Sukses

14 Cara Menghilangkan Jerawat Pasir dengan Bahan Alami, Aman dan Ampuh Banget

Cara menghilangkan jerawat pasir ini dapat dengan mudah dipraktikkan di rumah dengan bahan alami.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan jerawat pasir memang penting untuk diketahui, sebab jeraawat ini bisa muncul kapan saja.  Jenis jerawat pasir ini umumnya disebabkan oleh pori-pori kulit yang tersumbat oleh sel kulit mati dan berbagai macam kotoran yang mengundang jerawat.

Jerawat pasir biasa disebut dengan bruntusan. Hanya saja, jerawat pasir ini lebih meradang daripada bruntusan. Tekstur jerawat pasir terasa lebih kasar ketika disentuh dan hampir tak terlihat. Bagi yang merasa tidak nyaman memilikinya, bisa mencoba cara menghilangkan jerawat pasir secara alami. 

Meskipun tak terlihat namun jerawat pasir ini dapat mengganggu penampilan kita. Cara menghilangkan jerawat pasir ini dapat dengan mudah dipraktikkan di rumah dengan baha alami seperti kentang, mentimun, maupun pisang.

Untuk lebih rinci, berikut ini beberapa cara menghilangkan jerawat pasir dengan bahan alami yang tentunya aman dan tanpa efek samping apapun, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (13/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Gunakan Jeruk Nipis dan Pepaya

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis punya kandungan senyawa alami Alpha Hydroxy Acid (AHA). Kandungan ini dipercaya bisa membantu menghilangkan jerawat pasir. Hanya saja ketika diterapkan pada wajah tak mendinginkan. Beberapa orang akan merasakan perih luar biasa dan tidak nyaman. Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami:

a. Siapkan 2-3 jeruk nipis.

b. Belah jadi 2 bagian.

c. Peras dengan saringan.

d. Oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah.

e. Biarkan 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

2. Pepaya

Enzim papain yang terdapat pada pepaya dapat membantu mengikis sel kulit mati. Sementara aktioksidannya dapat mencerahkan kulit wajah. Kemudian mengatasi kulit yang kemerahan akibat jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit. Enggak heran banyak yang memanfaatkannya untuk menghilangkan jerawat pasir. Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami:

a. Bersihkan pepaya dan potong dadu.

b. Haluskan pepaya hingga menjadi bubur.

c. Tambahkan 1 sdm madu atau lemon.

d. Oleskan pada wajah lalu diamkan selama 20 menit.

e. Bilas dengan air hangat

3 dari 8 halaman

Gunakan Kentang dan Madu

3. Kentang

Kentang bisa dipakai untuk menghilangkan jerawat pasir. Hal ini disebabkan karena kentang mengandung vitamin dan mineral. Keduanya mampu untuk mengatasi masalah jerawat, termasuk jerawat pasir. Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami:

a. Iris kentang tipis-tipis dan tempelkan pada area bekas jerawat.

b. Biarkan selama 10 menit.

c. Cuci wajah dengan air bersih.

d. Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

4.  Madu

Kandungan alami dalam madu seperti antibiotik mampu mencegah infeksi penyebab radang pada jerawat. Antibiotik ini pun bisa berfungsi memudarkan bekas jerawat. Enggak heran kalau madu kerap dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat pasir. Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami:

a. Siapkan madu murni.

b. Oleskan pada bekas jerawat.

c. Biarkan hingga madu mengering.

d. Bilas dan bersihkan dengan air hangat.

4 dari 8 halaman

Gunakan Putih Telur dan Teh Hijau

5. Putih Telur

Putih telur bisa dipakai untuk menghilangkan jerawat pasir. Manfaat ini berasal dari kandungan enzim lysozome di dalam putih telur dapat memusnahkan bakteri penyebab jerawat. Putih telur juga dapat mengangkat debu dan sel-sel kulit mati sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat. Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami:

a.    Siapkan telur, pisahkan putih dengan kuningnya.

b.    Kocok putih telur hingga mengembang.

c.    Oleskan pada bagian berjerawat dan bekasnya.

d.    Biarkan 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

6. Teh Hijau

Teh hijau mengandung flavonoid dan tanin, yang berfungsi membantu melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat. Teh hijau juga tinggi antioksidan dan bisa melawan peradangan, mengurangi produksi sebum dan menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes pada orang dengan kulit acne prone. Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami:

a. Rebus daun teh hijau dalam air mendidih selama 3-4 menit.

b. Setelah rebusan dingin, oleskan air tersebut ke wajah.

c. Oleskan menggunakan kapas.

d Diamkan selama 10 menit.

e. Bilas wajah dengan air.

5 dari 8 halaman

Gunakan Bawang Putih dan Pisang

7. Bawang Putih

Selain bermanfaat sebagai bumbu dapur Bawang putih juga dapat membantu menghilangkan peradangan pada kulit. Bawang putih memiliki fungsi sebagai antivirus, antijamur, antioksidan, dan antiseptik, sehingga mampu untuk menjaga kesehatan kulit. Sulfurnya juga mampu menghilangkan jerawat pasir. Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami:

a. Potong menjadi menjadi dua bagian, lalu gosokkan pada jerawat.

b. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

c. Kemudian, siapkan 1 siung bawang.

d. Lalu tumbuk hingga halus.

e. Aplikasikan pada wajah yang bersih.

f. Diamkan selama 15 menit.

g. Bilas dengan air hangat.

8. Pisang

Buah pisang mengandung banyak antioksidan, potasium, dan vitamin E. Kandungan tersebut akan lembabkan dan mencerahkan wajah. Sementara ada kandungan Lektin yang dapat membasmi bakteri penyebab jerawat. Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami:

a. Haluskan 1 buah pisang, lalu tambahkan 1/2 sdm bubuk kunyit dan 1/2 sdm soda kue.

b. Aduk hingga rata.

c. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih.

d. Diamkan selama 15 menit.

e. Bilas dengan air hangat.

f. Jangan lupa untuk memakai pelembap setelah memakai masker.

6 dari 8 halaman

Gunakan Mentimun dan Tomat

9. Mentimun

Mentimun mengandung kadar air yang tinggi juga terdapat vitamin A,B, dan C. Juga memiliki kandungan mineral yaitu magnesium, kalium, mangan, dan silika. Mentimun juga memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih bagi wajah. Enggak heran kalau mentimun cocok dipakai untuk menghilangkan jerawat pasir. Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami:

a. Iris tipis-tipis mentimun lalu letakkan pada wajah.

b. Bisa juga dengan memblender 1 buah mentimun sampai menjadi jus.

c. Lalu oleskan pada wajah.

d. Diamkan selama 15 menit.

e. Bilas dengan air hangat.

10. Tomat

Selain mentimun, ada tomat yang bisa dipakai untuk menghilangkan jerawat pasir. Cara ini pun terbilang cepat dan mudah. Tomat merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Utamanya untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami:

a. Pilih buah tomat yang segar dan sudah matang.

b. Haluskan tomat dengan menggunakan blender sampai menjadi bubur.

c. Setelah halus, ambil bubur tomat tadi.

d. Aplikasikan pada wajah sebagai masker secara merata.

e. Biarkan masker tomat di wajah hingga mengering, kurang lebih selama 1 jam.

f. Setelah itu bilas wajah dengan menggunakan air bersih.

7 dari 8 halaman

Gunakan Baking Soda dan Lidah Buaya

11. Baking Soda

Jerawat pasir dan bekasnya bisa dihilangkan dengan baking soda. Baking soda mengandung kristal sodium bicarbonate yang berfungsi untuk mengelupas kulit mati pada saat digunakan sebagai scrub. Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami:

a. Siapkan beberapa sendok teh baking soda dan air secukupnya.

b. Campurkan hingga mengental.

c. Oleskan pada area bekas jerawat sambil dipijat.

d. Diamkan selama 2 menit.

e. Basuh wajah dengan air hangat.

12. Lidah Buaya

Lidah buaya yang mengandung antioksidan, mineral, vitamin C dan E menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat pasir secara alami yang cukup sering digunakan orang-orang. Gunakan gel dari lidah buaya sebagai masker lalu biarkan mengering dan bilas dengan air. Selain gelnya, daun Lidah buaya pun mengandung senyawa aktif, yaitu polifenol. Polifenol berguna sebagai anti-bakteri. Enggak heran kalau banyak yang memanfaatkannya untuk menghilangkan jerawat pasir. Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami:

a. Iris lidah buaya hingga tinggal dagingnya.

b. Haluskan dengan sendok hingga membentuk gel.

c. Lalu oleskan pada wajah.

d. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

e. Jika dilakukan secara rutin, jerawat pun akan berangsur hilang.

8 dari 8 halaman

Gunakan Air Beras dan Yoghurt

13. Air Beras

Air beras memiliki kandungan allantoin yang dapat membantu menghilangkan jerawat pasir. Allantoin merupakan senyawa antibakteri yang berfungsi efektif menenangkan kulit berjerawat. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan air beras pada permukaan kulit yang timbul beruntusan. Selain itu, air beras juga memiliki sifat yang dapat mengontrol minyak. Sehingga wajah Anda akan terlihat lebih cerah dan terhindar dari minyak di kulit.

14. Yoghurt

Yoghurt adalah bahan makanan yang dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan, namun untuk mengatasi jerawat kamu harus menggunakan yoghurt tanpa perasa atau plain. Untuk dipakai di wajah, kamu harus mengaplikasikannya menjadi masker wajah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mendapatkan manfaatnya:

a. Oleskan di area yang berjerawat.

b. Diamkan beberapa menit hingga meresap ke kulit.

c. Bilas hingga bersih. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini