Sukses

Kebakaran Blok Apartemen di Valencia Spanyol, Empat Orang Tewas

Kebakaran melanda sebuah blok perumahan di Spanyol. Sejumlah orang dilaporkan meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.

Liputan6.com, Valencia - Kebakaran melanda sebuah blok perumahan di Spanyol. Sejumlah orang dilaporkan meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.

"Kebakaran besar telah menewaskan sedikitnya empat orang di sebuah blok perumahan bertingkat tinggi di kota Valencia, Spanyol," kata layanan darurat seperti dikutip dari BBC Jumat (23/2/2024).

Api telah melahap sebuah blok 14 lantai di lingkungan Campanar dan menyebar ke gedung di sebelahnya.

Petugas pemadam kebakaran terlihat menyelamatkan orang-orang dari balkon, dan media lokal mengatakan orang lain mungkin terjebak di dalam.

Setidaknya 14 orang, termasuk enam petugas pemadam kebakaran dan seorang anak kecil, terluka. Kobaran api terus berlanjut.

Lebih dari 20 petugas pemadam kebakaran sedang menanganinya dan masyarakat didesak untuk menjauh dari daerah tersebut.

Bangunan itu berisi 138 flat dan dihuni 450 penghuni, lapor surat kabar El Pais, mengutip manajer gedung tersebut.

Laporan lokal menyebutkan petugas pemadam kebakaran telah menyelamatkan beberapa warga dengan menggunakan derek, termasuk pasangan yang tinggal di lantai tujuh.

Seorang wanita mengatakan kepada TVE bahwa dia melihat petugas pemadam kebakaran berusaha menyelamatkan remaja laki-laki yang terperangkap di lantai pertama gedung apartemen tersebut.

Beberapa jam setelah kebakaran apartemen terjadi, pertanyaan muncul di Spanyol tentang bahan yang digunakan dalam konstruksi bangunan tersebut.

Esther Puchades, wakil presiden College of Industrial Technical Engineers of Valencia, mengatakan kepada kantor berita Spanyol Efe bahwa dia sebelumnya telah memeriksa gedung tersebut. Dia mengklaim bagian luarnya terbuat dari bahan poliuretan, yang tidak lagi digunakan secara luas karena kekhawatiran akan mudah terbakar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kobaran Api Membesar dalam 10 Menit

Seorang pria yang tinggal di lantai dua gedung tersebut mengatakan kepada saluran TV La Sexta bahwa api membesar dengan cepat setelah kebakaran terjadi, dilaporkan di lantai empat.

"Api menyebar dalam waktu 10 menit," katanya seraya menambahkan material pada fasad bangunan kemungkinan menjadi penyebab api meluas.

David Higuera, seorang insinyur, mengatakan kepada El País bahwa lapisan penutup bangunan mungkin menjadi penyebab cepatnya penyebaran api. Pelat aluminium dengan isolator busa yang membentuk lapisan luar bangunan "sangat baik dalam mengisolasi terhadap panas dan dingin, namun sangat mudah terbakar," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Respons PM Spanyol

Petugas pemadam kebakaran dipanggil sekitar pukul 17.30 waktu setempat (16.30 GMT). Sebuah rumah sakit lapangan telah didirikan di daerah tersebut, RTVE melaporkan. Orang-orang yang mengungsi dari rumah mereka akan ditempatkan di hotel, kata pihak berwenang.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengatakan via X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter): "Kecewa dengan kebakaran hebat di sebuah gedung di Valencia... Saya ingin menyampaikan solidaritas saya kepada semua orang yang terkena dampak dan pengakuan kepada semua personel darurat yang telah dikerahkan di tempat kejadian."​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.