Sukses

MyAmerica Jakarta Gelar Webinar Soal Cara Mengakses Perpustakaan Daring AS

MyAmerica Jakarta menggelar pelatihan daring penggunaan eLibraryUSA - platform digital gratis yang menyediakan akses ke jurnal dan disertasi.

Liputan6.com, Jakarta - Fasilitas informasi, penelitian, dan pemrograman terkait Amerika Serikat, MyAmerica Jakarta pada Kamis (5/8) menyelenggarakan pelatihan daring penggunaan eLibraryUSA (eLU) -  platform digital gratis yang menyediakan referensi termasuk jurnal dan disertasi. 

Acara pelatihan daring itu pun dihadiri hingga 190 peserta.

Portal edukatif tersebut, memiliki beberapa sumber akademik dan penelitian yang di antaranya adalah Gale Academic OneFile, JSTOR, dan ProQuest Disertation and Theses Global.

Dalam acara itu, MyAmerica Jakarta Director, Oktiviane Sinaga mengatakan bahwa "pendaftaran dan penggunaan platform eLibraryUSA dapat dilakukan secara gratis".

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketentuan Akses eLibraryUSA (eLU)

Oktiviane juga memperingatkan bahwa "akses ke portal eLU hanya diperbolehkan satu akun untuk satu pengguna," dan tidak dianjurkan untuk membagikan akses akunnya ke pihak lain seperti perusahaan atau sekolah.

Ditambahkannya, karena pembuatan akun itu gratis, tentunya kebijakan satu akun - satu pengguna seharusnya tidak menjadi masalah.

Ia membeberkan beberapa ketentuan penggunaan pada akses ke portal eLU, yaitu aksesnya hanya untuk pengguna yang telah terdaftar, kedua, akses ke portal tidak dipungut biaya, pengguna diharapkan mengikuti kebijakan hak cipta dari pemerintah Amerika Serikat - penyetakan dan penyebaran beberapa salinan artikel tidak diperbolehkan tanpa izin dari penulis.

Ketentuan terakhir, yaitu, informasi yang diperoleh dari situs eLU tidak diizinkan untuk dicetak dan disebarkan ke publik - masyarakat luas.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.