Sukses

Ruang Amber Rusia Segera Dibuka Kembali

Bangunan legendaris Rusia ini memakan waktu selama 25 tahun untuk berbagai perbaikan. Dikembalikannya panel--yang sempat hilang--oleh pemerintah Jerman menyempurnakan rekonstruksi ruangan indah itu.

Liputan6.com, St. Petersburg: Rekonstruksi bangunan terkenal Ruang Amber yang terletak di sebuah istana dekat St. Petersburg, Rusia, akhirnya rampung, baru-baru ini. Dengan demikian, perbaikan tempat bersejarah Rusia ini menghabiskan total waktu proyek 25 tahun, dengan biaya ditanggung perusahaan Jerman Ruhrgas. Menurut rencana, Ruang Amber resmi dibuka untuk umum oleh Presiden Rusia Vladimir Putin dan Kanselir Lerman Gerhard Schroeder pada 31 Mei mendatang. Acara itu sekaligus dijadikan momentum peringatan puncak peringatan 300 tahun Kota St. Petersburg.

Ruang Amber adalah mata rantai yang tak terpisahkan dari sejarah Eropa karena keindahannya disetarakan dengan Istana Versaille di Prancis. Ruangan ini dibangun pada masa Raja Frederick I dari Kerajaan Jerman Prusia. Lantas setelah 30 tahun ruangan itu dipindahkan ke Istana Catherine Agung, Rusia, dan dimanfaatkan menjadi ruang bermain kartu keluarga kerajaan. Pada perang dunia ke-2, Nazi menguasai ruangan ini dan menjarah semua benda berharga di dalamnya, termasuk panel-panel kayu.

Pada 1979, pemerintah Soviet memulai upaya rekonstruksi berdasarkan serangkaian foto hitam putih dan satu slide berwarna. Pada 1999, proses rekonstruksi berlanjut lebih lancar karena pemerintah Jerman mengembalikan sebuah panel kayu asli Ruang Amber yang ditemukan dua tahun sebelumnya. Panel itu kini telah terpasang dan dianggap sebagai sentuhan akhir yang sempurna.(MTA/Uri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini