Sukses

Viral Ritual Beli Mobil Baru, Pecah Telur Hingga Dilempari Beras

Adat ini memang ada di beberapa daerah di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan seorang pria tengah melakukan ritual untuk sebuah mobil baru. Video tersebut diunggah oleh akun TikTok virgovirgooo yang merupakan kekasih dari sang pemilik mobil.

Ritual tersebut guna untuk mendoakan sebuah mobil baru yang dibeli oleh kekasih si pengunggah. Sang kekasih yang baru saja membeli mobil tersebut lantas didoakan olah ayah dari sang pemilik akun.

"Jauhi narkoba dekati orang tuaku," tulis si pemilik akun pada keterangan video tersebut, dikutip Liputan6.com dari laman TikTok @virgovirgooo, Senin (7/6/2021).

Dari keterangan video, diketahui ritual tersebut merupakan adat yang dilakukan oleh orang Batak. Ritual semacam itu gunanya untuk mendoakan kendaraan baru agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya kecelakaan, terserempet​, atau mogok mendadak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada Telur Hingga Beras

Sebuah mobil baru berwarna putih tampak terparkir di teras depan rumah. Terlihat masih baru dengan kursi-kursi yang masih dilapisi oleh plastik.

Dalam ritual yang dilakukan di video tersebut, tampak seorang pria yang merupakan ayah dari si pengunggah membawa lima butir telur yang kemudian ia pecahkan di ban mobil dan juga kap mesin yang terbuka.

Setelah itu, ia melakukan ritual selanjutnya yaitu dengan selembar daun yang sudah direndam air lalu dicipratkan ke mobil. Tak hanya itu, sang ayah pemilik akun juga menaburkan beras ke arah mobil.

Rupanya tak hanya mobil, sang pemilik mobil pun ikut mendapatkan ritual dari sang calon ayah mertua. Terlihat dalam video, kepala dari pria tersebut ditaburi beras oleh sang ayah si pengunggah.

"Didoakan keluarga pacar," tulis pemilik akun dalam video tersebut.

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Netizen Respons Ada Adat Serupa di Daerah Mereka

Video yang ditonton lebih dari 1,6 juta pengguna TikTok ini mendapat berbagai tanggapan dari warganet. Tak sedikit warganet yang turut menceritakan adat serupa di tempat tinggal mereka.

"Di Madura juga gini setiap beli kendaraan baru. Dimandikan bunga, terus dibiarkan semalaman terus keesokan paginya baru boleh dipake," ujar akun Zaitun Fatimah.

"Ortu gw bgt, katanya biar barang sm orangnya ga terjadi hal-hal aneh tapi dibawa di dalam doa juga kok," tulis akun madamee11.

"Orang Aceh juga ada kok adat kek gitu namanya "peusijuk" setiap ada kendaraan yang baru rumah baru pasangan yang baru nikah, pas hamil 7 bulan atau yang baru buka usaha selalu dibuat kaya gitu," ungkap akun kentang rebus.

 

4 dari 4 halaman

Tonton video ritual berikut:

@virgovirgooo

Jauhi narkoba dekati orang tuaku😊 #fypシ #fypgakni #culture #batak #meda

♬ mimpi terindah - Waauu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini