Sukses

Indonesia Juara Umum Horseback Archery 2023 di Rusia

Kesuksesan Arsa mengibarkan Merah Putih di Rusia ini tidak hanya menjadi kado pada perayaan HUT ke-78 RI, namun juga ulang tahunnya sendiri yang jatuh pada 18 Agustus.

Liputan6.com, Jakarta - Arsa Wening Arrosyad (17), siswa Kelas 11 MilBos International Bogor, sukses menjadi juara umum kompetisi International Horseback Archery 2023 di Rusia. Dia mendominasi semua kategori pertandingan.

Remaja itu meraih emas pada kategori Tower 90 dan kategori Hunt Track (berburu). Sementara itu, pada kategori Raid Korea 235 dia meraih perunggu.

Dengan memenangi tiga kategori pertandingan, Arsa Wening yang berkompetisi pada kelas umum dewasa, ditetapkan sebagai juara umum "Cup of st George Victorious, International Horseback Archery Competition 2023" yang digelar pada 18 – 20 Agustus 2023 di Serpukhov, Rusia.

Kompetisi ini diikuti oleh tujuh negara, yaitu Rusia, Indonesia, Turki, Arab Saudi, Pakistan, Uzbekistan, dan Kyrgyzstan. Kompetisi tahunan ini digelar oleh federasi horseback archery Rusia yang menggunakan peraturan kompetisi dari organisasai panahan berkuda dunia International Horseback Archery Aliance (IHAA).

Manajer Tim Indonesia Ranu Hidayat mengatakan Arsa mampu beradaptasi dengan baik meski datang ke Rusia H-1 menjelang pertandingan. Kompetisi digelar tiga hari dengan tiga kategori pertandingan, yaitu Raid Korea 235, Tower90, dan Hunt Track.

"Kami punya waktu satu hari memilih dan mencoba kuda. Hari kedua langsung kompetisi selama tiga hari dan sukses meraih dua emas dan satu perunggu," ungkap Ranu Hidayat melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin (21/8).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hadiah HUT ke-78 RI dan Diri Sendiri

Kesuksesan Arsa mengibarkan Merah Putih di Rusia ini tidak hanya menjadi kado pada perayaan HUT ke-78 RI, namun juga ulang tahunnya sendiri yang jatuh pada 18 Agustus.

Selain itu, keberhasilan terbaru Arsa menambah panjang daftar prestasi pada kompetisi internasionalnya setelah sebelumnya dia membawa Indonesia menjuarai kompetisi horseback archery di Eropa.

Presiden Federasi Horseback Archery Rusia Sergey Odinokov memberikan apresiasi atas perjuangan Arsa yang tampil baik dan menginspirasi.

"Arsa masih muda dan sangat berbakat. Selamat untuk Indonesia sudah menjadi menjadi juara umum pada kompetisi ini," ujar Sergey.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.