Sukses

8 Museum Paling Unik di Eropa, Ada Koleksi Romansa Cinta hingga Kereta Peti Mati

Wilayah Eropa dikenal memiliki banyak museum, jumlahnya mencapai lebih dari 15 ribu dan tersebar di berbagai kawasan.

Liputan6.com, Paris - Benua Eropa dikenal sebagai kawasan di dunia yang memiliki arsitektur dengan budaya kental dan bangunan bersejarah, termasuk museum.

Museum Louvre di Paris, Prancis, misalnya. Salah satu museum yang paling banyak dikunjungi dunia itu menjadi tempat disimpannya lukisan bersejarah Mona Lisa karya Leonardo da Vinci dan patung Venus de Milo.

Selain itu, sebut saja Museum Van Gogh di Amsterdam, Belanda. Seperti namanya, museum ini didedikasikan untuk karya dari seniman Vincent van Gogh. Ini menjadi salah satu tempat budaya yang wajib dikunjungi jika berkunjung ke Negeri Kicir Angin itu.

Maka dari itu, tak heran jika museum-museum unik di dunia juga berada di Eropa.

Dilansir SCMP, Sabtu (1/12/2023), berikut adalah sederet museum unik yang berlokasi di Eropa:

1. Museum Bottle Peter's, Denmark

Pulau Aero di Denmark terkenal karena pantainya yang berangin kencang dan koleksi pondok-pondoknya yang berwarna-warni dan lucu. Namun, museum unik yang didedikasikan untuk kecintaan seseorang terhadap kapal dalam botol ini juga menarik perhatian banyak orang.

2. Museum Kereta Peti Mati, Spanyol

Sebuah museum di Barcelona ini didedikasikan untuk kereta yang membawa peti mati yang unik dan berbeda dari lainnya.

Museum ini memiliki koleksi yang menampilkan berbagai kereta pembawa peti mati, enam gerbong prosesi pemakaman kerajaan, dan tiga kendaraan bermotor yang digunakan dalam pemakaman bersejarah.

Tujuan dari museum ini adalah untuk menyoroti simbolisme upacara pemakaman dan bagaimana adat istiadat berkembang selama abad ke-19 dan ke-20.

Museum ini merupakan satu-satunya museum yang menampilkan koleksi tersebut di Eropa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Museum Unik Lainnya

3. Museum of the Thirties, Prancis

Museum ini penuh dengan koleksi seni dan budaya dari era tahun 1930-an. Anda bisa melihat berbagai koleksi mulai dari furnitur, poster hingga piringan hitam.

4. Museum Vasa, Swedia

Kapal perang Swedia Vasa tenggelam pada pelayaran perdananya pada tahun 1628 dan terdampar di dasar laut selama berabad-abad. Kapal tersebut berhasil diangkat dengan kondisi hampir seluruhnya utuh pada tahun 1960-an.

Anda pun dapat melihat kapak megah tersebut di Museum Vasa, Stockholm, di mana pengunjung dapat menyelami sejarah menakjubkan kapal tersebut hingga mengetahui kisah awak kapal yang bernasib malang.

3 dari 4 halaman

Ada Museum Miniatur hingga Museum Uang

5. Museum Miniatur, Republik Ceko

Anda mungkin memerlukan kaca pembesar untuk melihat beberapa karya di museum yang penuh dengan miniatur mikro di Praha ini.

Barang-barang kecil yang dipamerkan antara lain miniatur belalang yang bermain biola, seekor kutu yang dilengkapi sepatu kuda, dan iring-iringan unta yang duduk di dalam lubang jarum.

6. Museum Uang, Prancis

Pernahkah Anda penasaran soal sejarah di balik uang kertas dan koin di saku Anda? Jika belum, Anda akan mengetahui jawabannya di museum di Paris ini.

Museum tersebut menyajikan informasi bagi pengunjung tentang sejarah di balik seni mata uang dan pencetakan, serta keterampilan luar biasa dalam membuat koin.

4 dari 4 halaman

Museum Putus Cinta hingga Museum Perburuan

7. Museum Putus Cinta, Kroasia

Museum yang terletak di Zagreb, Kroasia, didedikasikan untuk hubungan cinta yang gagal. Pamerannya meliputi benda-benda pribadi peninggalan mantan kekasih, disertai penjelasan singkat.

Awalnya, koleksi dalam museum ini berasal dari barang-barang sumbangan.

Museum ini menerima Penghargaan Kenneth Hudson untuk museum paling inovatif di Eropa pada tahun 2011.

Pada tahun 2017, museum ini dikunjungi lebih dari 100.000 pengunjung, menjadikannya museum ke-11 yang paling banyak dikunjungi di Kroasia.

8. Museum of Hunting and Nature, Prancis

Menyelami hubungan antara manusia dan dunia hewan dari sisi perburuan, museum ini menawarkan pengunjung pengalaman menggugah pikiran yang penuh dengan karya seni, pameran, dan hewan yang diawetkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.