Sukses

Menkes Jens Spahn: Jumlah Infeksi COVID-19 di Jerman Menurun

Jerman memvaksinasi rekor 1,1 juta orang pada Rabu (28/4) atau lebih dari 1 persen populasi dalam satu hari.

Liputan6.com, Berlin - Pejabat kesehatan Jerman menyampaikan kabar baik untuk warga negaranya pada Kamis (29/4) mengenai penurunan tingkat infeksi COVID-19.

Selain itu ada juga rekor jumlah vaksinasi yang telah diberikan tetapi mengatakan jalan yang harus ditempuh masih panjang, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Jumat (30/4/2021).

Pada konferensi pers di Berlin, Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn, bersama Lothar Wieler, Presiden Robert Koch Institute for Infectious Diseases (RKI), mencatat rata-rata jumlah infeksi baru per 100.000 orang di negara itu turun menjadi 155 Kamis lalu untuk hari ketiga berturut-turut.

Itu adalah level terendah dalam dua minggu. Pada hari Senin, angkanya 169.

Namun bagi Jens Spahn, penurunan angka itu mencerminkan peningkatan jumlah kasus yang "stagnan," dan belum ditentukan apakah itu hanya terjadi sekali atau mencerminkan berbaliknya tren terkini.

Ia mengatakan, perkembangannya masih belum cukup, karena unit-unit perawatan intensif rumah sakit Jerman masih penuh di banyak kota.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumlah vaksinasi

Spahn juga mencatat bahwa Jerman memvaksinasi rekor 1,1 juta orang pada hari Rabu – lebih dari 1% populasi dalam satu hari.

Dia mengatakan itu berarti "sekarang, 25,9% orang Jerman telah divaksinasi setidaknya satu dosis, dan 7,5% telah divaksinasi lengkap dengan dua dosis."

Tetapi Wieler mengatakan masih terlalu dini untuk berbicara tentang pencabutan pembatasan di seluruh negeri itu.

Dia mengatakan jumlah tersebut menunjukkan kasus terus meningkat di antara mereka yang berusia di bawah 60 tahun, dan kasus di antara anak-anak “meningkat secara drastis.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.