Sukses

Presiden Taiwan Mundur sebagai Ketua Partai Usai Kekalahan dalam Pemilu

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen telah mengundurkan diri sebagai kepala Partai Progresif Demokratik yang memerintah setelah penampilannya yang buruk dalam pemilihan lokal.

Liputan6.com, Taipei - Presiden Taiwan Tsai Ing-wen telah mengundurkan diri sebagai kepala Partai Progresif Demokratik yang memerintah setelah penampilannya yang buruk dalam pemilihan lokal.

Oposisi Kuomintang (KMT) memenangkan beberapa balapan besar pada hari Sabtu, termasuk di ibu kota Taipei, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (27/11/2022).

Pemungutan suara itu telah menarik perhatian global karena Taiwan menjadi titik nyala geopolitik yang lebih besar antara China dan AS.

Presiden Tsai telah membingkai pemilihan itu sebagai pemungutan suara untuk demokrasi di tengah meningkatnya ketegangan dengan China.

"Hasil pemilu tidak seperti yang diharapkan... Saya harus memikul semua tanggung jawab dan saya segera mengundurkan diri sebagai ketua DPP," kata Tsai, yang akan melanjutkan sebagai presiden pulau yang diperintah sendiri, kepada wartawan.

Pemilihan dewan lokal dan walikota kota secara teoritis memiliki fokus domestik, mencakup masalah-masalah seperti kejahatan, perumahan dan kesejahteraan sosial, dan mereka yang terpilih tidak akan memiliki suara langsung tentang kebijakan Taiwan mengenai China.

Namun, Tsai dan pejabat pemerintah mendesak para pemilih untuk menggunakan pemilihan itu untuk mengirim pesan tentang membela demokrasi, ketika Beijing meningkatkan tekanan di pulau itu.

Para pemilih juga menolak menurunkan usia pemungutan suara dari 20 menjadi 18 tahun, dalam referendum yang dijalankan bersamaan dengan pemilihan lokal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketegangan China dan Taiwan

Pemerintah China melihat Taiwan sebagai provinsi pelarian yang pada akhirnya akan menjadi bagian dari negara itu.

Tetapi banyak orang Taiwan menganggap pulau mereka yang diperintah sendiri - dengan bentuk pemerintahannya sendiri dan sistem demokrasi - berbeda.

Ketegangan mencapai puncaknya pada Agustus ketika Beijing menggelar latihan militer besar-besaran di sekitar Taiwan dalam protes terhadap kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau itu.

AS telah lama berjalan di atas taiwan. Secara resmi, pihaknya tidak memiliki hubungan formal dengan Taiwan, tetapi juga telah berjanji untuk memasok pulau itu dengan senjata pertahanan dan menekankan bahwa setiap serangan oleh China akan menyebabkan "keprihatinan besar".

 

3 dari 3 halaman

Dua Pihak, Dua Pandangan

Ada dua partai politik utama di Taiwan dan mereka memiliki pendekatan yang berbeda dengan China.

Kuomintang (KMT), sebuah partai juara bisnis konservatif, secara tradisional dipandang sebagai "merpati" pro-China.

Mereka telah menganjurkan keterlibatan ekonomi dengan China dan tampaknya mendukung penyatuan, meskipun mereka sangat menyangkal menjadi pro-China.

Saingan utama mereka adalah Partai Progresif Demokratik (DPP) yang memerintah Ms Tsai. Tsai menang telak dalam pemilu nasional 2020.

Dia telah mengambil sikap tegas terhadap China, mengatakan Beijing perlu menunjukkan rasa hormat kepada Taiwan dan bahwa Taipei tidak akan tunduk pada tekanan.

Dia terpilih kembali dengan janji untuk membela Beijing. Penduduk setempat mengatakan kepada BBC pada saat itu bahwa protes di Hong Kong dan tindakan keras Beijing selanjutnya terhadap hak-hak sipil telah menimbulkan kekhawatiran di Taiwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.