Sukses

Jalan Panjang Kembalinya Klan Marcos ke Tampuk Kekuasaan, Apa Dampaknya Bagi Filipina?

Apa arti kembalinya Ferdinand Marcos Jr ke tampuk kekuasaan setelah unggul pada Pilpres Filipina 2022. Apa dampaknya bagi warga Filipina?

Liputan6.com, Manila - Keunggulan Ferdinand Marcos Jr dalam pilpres Filipina 2022 seolah telah menyempurnakan dinasti klan Marcos di negara tersebut.

Sebuah keluarga penguasa yang digulingkan dari kekuasaan 36 tahun lalu, dituduh memiliki keserakahan dan kebrutalan yang spektakuler, siap untuk kembali ke Malacañang - istana kepresidenan Filipina.

Ini adalah pukulan yang mengejutkan bagi mereka di Filipina yang telah mengkampanyekan pertanggungjawaban atas pelanggaran di era Marcos lama. Di mana keluarga Marcos tidak pernah meminta maaf atas pelanggaran tersebut, atau mengembalikan banyak harta yang mereka curi dari dompet nasional.

Bagaimana Ferdinand "Bongbong" Marcos Jr melakukannya? Dan apa implikasinya bagi 110 juta orang Filipina, dan bagi tempatnya di dunia?

Berikut ini ulasan BBC yang dikutip Rabu (11/5/2022):

Kebohongan dan Distorsi, Jalan Panjang Marcos Jr Menuju Posisi Puncak di Filipina

Pada tahun 1986, kemarahan publik terhadap rezim Marcos membuat Ferdinand Marcos dan keluarganya digulingkan dan dipaksa keluar dari Filipina.

Tetapi setelah hanya lima tahun di pengasingan, keluarga itu kembali - dan segera mulai kembali ke lingkaran politik.

Ferdinand Marcos Jr, Bongbong hampir terus-menerus menjabat sejak usia 23 tahun, selain dari waktunya di luar negeri. Memenangkan kursi kepresidenan adalah sesuatu yang telah dia persiapkan sepanjang hidupnya.

Anggota keluarganya yang lain juga memegang berbagai jabatan politik sejak mereka diizinkan kembali ke Filipina, termasuk ibunya Imelda dan kakak perempuannya Imee. Imelda bahkan memperebutkan kursi kepresidenan hanya setahun setelah kembali pada tahun 1992.

Mereka juga sangat diuntungkan dengan menyejajarkan diri dengan keluarga kuat lainnya, keluarga Rodrigo Duterte -- presiden Filipina saat ini.

Ini menyatukan wilayah kekuasaan Marcos di Provinsi Ilocos Norte dan Leyte di utara dan tengah, bersama dengan kubu Duterte di Mindanao, selatan Filipina.

"Jika saya akan memberikan angka di atasnya, itu setidaknya 50% dari alasan dia sampai sejauh ini," kata ahli strategi politik Alan German. "Mesin Duterte kuat, dia adalah presiden yang sangat dicintai."

Lalu ada kampanye media sosial untuk mengubah citra era Marcos lama - bukan sebagai periode darurat militer, dengan pelanggaran hak asasi manusia yang mengerikan, korupsi, dan hampir keruntuhan ekonomi - tetapi sebagai zaman keemasan kemakmuran bebas kejahatan.

Ini dimulai setidaknya satu dekade yang lalu, dengan ratusan video yang diedit secara menipu diunggah ke Youtube, yang kemudian diposting ulang di halaman Facebook yang simpatik.

Ini meyakinkan jutaan orang Filipina bahwa fitnah terhadap keluarga Marcos setelah kejatuhan mereka tidak adil, bahwa kisah-kisah keserakahan yang tak tertandingi itu tidak benar.

"Ada spektrum kebohongan dan distorsi dalam video-video ini," kata Fatima Gaw dari Departemen Riset Komunikasi Universitas Filipina.

"Ada penyangkalan langsung terhadap kekejaman era perang. Ada juga banyak distorsi, klaim kemajuan ekonomi selama apa yang disebut tahun-tahun emas Filipina, dengan memilih detail tertentu."

Dan kemudian ada mitos, yang dipercaya secara luas di bagian Filipina yang lebih miskin, bahwa keluarga Marcos memang menyimpan kekayaan besar di rekening luar negeri atau simpanan emas batangan yang tersembunyi, tetapi ini disimpan untuk memberi manfaat bagi orang-orang Filipina begitu kekuatan mereka dipulihkan.

Usaha pengecekan fakta kolaboratif Tsek.ph menemukan bahwa hingga akhir April, 92% disinformasi online tentang kampanye Marcos menguntungkannya, sedangkan 96% tentang saingan utamanya, Wakil Presiden Leni Robredo, adalah negatif - termasuk beberapa fitnah hal buruk terhadapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Upaya Merubah Citra Buruk Klan Marcos

Namun kampanye disinformasi pro-Marcos juga mendapat keuntungan dari kekecewaan publik yang meluas atas kegagalan pemerintahan pasca 1986 untuk membawa perbaikan yang signifikan bagi kehidupan orang Filipina yang lebih miskin.

Bongbong telah berhasil menggambarkan dirinya sebagai kandidat untuk perubahan, menjanjikan kebahagiaan dan persatuan ke negara yang lelah selama bertahun-tahun polarisasi politik dan kesulitan pandemi, dan haus akan cerita yang lebih baik.

Dengan menjauh dari semua debat presiden dan menolak wawancara media, dia menghindari sejarah keluarganya diulas, dan mampu mempertahankan ilusi harmoni, meskipun jutaan orang tetap menentang kepresidenannya.

Fakta bahwa ia menghadapi begitu banyak saingan juga merupakan keuntungan yang signifikan.

Suara anti-Marcos dibagi di antara sembilan kandidat, dan yang terkuat di antara mereka, Leni Robredo, menyatakan terlambat, memberikan sedikit waktu bagi kampanyenya yang bersemangat untuk melawan narasi Marcos yang kuat.

Jadi Apa yang Bisa Kita Harapkan dari Kepresidenan Marcos Jr?

Ferdinand Marcos Jr berbicara sedikit tentang detail platform kebijakannya saat berkampanye, yang bagaimanapun juga merupakan daftar janji yang biasa-biasa saja, sebagian besar untuk melanjutkan kebijakan Presiden Duterte.

Satu kekhawatiran yang jelas adalah apa yang terjadi pada upaya untuk memulihkan uang yang diduga dicuri oleh keluarga Marcos ketika mereka terakhir berkuasa.

Komisi Kepresidenan untuk Tata Kelola yang Baik (PCGG), yang dibentuk setelah pemberontakan 1986, telah memulihkan sekitar sepertiga dari $10-15 miliar dari apa yang disebut "kekayaan haram" - termasuk perhiasan, lukisan berharga dan sepatu terkenal Imelda - tetapi secara resmi masih mengejar sisanya.

Bongbong kemudian menyarankan bahwa dia akan memperluas kewenangan PCGG untuk memasukkan keluarga lain, tetapi mengingat kemajuan yang terbatas dalam meminta pertanggungjawaban keluarga Marcos saat mereka tidak berkuasa, sulit untuk membayangkan banyak kemajuan sekarang saat mereka kembali.

Sementara itu masih ada masalah pajak yang belum dibayar di perkebunan Marcos - Bongbong dinyatakan bersalah karena gagal mengajukan pengembalian pajak pada tahun 1995.

Lalu ada putusan di Amerika Serikat bahwa dia menghina pengadilan karena gagal membayar ganti rugi kepada para korban pelanggaran hak asasi manusia ayahnya, yang akan membuat setiap kunjungan resmi ke AS, sekutu perjanjian Filipina, menjadi rumit.

3 dari 4 halaman

Korupsi Jadi Sorotan

Kemitraan Ferdinand Marcos Jr dengan klan Duterte juga akan diawasi dengan ketat.

Bongbong telah berjanji untuk melanjutkan kampanye anti-narkoba kontroversial Presiden Rodrigo Duterte, tetapi mengisyaratkan bahwa ia akan mendukung metode yang tidak terlalu keras.

Sara Duterte, putri presiden, hampir pasti memenangkan wakil presiden, dan popularitasnya sendiri membuatnya menjadi calon presiden pada 2028.

Meski Presiden Duterte belum secara resmi mendukung Marcos, hubungannya dengan sang putri juga dikabarkan tidak selalu mulus.

Wakil presiden dipilih secara terpisah dari presiden, dan putri Duterte mungkin ingin menggunakan posisinya untuk mendorong karir politiknya sendiri. Namun jabatan itu membawa sedikit kekuatan dibandingkan dengan jabatan presiden. Sementara secara formal bersekutu dalam kampanye, mereka perlu menyepakati bagaimana membagi rampasan jabatan.

Tapi ada beberapa pertanyaan yang lebih besar.

Berapa banyak korupsi - selalu menjadi masalah di Filipina - akan ada di bawah keluarga dengan reputasi Marcos?

Dan mungkin kekhawatiran terbesar adalah nasib demokrasi dan hak-hak sipil, yang keduanya menderita di bawah Presiden Duterte.

4 dari 4 halaman

Demokrasi Terkikis?

Bagaimana Bongbong akan menghadapi oposisi terhadap pemerintahan Marcos? Seberapa bebas media untuk terus menyelidiki masa lalu keluarganya?

Permusuhan terbuka kampanye Marcos untuk semua kecuali media yang paling ramah bukanlah tanda yang menggembirakan.

Para pemilih di Filipina telah lama menunjukkan keberpihakan pada aturan orang kuat, terhadap karakter nakal yang berjanji untuk membuang kompromi demokrasi yang berantakan dan menyelesaikan sesuatu.

Itu menjelaskan pemilihan Joseph Estrada pada tahun 1998, dan baru-baru ini pada tahun 2016 oleh Duterte, yang tidak merahasiakan ketidaksabarannya terhadap norma-norma demokrasi.

Bongbong Marcos tidak memiliki karisma semacam itu, tetapi dia sebagian besar mencerminkan ingatan yang telah diperbarui tentang pemerintahan orang kuat ayahnya.

Kampanye media sosialnya telah terbukti sangat sukses sehingga ada kekhawatiran bahwa ini sekarang akan menjadi model untuk pemilihan masa depan di Filipina, dengan media arus utama dikesampingkan, dan badai narasi bebas fakta bersaing secara online.

Kembalinya keluarganya ke tampuk kekuasaan juga dengan rapi menandai era globalisasi yang optimis. Ini bisa dibilang dimulai ketika AS menolak untuk mendukung ayahnya yang otokratis di tahun-tahun memudarnya Perang Dingin, menginspirasi gerakan pro-demokrasi di seluruh dunia.

Di tengah perang Rusia Ukraina, rusaknya hubungan China-AS, lalu muncul para pemimpin populis yang menunggangi tsunami disinformasi media sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.