Sukses

Orang yang Jago Matematika Lebih Mudah Setop Merokok

Ingatan orang yang jago matematika lebih baik terkait berbagai risiko merokok.

Liputan6.com, Jakarta Bagi perokok yang jago matematika, bakal lebih mudah baginya menghentikan kebiasaan merokok. Bagaimana bisa?

Hal ini terjadi karena perokok yang suka matematika memiliki ingatan yang lebih baik terkait berbagai risiko merokok. Hal ini membuat mereka memahami risiko lebih besar dari merokok serta niatan yang lebih besar untuk berhenti merokok seperti dilansir Medical Xpress.

"Seseorang yang memiliki kemampuan matematika yang baik, bisa mengingat lebih banyak angka menyeramkan mengenai risiko merokok yang kami berikan. Hal ini menimbulkan munculnya perbedaan," terang Brittany Shoots-Reinhard, peneliti dan asisten profesor di Ohio State University, Amerika Serikat.

"Hasil penelitian ini mungkin membantu menjelaskan mengapa banyak penelitian menemukan bahwa perokok yang lebih berpendidikan cenderung lebih berhasil berhenti," sambungnya.

Penelitian ini melibatkan 696 perokok usia dewasa di Amerika Serikat yang terlibat studi ini secara online. Penelitian dilakukan dengan menunjukkan partisipan berbagai peringatan mengenai merokok.

Peneliti kemudian menanyai narasumber mengenai reaksi emosional dari setiap label peringatan. Kemudian baik langsung setelahnya maupun enam minggu kemudian, peneliti menanyai seberapa banyak informasi risiko merekok yang mereka ingat.

Mereka juga diminta untuk menjawab pertanyaan mengenai persepsi mereka terkait risiko merokok. Selanjutnya mereka juga diminta memberi penilaian apakah mereka bakal berhenti merokok pada 30 hari ke depan atau pada tahun depan.

 

Saksikan juga video berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tahu Risiko Merokok

Partisipan yang memiliki nilai numeral lebih tinggi cenderung memiliki ingatan terkait risiko merokok termasuk statistik yang lebih baik. Hal ini diketahui berhubungan dengan persepsi risiko serta keinginan berhenti yang lebih tinggi.

Shoots-Reinhard menyarankan menggunakan infografis sederhana serta perangkat yang serupa untuk membantu perokok yang pandai matematika memahami risiko dengan lebih baik.

"Kami ingin orang-orang memahami informasi risiko dalam tujuan untuk membuat keputusan yang lebih berisi. Hasil penelitian kami mengungkap bahwa hal tersebut bisa membantu mereka membuat keputusan untuk berhenti," terang Shoots-Reinhard.

Penulis: Rizky Wahyu Permana/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.