Sukses

Raja Salman dan Putra Mahkota Arab Saudi Ucapkan Selamat untuk Presiden Terpilih Prabowo, Doakan Masyarakat Indonesia Kian Maju Sejahtera

Raja Salman dan Putra Mahkota Arab Saudi menambah jajaran pemimpin negara yang mengirimkan ucapan selamat untuk presiden Indonesia terpilih, Prabowo Subianto.

Liputan6.com, Riyadh - Ucapan selamat dari para pemimpin negara untuk Prabowo Subianto tak berhenti mengalir sejak diumumkan sebagai presiden terpilih Indonesia pada Rabu (20/3/2024).

Kali ini, ucapan selamat datang dari Kerajaan Arab Saudi.

Raja Arab Saudi ketujuh, Raja Salman, turut mengirimkan pesan ucapan selamat kepada Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam pilpres 2024.

Dilansir SPA, Jumat (22/3/2024), dalam pesannya, ia mendoakan kesuksesan bagi Prabowo dan supaya masyarakat Indonesia dapat semakin maju dan sejahtera.

Penjaga Dua Kota Suci itu turut memuji hubungan baik antara Indonesia dan Arab Saudi dan berharap agar kerja sama di berbagai bidang dapat terus dikembangkan.

Selain Raja Salman, Putra Mahkota sekaligus Perdana Menteri Arab Saudi Muhammad bin Salman bin Abdulaziz bin Abdul Rahman Al-Saud turut mengirimkan ucapan selamat kepada Prabowo.

Dalam ucapannya itu, ia juga mendoakan hal yang sama dan berharap agar masyarakat Indonesia bisa semakin maju dan sejahtera.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024. Hasil tersebut diumumkan KPU melalui Rapat Pleno Terbuka Penetapan Hasil Pemilu 2024 Tingkat Nasional yang diselenggarakan di kantor KPU, Jakarta, pada Rabu (20/3) malam.

Pasangan Prabowo-Gibran dinyatakan sebagai pemenang Pilpres 2024 dengan perolehan 96.214.691 suara.

Adapun, pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar ditetapkan KPU meraih 40.971.906 suara. Sementara itu, pasangan capres dan cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memperoleh 27.040.878 suara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ucapan Selamat dari Menlu AS

Sebelumnya, Amerika Serikat (AS) melalui Menteri Luar Negeri Antony Blinken juga menyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo dan Gibran.

"Kami menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto atas kemenangannya dan sekali lagi memuji masyarakat Indonesia atas partisipasi dan komitmennya terhadap demokrasi dan aturan hukum," sebut Menlu Blinken dalam pernyataan tertulisnya.

Menlu Blinken menambahkan, "AS dan Indonesia merayakan 75 tahun hubungan diplomatik yang dilandaskan pada demokrasi dan pluralisme. Sebagai mitra dan kawan dekat dalam Kemitraan Strategis Komprehensif, kita bekerja sama untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi warga negara kita."

"Kami menantikan untuk bermitra erat dengan presiden terpilih Prabowo Subianto dan pemerintahannya saat dimulainya masa jabatan pada bulan Oktober."

3 dari 4 halaman

Ucapan dari Presiden China Xi Jinping

Presiden China Xi Jinping turut mengucapkan selamat atas kemenangan Prabowo Subianto usai ditetapkan sebagai pemenang pilpres 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ia berharap bahwa hubungan bilateral antara Indonesia dan China dapat berkembang semakin baik dan memperdalam sinergi pembangunan serta menjalin kerja sama yang saling menguntungkan.

"Kedua belah pihak telah membuka babak baru dalam membangun komunitas China-Indonesia untuk masa depan bersama," kata Xi, seperti dikutip Xinhua.

Demi mewujudkan cita-cita kedua negara, Xi juga berharap dapat bekerja sama dengan Prabowo untuk mencapai kemajuan yang lebih besar dan dapat memberikan lebih banyak manfaat bagi kedua negara.

Xi juga berharap bahwa Indonesia dan China dapat mendorong kemakmuran dan stabilitas bagi kawasan regional hingga global.

4 dari 4 halaman

Presiden dan PM Singapura Ucapkan Selamat kepada Prabowo

Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam dan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong mengirimkan ucapan selamat kepada Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam Pilpres 2024 melalui pemungutan suara yang berlangsung pada 14 Februari lalu.

"Atas nama rakyat Singapura, saya ingin menyampaikan ucapan selamat yang setulus-tulusnya atas terpilihnya Anda sebagai presiden Republik Indonesia ke-8. Amanah kuat yang Anda terima menunjukkan keyakinan dan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap kemampuan Anda memimpin Indonesia menuju kemajuan yang lebih besar," demikian bunyi surat Presiden Tharman seperti dipublikasi situs web Kementerian Luar Negeri Singapura pada Kamis (21/3).

 "Singapura dan Indonesia memiliki hubungan kuat yang didukung oleh ikatan kekerabatan dan persahabatan yang erat. Saya yakin di bawah kepemimpinan Anda, Indonesia dan Singapura akan terus menjadi teman dekat dan mitra, seiring kita bekerja sama untuk memperkuat hubungan bilateral demi kepentingan rakyat kita."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini