Sukses

4 Hal Kunci Jaga Kesehatan Jiwa Keluarga

Keluarga adalah lingkungan pertama sebagai tempat menanamkan pemahaman tentang kesehatan jiwa. Di samping itu, keluarga juga berperan dalam membentuk kekuatan jiwa para anggotanya.

Liputan6.com, Jakarta Keluarga adalah lingkungan pertama tempat menanamkan pemahaman tentang kesehatan jiwa. Di samping itu, keluarga juga berperan dalam membentuk kekuatan jiwa para anggotanya.

Seperti disampaikan psikolog dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Waru, Surabaya, Naftalia Kusumawardhani, S.Psi, M.si. Sebelum menjadi agen perubahan di lingkungan masyarakat dalam hal kesehatan jiwa, maka perlu memperkuat keluarga sendiri dulu.

“Keluarga tidak utuh ya tidak apa-apa, yang penting kan kuat. Utuh atau tidak utuh kita bukan bicara tentang bagus atau tidak, tapi keluarga itu kuat ikatannya secara psikologis,” ujar Naftalia dalam webinar Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) ditulis pada Selasa (27/10/2020).

Dalam memperkuat pemahaman dan pengembangan kesehatan jiwa dalam keluarga, setidaknya ada empat hal yang perlu diperhatikan yakni hubungan antar keluarga, nilai dan keyakinan, kehidupan religius, dan cara mendidik.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah hubungan antar keluarga. Ikatan orangtua dan anak yang kuat akan turut mempermudah dalam menanamkan pemahaman kesehatan jiwa.

“Tidak mungkin dalam keluarga itu rukun terus, pasti ada perbedaan. Tapi apa perbedaan itu bisa diselesaikan atau tidak?”

Kedua adalah nilai dan keyakinan dalam keluarga yang perlu diperkuat. Misal, orangtua mengajarkan bahwa mencuri itu tidak boleh baik mengambil uang orang lain ataupun uang orangtua secara diam-diam.

“Mengambil uang orang lain tidak boleh tapi mencuri uang orangtua diperbolehkan, nah ini tidak jelas jadi harus diperkuat. Kalau tidak kuat, anak juga tidak punya kejelasan sikap di lingkungan.”

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kehidupan Religius

Hal ketiga adalah kehidupan religius atau spiritualitas. Dalam aspek ini, anggota keluarga dapat memahami dan menyadari kebermaknaan masing-masing anggota di alam semesta ini.

“Juga menyadari peranan pencipta kita di dalam kehidupan kita. Religius rajin ke gereja tapi rajin juga memaki anak, itu tidak benar.”

Hal keempat yang perlu diperhatikan adalah cara mendidik anak. Menurut Naftalia, cara mendidik yang baik dapat menumbuhkan anak yang baik pula.

“Cara mendidik anak yang keras dan suka memukul perlu dihindari.”

Ia menambahkan, dalam mendidik anak, memukul sebenarnya boleh dalam kondisi tertentu. Sebelum memukul, cara, alat, dan kondisi emosi adalah tiga hal yang harus dipertimbangkan.

3 dari 3 halaman

Infografis Akibat Marah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.