Sukses

Kecelakaan Maut Mobil SUV Tabrak Truk di California AS, 13 Orang Tewas

Liputan6.com, Jakarta- Sebanyak 13 orang tewas di California selatan, Amerika Serikat (AS) ketika sebuah mobil SUV yang penuh dengan penumpang bertabrakan dengan sebuah truk besar di dekat perbatasan Meksiko, pada Selasa 2 Maret. 

Seorang pejabat dari Pusat Medis Regional El Centro, Judy Cruz menuturkan bahwa kecelakaan itu terjadi ketika mobil SUV yang membawa lebih dari dua puluh orang - termasuk seorang anak di bawah umur - dan semi-truk penuh yang membawa kerikil jatuh di dekat El Centro, California.

Wilayah negara bagian itu diketahui merupakan jalan raya yang kerap dilintasi imigran Meksiko dan pekerja pertanian yang menuju pusat pertanian California yang kaya, tetapi para pejabat mengatakan masih belum diketahui apakah di antara korban kecelakaan mobil terdapat migran.

"Masih terlalu dini dalam penyelidikan untuk mengatakan apa yang mereka lakukan dan dari mana mereka berasal," kata Omar Watson dari California Highway Patrol dalam konferensi pers, seperti dkutip dari Channel News Asia, Rabu (3/3/2021).

Mobil SUV itu mengangkut sebanyak 25 penumpang, termasuk seorang pengemudi, menurut Watson.

"Saat ini ada 12 korban jiwa di lokasi kejadian, satu orang meninggal dunia di rumah sakit, total 13 orang meninggal dunia," terangnya. 

Di antara korban tewas, adalah pengemudi SUV yang berusia 22 tahun.

Namun, laporan Pusat Medis Regional El Centro menyebut 15 orang telah meninggal dan SUV tersebut berisi 28 orang.

SUV Ford Expedition hanya memiliki kapasitas legal untuk sekitar delapan orang, menurut situs pembuat mobil itu.

Foto yang yang beredar yang terkait dengan kecelakaan itu, menunjukkan truk tampak menabrak sisi mobil SUV berwarna merah maroon yang tampaknya memiliki plat nomor California.

Diterangkan Watson, kecelakaan itu terjadi ketika mobil SUV tersebut memasuki persimpangan di depan semi-truk, meski tidak diketahui apakah kendaraan yang lebih kecil itu berhenti di tanda berhenti.

Tabrakan itu terjadi tak lama setelah jam 6 pagi waktu setempat di State Route 115 dekat kota Holtville, sekitar 16 kilometer utara Meksiko.

 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 4 halaman

Korban Kecelakaan Mobil Termasuk Anak-anak

"Beberapa orang terlempar ke trotoar, ke tanah, dan kemudian meninggal akibat luka-luka yang dialami" kata Watson.

Watson juga mengatakan bahwa "Orang lain ditemukan tewas di dalam kendaraan".

Pada konferensi pers, Watson menggambarkan lokasi kecelakaan sebagai "pemandangan yang cukup kacau".

Kabin truk hampir utuh tetapi mobil SUV, meskipun masih dengan empat roda, rusak parah.

Disebutkan bahwa "ada anak-anak di dalam kendaraan itu tetapi kami belum mengetahui usia mereka".

Korban tewas lainnya dalam kecelakaan itu berusia antara 20 hingga 55 tahun, tetapi setidaknya satu dari yang terluka adalah penumpang berusia di bawah 16 tahun.

Sementara korban yang terluka, termasuk pengemudi semi-truk berusia 69 tahun yang menderita luka sedang, dilarikan ke berbagai rumah sakit daerah karena kondisi luka yang "kecil hingga sangat parah", terang Watson.

"Kami sedang bekerja dengan konsulat Meksiko untuk menentukan dengan tepat siapa saja yang berada di dalam kendaraan itu dan memastikan kami mengabarkan keluarga terdekat," tutur Watson, tanpa menyebutkan kewarganegaraan korban dalam kecelakaan itu.

"Banyak orang di dalam mobil itu tidak berbicara bahasa Inggris," ungkapnya, seraya menambahkan bahwa "kami dekat dengan perbatasan jadi kami memiliki orang-orang yang bolak-balik setiap harinya untuk mengamati."

3 dari 4 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: