Sukses

15 Desember 2001: Tutup 11 Tahun Akibat Khawatir Runtuh, Menara Miring Pisa Dibuka Kembali

Menghabiskan $27 juta (sekitar Rp 386 miliar) untuk memperkuat Menara Miring Pisa tanpa menghilangkan sudut kemiringannya yang terkenal, bangunan itu akhirnya dibuka kembali setelah 11 tahun tutup.

Liputan6.com, Roma - Sejarah mencatat hari ini adalah momen pembukaan kembali Leaning Tower of Pisa atau lebih populer dikenal dengan Menara Miring Pisa dibuka kembali setelah ditutup untuk umum selama 11 tahun.

Pada tanggal 15 Desember 2001, seperti diberitakan History.com, Menara Miring Pisa Italia dibuka kembali setelah tim ahli menutupnya pada tahun 1990 lalu menghabiskan $27 juta (sekitar Rp 386 miliar) untuk memperkuat menara tanpa menghilangkan sudut kemiringannya yang terkenal.

Kisah sebelum penutupan Menara Miring Pisa Italia berawal di sini.

Pada abad ke-12, konstruksi dimulai di menara lonceng untuk katedral Pisa, pusat perdagangan yang sibuk di Sungai Arno di Italia barat, sekitar 50 mil dari Florence. Sementara konstruksi masih berlangsung, fondasi Menara Pisa mulai tenggelam ke tanah berawa yang lembut, menyebabkannya miring ke satu sisi.

Pembangunnya mencoba mengimbangi kemiringan dengan membuat lantai atas sedikit lebih tinggi di satu sisi, tetapi batu tambahan yang dibutuhkan ternyata hanya membuat menara semakin tenggelam.

Pada saat bangunan selesai pada 1360, para insinyur modern mengatakan itu adalah keajaiban bahwa bangunan Menara Miring Pisa itu tidak runtuh sepenuhnya.

Meskipun katedral itu sendiri dan tempat pembaptisan di sebelahnya juga sedikit miring, Torre Pendente di Pisa, atau Menara Miring Pisa, yang menjadi daya tarik wisata paling terkenal di kota itu.

Pada abad ke-20, menara marmer putih setinggi 190 kaki itu bersandar secara dramatis 15 kaki (4,5 meter) dari tegak lurus.

Pada tahun sebelum penutupannya pada tahun 1990, 1 juta orang mengunjungi menara tua tersebut, mendaki 293 anak tangga yang lapuk ke puncak dan memandang ke luar Campo dei Miracoli (Field of Miracles) yang hijau di luar.

Khawatir bangunan itu akan runtuh, para pejabat akhirnya memutuskan menunjuk sekelompok 14 arkeolog, arsitek, dan ahli tanah untuk mencari tahu cara menghilangkan sebagian—tetapi tidak semua—kemiringan yang terkenal itu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hampir Merobohkan Menara Miring Pisa

Meskipun upaya awal pada tahun 1994 hampir merobohkan menara, para insinyur akhirnya mampu mengurangi kemiringan antara 16 dan 17 inci dengan menghilangkan tanah dari bawah fondasi.

Ketika menara dibuka kembali pada 15 Desember 2001, para insinyur memperkirakan akan membutuhkan waktu 300 tahun untuk bangunan itu kembali ke posisi 1990.

Meskipun akses masuk ke menara sekarang terbatas, gerombolan turis masih dapat ditemukan di luar, berpose klasik—berdiri di sebelah menara berpura-pura menahannya—saat kamera memotret mereka.

3 dari 3 halaman

Infografis Anak Indonesia Usia 6-11 Tahun Siap Terima Vaksin COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.