Sukses

Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr akan ke Indonesia 4-6 September 2022

Presiden Filipina yang baru, Ferdinand Marcos Jr akan mengunjungi dua negara Asia Tenggara pada minggu pertama September.

Liputan6.com, Manila - Presiden Filipina yang baru, Ferdinand Marcos Jr akan mengunjungi dua negara Asia Tenggara pada minggu pertama September. Demikian menurut informasi dari Sekretaris Pers Trixie Cruz-Angeles pada Jumat 19 Agustus 2022.

Mengutip situs Rappler, Minggu (21/8/2022), Marcos yang menjabat pada 30 Juni akan berkunjung ke Indonesia pada 4-6 September. Setelah itu ia akan melanjutkan lawatan menuju Singapura pada 6-7 September.

Keduanya merupakan kunjungan kenegaraan, atau kunjungan resmi satu kepala negara ke kepala negara lainnya. Kunjungan bulan September akan menjadi yang pertama bagi Marcos sebagai presiden.

Angeles tidak mengatakan mengapa pemerintahan Marcos memilih Indonesia dan Singapura sebagai kunjungan kenegaraan pertama Presiden.

Kendati demikian, Filipina dan kedua negara tersebut diketahui sebagai anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Pendahulu Marcos, mantan presiden Rodrigo Duterte, melakukan kunjungan kenegaraan pertamanya di Indonesia pada awal September 2016.

Rincian tentang dua kunjungan tersebut belum dirilis ke media.

Sebagai Presiden Filipina, Marcos yang lebih muda ini menikmati kekebalan diplomatik.

Berkat TikTok, Anak Mantan Diktator Ferdinand Marcos Jr Unggul Pilpres Filipina 2022

Ferdinand Marcos Jr atau yang akrab dipanggil Bongbong berhasil unggul dalam Pemilu Presiden (Pilpres) Filipina. Ia adalah putra dari mantan diktator-koruptor Ferdinand Marcos. Kemenangan Marcos Jr disebut tak lepas dari TikTok dan generasi muda yang tidak tahu pemerintahan diktator Marcos.

Dilaporkan Time, Selasa 10 Juni 2022, salah satu video paling populer diposting oleh pemuda bernama Joey Toledo. Milenial itu membagikan video percakapan antara mantan menteri pertahanan Juan Ponce Enrile dan Ferdinand Marcos Jr.

Enrile memuji-muji keamanan Filipina di masa kepresidenan Marcos Sr. Ia berkata rakyat Filipina bisa meninggalkan rumah tanpa menguncinya dan masih tetap aman. Video itu meraih 92 ribu view.

"Saya tidak yakin jika ceritanya 100 persen akurat karena ia sudah tua," Toledo mengakui. Namun ia percaya Enrile karena ia mengalami zaman itu.

Kebanyakan kreator konten TikTok yang pro-Marcos menolak untuk angkat bicara, namun Toledo berkata banyak orang-orang sebayanya tidak percaya dengan pelanggaran HAM dan korupsi yang dilakukan Marcos.

Toledo yang bekerja sebagai staff support IT mengaku bukan pendukung Marcos. Meski demikian, Time menyorot banyak misinformasi yang ia sebar kepada 22 ribu pengikutnya di TikTok.

Salah satu misinformasi itu menyebut bahwa sumber kekayaan Marcos berasal dari pekerjaannya sebagai pengacara, padahal Bank Dunia, PBB, dan pengadilan di Filipina telah mengakui korupsi rezim Marcos.

Bank Dunia dan United Nations Office on Drugs and Crime melaporkan bahwa ada US$ 10 miliar uang hasil korupsi yang dicuri Marcos.

TikTok menjadi sorotan karena konten-konten misinformasi yang tersebar di platform tersebut, padahal aplikasi itu popular di kalangan generasi muda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berencana ke AS

Angeles juga menegaskan bahwa Marcos akan ke Amerika Serikat dalam kapasitas resmi segera, meskipun rincian kunjungan belum diselesaikan. "Masih dalam pengerjaan meskipun nagsabi ang Pangulo (Presiden sudah mengatakan) bahwa dia akan pergi," kata Angeles.

Kembali pada bulan Juni ketika dia masih jadi calon presiden, timnya mengatakan Marcos ingin menghadiri Majelis Umum PBB di New York pada September 2022.

Presiden AS Joe Biden sebelumnya telah menyampaikan undangan kepada Marcos untuk mengunjungi AS. Undangan tersebut disampaikan oleh Second Gentleman AS Douglas Emhoff, yang memimpin delegasi AS pada saat pengambilan sumpah Presiden Filipina.

Ini adalah perjalanan AS yang akan paling menarik perhatian presiden baru. Marcos memiliki perintah penghinaan tetap di AS karena melanggar perintah pengadilan Hawaii atas aset mereka. Seorang hakim Hawaii ingin aset Marcos diawetkan untuk membayar ganti rugi kepada korban pelanggaran hak asasi manusia selama rezim darurat militer ayahnya dan senama, mendiang diktator Ferdinand E. Marcos.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Tidak Lulus Kuliah? Ini 4 Fakta Marcos Jr Anak Mantan Diktator yang Unggul di Pilpres Filipina

Ferdinand Marcos Jr berhasil kembali berkuasa usai menang pemilu Filipina 2022. Pria yang akrab disapa Bongbong itu adalah putra dari diktator Filipina, Ferdinand Marcos, serta istrinya Imelda Marcos. Keduanya terkenal sebagai simbol korupsi.

"Prestasi" dari Ferdinand Marcos tidaklah main-main. Pada daftar Pemimpin Dunia Paling Korup Sepanjang Masa versi Forbes, nama Marcos meraih nomor dua dengan total korupsi antara US$ 5 miliar hingga US$ 10 miliar. Satu-satunya orang yang "lebih berprestasi" dari Marcos dalam daftar koruptor itu adalah Presiden Soeharto.

Ibu negara Imelda Marcos pun terkenal atas sifatnya yang bermegah-megahan. Mantan Miss Manila itu memiliki lebih dari seribu sepatu mewah dan berbagai macam perhiasan. Ia juga didakwa kasus korupsi.

Menurut laporan Time, kemenangan dari Bongbong turut dipengaruhi oleh penyebaran misinformasi di media sosial, terutama TikTok. Hal lain yang disorot adalah generasi muda yang lupa sejarah.

Pasalnya, banyak pendukung Bongbong yang berusia milenial dan generasi Z. Dua generasi itu tentu tidak ingat rezim Ferdinand Marcos yang korup dan menerapkan hukum militer. 

Nama Bongbong sebetulnya tidak asing di dunia politik Filipina. Pada 1981, ia bahkan berhasil menjadi wakil gubernur di Ilata Norte. Usia saat itu masih 23 tahun. 

Mungkin tidak mengejutkan untuk mengetahui bahwa Ferdinand Marcos masih berkuasa ketika Bongbong jadi gubernur. Sekitar lima tahun kemudian, revolusi pecah di Filipina dan akhirnya Marcos senior lengser. Dan berikut fakta menarik dari Presiden Bongbong.

Selengkapnya klik di sini...

4 dari 4 halaman

Jalan Panjang Kembalinya Klan Marcos ke Tampuk Kekuasaan, Apa Dampaknya Bagi Filipina?

Keunggulan Ferdinand Marcos Jr dalam pilpres Filipina 2022 seolah telah menyempurnakan dinasti klan Marcos di negara tersebut.

Sebuah keluarga penguasa yang digulingkan dari kekuasaan 36 tahun lalu, dituduh memiliki keserakahan dan kebrutalan yang spektakuler, siap untuk kembali ke Malacañang - istana kepresidenan Filipina.

Ini adalah pukulan yang mengejutkan bagi mereka di Filipina yang telah mengkampanyekan pertanggungjawaban atas pelanggaran di era Marcos lama. Di mana keluarga Marcos tidak pernah meminta maaf atas pelanggaran tersebut, atau mengembalikan banyak harta yang mereka curi dari dompet nasional.

Bagaimana Ferdinand "Bongbong" Marcos Jr melakukannya? Dan apa implikasinya bagi 110 juta orang Filipina, dan bagi tempatnya di dunia?

Berikut ini ulasan BBC yang dikutip Rabu (11/5/2022):

Kebohongan dan Distorsi, Jalan Panjang Marcos Jr Menuju Posisi Puncak di Filipina

Pada tahun 1986, kemarahan publik terhadap rezim Marcos membuat Ferdinand Marcos dan keluarganya digulingkan dan dipaksa keluar dari Filipina.

Tetapi setelah hanya lima tahun di pengasingan, keluarga itu kembali - dan segera mulai kembali ke lingkaran politik.

Ferdinand Marcos Jr, Bongbong hampir terus-menerus menjabat sejak usia 23 tahun, selain dari waktunya di luar negeri. Memenangkan kursi kepresidenan adalah sesuatu yang telah dia persiapkan sepanjang hidupnya.

Anggota keluarganya yang lain juga memegang berbagai jabatan politik sejak mereka diizinkan kembali ke Filipina, termasuk ibunya Imelda dan kakak perempuannya Imee. Imelda bahkan memperebutkan kursi kepresidenan hanya setahun setelah kembali pada tahun 1992.

Mereka juga sangat diuntungkan dengan menyejajarkan diri dengan keluarga kuat lainnya, keluarga Rodrigo Duterte -- presiden Filipina saat ini.

Ini menyatukan wilayah kekuasaan Marcos di Provinsi Ilocos Norte dan Leyte di utara dan tengah, bersama dengan kubu Duterte di Mindanao, selatan Filipina.

"Jika saya akan memberikan angka di atasnya, itu setidaknya 50% dari alasan dia sampai sejauh ini," kata ahli strategi politik Alan German. "Mesin Duterte kuat, dia adalah presiden yang sangat dicintai."

Lalu ada kampanye media sosial untuk mengubah citra era Marcos lama - bukan sebagai periode darurat militer, dengan pelanggaran hak asasi manusia yang mengerikan, korupsi, dan hampir keruntuhan ekonomi - tetapi sebagai zaman keemasan kemakmuran bebas kejahatan.

Ini dimulai setidaknya satu dekade yang lalu, dengan ratusan video yang diedit secara menipu diunggah ke Youtube, yang kemudian diposting ulang di halaman Facebook yang simpatik.

Ini meyakinkan jutaan orang Filipina bahwa fitnah terhadap keluarga Marcos setelah kejatuhan mereka tidak adil, bahwa kisah-kisah keserakahan yang tak tertandingi itu tidak benar.

"Ada spektrum kebohongan dan distorsi dalam video-video ini," kata Fatima Gaw dari Departemen Riset Komunikasi Universitas Filipina.

"Ada penyangkalan langsung terhadap kekejaman era perang. Ada juga banyak distorsi, klaim kemajuan ekonomi selama apa yang disebut tahun-tahun emas Filipina, dengan memilih detail tertentu."

Dan kemudian ada mitos, yang dipercaya secara luas di bagian Filipina yang lebih miskin, bahwa keluarga Marcos memang menyimpan kekayaan besar di rekening luar negeri atau simpanan emas batangan yang tersembunyi, tetapi ini disimpan untuk memberi manfaat bagi orang-orang Filipina begitu kekuatan mereka dipulihkan.

Usaha pengecekan fakta kolaboratif Tsek.ph menemukan bahwa hingga akhir April, 92% disinformasi online tentang kampanye Marcos menguntungkannya, sedangkan 96% tentang saingan utamanya, Wakil Presiden Leni Robredo, adalah negatif - termasuk beberapa fitnah hal buruk terhadapnya.

Selengkapnya klik ini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.