Sukses

Wanita China Kenalkan Teknik Memeluk Pohon Sebagai Bentuk Terapi, Apa Benar Efektif?

Wanita asal Tiongkok mempromosikan cara terapi yang unik yaitu memeluk pohon. Mengklaim efeknya dapat langsung dirasakan, berikut adalah penjelasannya.

Liputan6.com, Shanghai - Ada berbagai teknik dan cara untuk melakukan terapi. Tetapi umumnya, terapi yang sederhana bisa melalui musik, meditasi, dan latihan pernapasan.

Hal yang satu ini mungkin yang paling sering dicoba seseorang karena tekniknya yang sederhana. Tetapi pernahkah Anda memeluk pohon sebagai bentuk terapi?

Seorang wanita Shanghai menjadi terkenal di negara asalnya karena mempromosikan manfaat fisik dan psikologis dari memeluk pohon, dilansir dari Oddity Central, Selasa (27/6/2023).

Qishishiqi memeluk pohon pertamanya pada bulan April, saat sedang di kota bersama suaminya. Merasa sedikit mabuk, wanita itu memeluk sebatang pohon sembarangan di jalan kosong kota Shanghai dan langsung merasakan efek positifnya.

Dering konstan di telinganya yang dia klaim disebabkan oleh stres terkait pekerjaan, 'hilang secara ajaib' saat memeluk batang pohon yang tebal itu.

Pengalaman pertama yang 'luar biasa' ini tidak hanya memotivasinya mencari pohon lain untuk dipeluk, tetapi juga untuk berbagi ceritanya.

Dengan itu, orang lain dapat memperoleh manfaat sama yang dia rasakan.

Dalam postingan viral di Xiaoshomgshu, Instagram versi China, Qishishiqi mengatakan bahwa dia merasa rileks dan sembuh setelah memeluk pohon berusia seribu tahun di taman hutan dekat Shanghai, menambahkan bahwa rasanya seperti 'pohon itu memeluk saya,' dan membantu meringankan semua beban yang dipikulnya.

Wanita Tionghoa itu menjelaskan bahwa dia selalu merasa gugup ketika memeluk manusia lain, takut mereka mungkin tidak dapat menahan energi negatifnya. Tetapi pohon sangat berbeda, karena “mereka akan mendengarkan Anda dengan diam dan sabar”.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Berpelukan

Namun, Qishishiqi tidak menyarankan untuk mengganti terapi medis yang sebenarnya dengan memeluk pohon, walaupun para pendukung pengobatan tradisional Tiongkok mengklaim bahwa memeluk pohon memang bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Rupanya, dengan memeluk pohon, orang bisa memperoleh qi, yang membantu mereka menyesuaikan emosi.

Stone Kraushaar, seorang psikolog klinis yang dikenal sebagai "The Hug Doctor", mengklaim bahwa orang yang berpelukan selama minimal 21 detik mendapat manfaat dari peningkatan pelepasan oksitosin. Namun, tidak yakin itu berlaku untuk memeluk pohon…

3 dari 4 halaman

Mengenal Metode Hypnotherapy

Dokter Gusti Putu Darmika, MPH, seorang hipnoterapsi menyebut kalau gangguan psikis atau mental seperti stres, depresi, sangat memengaruhi kondisi fisik seseorang. Kondisi tersebut dikenal dengan sebutan gangguan psikosomatik. Psyche artinya fisik, Somaartinya tubuh.

“Penderita gangguan psikosomatik akan merasakan sakit dan masalah pada tubuh tertentu,” katanya, di Bali, Selasa (27/07/21).

Metode hipnoterapi dapat menghadirkan solusi untuk mengatasi masalah psikis tersebut. Hipnoterapi bukan hal baru dalam ranah kesehatan mental.

Ada beberapa istilah yang mesti dipahami terlebih dahulu oleh masyarakat sebelum melakukan metode penyembuhan ini seperti hypnotherapy, hypnosis, hypnotherapist.Tujuannya agar proses didasari pemahaman dan pengetahuan.

Hipnoetarapi adalah salah satu pengobatan untuk mengatasi masalah psikologis dengan teknik hipnosis. Hipnoterapis adalah orang yang melakukan hypnosis.Hypnosis adalah kondisi atau cara seseorang memasuki pikiran bawah sadar (subconscious mind). Proses hipnosis bertujuan untuk mengubah kondisi normal state ke kondisi hypnosis state.

4 dari 4 halaman

6 Tahapan Hypnoterapi

Beberapa Tahapan Hypnosis

1. Pre Induction

Fase ini berupa percakapan ringan, saling berkenalan, serta hal-hal lain yang bersifat mendekatkan seorang hypnotherapist secara mental terhadap seorang client.

2. Induction

Induction merupakan cara atau upaya untuk membawa seseorang berpindah dari conscious mind ke sub-conscious mind.

3. Deepening

Konsep dasar deepening adalah membimbing subyek client untuk berimajinasi melakukan sesuatu kegiatan atau berada di suatu tempat yang mudah dirasakan oleh subyek.

4. Depth Level TestDi tahap ini dapat dilihat seberapa jauh kesadaran seseorang sudah berpindah dari conscious mind ke sub-conscious mind. Dept level setiap orang berbeda-beda bergantung pada kondisi, pemahaman client, termasuk lingkungan, waktu dan keahlian seorang hypnotherapist.

5. Suggestion

Sugesti adalah suatu kalimat-kalimat saran yang disampaikan oleh hypnotherapist ke bawah sadar obyek. Sugesti yang diharapkan tetap berlaku atau dapat menjadi “nilai baru” bagi seorang client walaupun telah disadarkan dari “tidur hypnosis”.

6. Termination

Di sinilah tahapan mengakhiri proses hypnosis. Konsep dasarnya adalah memberikan sugesti atau perintah agar seorang client tidak mengalami kejutan psikologis ketika terbangun dari “tidur hypnosis”.

Membangun sugesti positif akan membuat tubuh seorang client lebih segar dan rileks, diikuti degan regresi untuk membawa mereka ke kondisi normal.

Untuk baca secara lengkap, klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.