Sukses

AS Laporkan Kematian Pertama Terkait COVID-19

AS melaporkan kasus kematian terkait COVID-19 pertama di Washington

Liputan6.com, Jakarta Amerika Serikat (AS) melaporkan kasus kematian pertama seorang pasien COVID-19. Situasi tersebut dilaporkan terjadi di Seattle, Washington.

Meninggalnya pasien COVID-19 yang pertama kali di AS ini membuat Gubernur Washington Jay Inslee mengumumkan keadaan darurat pada hari Sabtu waktu setempat. Dia meminta agar semua lembaga negara menggunakan semua sumber daya yang diperlukan untuk menghadapi wabah virus corona.

"Kami akan terus bekerja menuju hari di mana tidak ada yang meninggal karena virus ini," kata Inslee seperti dilansir dari AP News pada Minggu (1/3/2020).

Dalam konferensi persnya, pejabat kesehatan Washington mengungkapkan bahwa pria ini berusia 50-an. Dia meninggal karena kondisi kesehatan yang mendasarinya serta tidak memiliki riwayat perjalanan maupun kontak dengan kasus COVID-19 yang telah diketahui sebelumnya.

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemungkinan Tambahan Kasus Positif Lain

Mengutip Live Science, pria ini adalah seorang pasien di rumah sakit EvergreenHealth di Kirkland, Washington. Selain itu di kota yang sama, terdapat kemungkinan dua kasus yang akan dinyatakan positif.

Dr. Jeffrey S. Duchin, kepala petugas kesehatan di Seattle dan King County mengatakan bahwa satu kasus adalah seorang wanita tenaga kesehatan berusia 40-an dan yang lain seorang wanita berumur 70-an.

Duchin juga mengungkapkan, 52 orang lain termasuk staf dan pasien melaporkan gejala penyakit pernapasan, namun belum mendapatkan tes.

"Di Washington, kami mulai melihat beberapa penyebaran di masyarakat. Oleh karena itu, kami merasa risiko kepada publik semakin meningkat," kata Kathy Lofy dari Departemen Kesehatan Washington.

Mengutip peta sebaran COVID-19 buatan Johns Hopkins CSSE, hingga Minggu waktu 9.19 WIB, terdapat 70 kasus positif virus corona di AS. Selain satu yang meninggal, tujuh orang dinyatakan sembuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.