Sukses

18 November 1916: Panglima Inggris Akhiri Pertempuran Somme

Panglima tentara Inggris memerintahkan mengakhiri pertempuran Somme.

Liputan6.com, Paris - Satu abad lebih lima tahun yang lalu, Panglima Tertinggi Inggris, Douglas Haig menghentikan serangan pasukannya di dekat Sungai Somme di barat laut Prancis, mengakhiri Pertempuran Somme yang epik setelah lebih dari empat bulan konflik berdarah.

Dengan Prancis dikepung berat di Verdun sejak Februari, serangan Somme adalah upaya Douglas yang telah lama direncanakan untuk membuat terobosan Sekutu di Front Barat. 

Setelah seminggu penuh pengeboman artileri, serangan dimulai dengan sungguh-sungguh pada pagi hari tanggal 1 Juli 1916, ketika tentara dari 11 divisi Inggris muncul dari parit mereka di dekat Sungai Somme di barat laut Prancis dan maju ke garis depan Jerman, seperti dilansir dari History, Kamis (18/11/2021).

Kemajuan awal adalah bencana, karena enam divisi Jerman yang menghadapi Inggris yang maju menyerang mereka dengan senapan mesin mereka, membunuh atau melukai sekitar 60.000 orang pada hari pertama, di mana serangan itu hari korban terbanyak dalam sejarah militer Inggris sampai saat itu. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Douglas Membatalkan Serangan

Kegagalan serangan diakibatkan ketidakmampuan Douglas dan Komando Inggris, di mana mereka membayangkan bahwa Jerman dapat membangun parit mereka cukup dalam melindungi senjata berat atau membawa mereka begitu cepat setelah rentetan artileri telah berakhir.

Selama empat setengah bulan berikutnya dan tidak kurang dari 90 serangan, Sekutu hanya mampu maju sejauh 9,6 km di wilayah Somme, dengan mengorbankan 146.000 tentara tewas dan lebih dari 200.000 lainnya terluka.

Pada tanggal 18 November 1916, Douglas akhirnya membatalkan serangan tersebut, bersikeras dalam pengiriman resminya dari garis depan pada bulan Desember bahwa operasi Somme telah mencapai tujuannya. 

“Verdun merasa lega, pasukan utama Jerman telah ditahan di front Barat dan kekuatan musuh telah sangat terkuras habis. Salah satu dari tiga hasil ini sendiri sudah cukup untuk membenarkan pertempuran Somme.” 

 

Reporter: Cindy Damara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.