekaligus rumah Dye oleh Bapak LH Song. PT KAHATEX merupakan perusahaan tekstil besar terintegrasi di Indonesia, PT KAHATEX memproduksi chip poliester, serat poliester, benang, kain, garmen dan kaus kaki dalam pengaturan terintegrasi vertikal. 

Sejak berdiri, PT KAHATEX terus tumbuh dan berhasil menjadi salah satu kompleks tekstil terintegrasi terbesar di Indonesia, dengan banyak pabrik tersebar di area seluas lebih dari 155 hektar (1.550.000 sq.m) di lokasi pabriknya di Cijerah - Bandung, Rancaekek- Sumedang, dan Solokan Jeruk - Majalaya, dengan jumlah pekerja lebih dari 55.000.

Perusahaan memiliki sejarah panjang pertumbuhan secara mandiri dengan keinginan untuk modernisasi dan ekspansi. Merangkul teknologi baru, meningkatkan yang sudah ada, menambahkan produk baru ke dalam portofolionya dan komitmen terhadap kualitas merupakan inti dari filosofi perusahaan ini. 

Perusahaan ini telah dianugerahi Oeko-Tex Standard 100, yang merupakan dukungan nyata atas komitmennya terhadap kualitas. Sebagai pelaku utama di sektor tekstil Indonesia, kontribusinya terhadap pasar ekspor sangat signifikan dan patut dicontoh.

Dimana hasil produksinya lebih dari 40% diekspor langsung ke sekitar 80 negara di seluruh dunia. Dan 40% diekspor secara tidak langsung melalui penjualan ke produsen garmen, kaus kaki, dan sweater berorientasi ekspor lainnya di Indonesia.

Rentang produk PT KAHATEX mencakup hampir seluruh keseluruhan produk tekstil dari berbagai benang dan kain hingga produk seperti garmen, selimut, permadani, karpet, kaus kaki, sarung tangan, dll. Divisi garmen, kaus kaki, dan sarung tangan 100% berorientasi ekspor.

Kahatex bangga menjadi perusahaan dengan jiwa, melatih dan memotivasi timnya untuk bekerja dengan efisiensi yang dipadukan dengan kehangatan, persahabatan, dan pengertian. Pelanggan dihargai sebagai aset terpenting perusahaan dan semua upaya difokuskan untuk membangun dan meningkatkan nilai setiap hubungan pelanggan. 

Visi, Misi dan Nilai PT KAHATEX

Visi : Menjadi produsen garmen dan tekstil terkemuka, yang menyediakan layanan berkualitas tinggi dan efisien.

Misi : Untuk membuat produk berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.

Nilai :

1. Komitmen

Untuk menyediakan lingkungan kerja yang stabil dan kesempatan yang sama untuk berkembang bagi semua karyawan.

2. Keunggulan

Melibatkan upaya terbaik untuk mencapai standar kualitas tinggi.

3. Tanggung Jawab

Ambil kepemilikan penuh untuk mencapai KPI yang baik.

4. Layanan

Untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pembeli.

 

Penghargaaan

- Penyerap Tenaga Kerja Terbanyak

- Tertib Administrasi

- Adidas Best Performance 2017

- The Most Sustainable H&M Supplier 2016

- BPJS Ketenagakerjaan Award 2014

- Perusahaan Terbaik yang Mempekerjakan Tenaga Kerja Perempuan Tingkat Kota Cimahi Tahun 2016

3 dari 4 halaman

Sejarah PT Kahatex

Sejarah PT Kahatex

PT Kahatex merupakan perusahaan dibidang industri tekstil yang terletak di dua lokasi yaitu di Jalan Raya Rancaekek Km. 23 Sumedang dan Jalan Raya Cijerah, Kampung Cigondewah, Block Suci No. 16, Cimahi, Bandung. Didirikan oleh Mr. L.H. Song pada Tahun 1979, beliau mengikuti visinya untuk menjadi bagian dari kemajuan industri tekstil di Indonesia.

Industri tekstil di Indonesia adalah industri terbesar ketiga di samping industri minyak dan gas, dan mempunyai kontribusi terbesar untuk pasar ekspor. Sejak saat itu perusahaan ini berkembang menjadi sebuah komplek pabrik yang besar, terbentang di atas dua lokasi pembuatan di Cijerah, Rancaekek dan di luar kota Bandung. 

PT Kahatex saat ini adalah salah satu produsen terlengkap mulai dari pembuatan serat, pemintalan, pertenunan, penyempurnaan dan pembuatan pakaian jadi. Untuk memelihara dan mengembangkan posisi mereka di pasaran, perusahaan mengikuti perkembangan secara teratur dan proses perluasan dengan memperluas jangkauan produk mereka. 

Saat ini grup Kahatex sebagai salah satu pemasok terbesar pada sektor tekstil dan memberikan kontribusi yang sangat berarti untuk pasar ekspor. 35% dari produksi diekspor langsung ke berbagai negara di dunia, sementara 45% dari produksi sebagai ekspor tidak langsung dan 20% dari produksi untuk pasar dalam negeri. 

4 dari 4 halaman

Produk PT Kahatex

Produk PT Kahatex

1. Divisi Garment yang berlokasi di Kahatex I dan III.

PT Kahatex memiliki penghargaan sertifikasi “OEKO-TEX STANDARD 100”. Jaminan untuk memenuhi Peraturan Kesehatan Negara-negara Eropa dan GOTS & OCS untuk Label Kapas Organik, Mematuhi Program Detoksifikasi Perdamaian Hijau, ISO 9001:2015, ISO 14001:2015, OHSAS 18000:2007, Global Recycle Standard (GRS) dan diaudit oleh BSCI. Kami adalah anggota BCI, Blue Sign, Cotton Organics dan Cotton USA.

2. Divisi Socks yang berlokasi di Kahatex I dan III.

PT Kahatex memiliki berbagai macam produk yang terdiri dari : Kaos Kaki Sarung Tangan Rajutan dan Kaus Kaki Gelang Ikat Kepala Borgol Penghangat Kaki Manset Kaki Topi Rajutan Syal Penyangga Lutut Penyangga Pergelangan Kaki Dengan lebih dari 5000 unit mesin kaos kaki, 420 unit untuk sarung tangan dan 7 unit untuk topi, kami dapat memproduksi hingga 28.380.000 pasang kaos kaki, 1.800.000 pasang sarung tangan dan 29.000 pcs topi setiap bulannya. 

PT Kahatex juga memiliki penghargaan sertifikasi “OEKO-TEX STANDARD 100”, Jaminan untuk memenuhi Peraturan Kesehatan Negara-negara Eropa dan GOTS & OCS untuk Label Kapas Organik, Mematuhi Program Detoksifikasi Perdamaian Hijau, ISO 9001:2015, ISO 14001:2015, OHSAS 18000:2007, Global Recycle Standard (GRS) dan diaudit oleh BSCI. Kami adalah anggota BCI, Blue Sign, Cotton Organics dan Cotton USA.

3. PT Kahatex adalah produsen tenun jet air terbesar di Indonesia.

Bagian Tenun terletak di Cijerah dan Rancaekek, memiliki alat tenun jet udara, jet air, rapier dan proyektil, dengan lebar maksimum 3.400 mm. Pabrik produksi denim termasuk dalam bagian tenun.

- Alat tenun Jet Air : lembar kerja hingga 1.900 mm

- Alat tenun Air Jet : lembar kerja hingga 3.400 mm

- Alat tenun Rapier : lembar kerja hingga 1.900 mm

- Tenun Proyektil : lembar kerja hingga 3.200 mm.

Semua kain tersedia dalam warna celup, cetak, dan putih mentah.

Perawatan kimiawi juga tersedia untuk :

Penolak air, bukti air, lapisan akrilik, lapisan pelepas noda lapisan PU, lapisan anti bakteri (dibersihkan) dan Laminasi busa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.