Sukses

Pesawat Pengintai Turki Jatuh di Gunung Artos, 7 Orang Tewas

Kecelakaan tersebut menewaskan Tujuh personel keamanan Turki tewas dalam kecelakaan pesawat jatuh di wilayah pegunungan di Provinsi Van, Turki.

Liputan6.com, Ankara- Pesawat pengintai Turki jatuh di pegunungan wilayah timur negara tersebut, menurut laporan media pemerintah pada Kamis (16/7). 

Kecelakaan tersebut menewaskan 7 personel keamanan Turki. 

Lokasi jatuhnya pesawat tersebut adalah di Gunung Artos, yang merupakan situs gunung berapi aktif di provinsi Van, Anadolu Agency melaporkan pernyataan dari Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu. 

Menteri Suleyman Soylu mengatakan dalam pernyataannya, Komunikasi dengan pesawat itu yang membawa dua pilot dan lima "tenaga teknis" telah hilang sekitar pukul 10.45 malam waktu setempat pada Rabu (15/7), seraya menambahkan bahwa pesawat itu jatuh pada ketinggian 2.200 meter. 

Ia juga dilaporkan mengunjungi lokasi kejadian untuk memeriksa tempat jatuhnya pesawat tersebut. 

Gambar yang diposting oleh Menteri Suleyman Soylu dalam laman Twitter-nya menunjukkan saat ia tengah bersama personil militer di medan yang berat, demikian seperti dikutip dari AFP, Kamis (16/7/2020).

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Investigasi Sedang Dilakukan

Anadolu Agency juga mengatakan bahwa sejak 13 Juli, pesawat model 2015 itu sedang melakukan misi "pengintaian dan pengawasan" di Provinsi Van dan Provinsi Hakkari. 

Penghormatan diberikan oleh Gubernur Provinsi Van Mehmet Emin Bilmez kepada tujuh personil yang disebut sebagai "pahlawan" dalam laman Twitter-nya, serta belasungkawa kepada keluarga mereka.

Gubernur Provinsi Van Mehmet Emin Bilmez juga menambahkan bahwa investigasi pemerintah atas insiden tersebut sedang berlangsung. 

Provinsi Hakkari, yang berbatasan dengan Irak, dilaporkan telah mengalami banyak bentrokan antara pasukan Turki dan militan Kurdi, dengan pemberontakan yang telah berlangsung puluhan tahun.

Pada 2018, juga pernah ada kecelakaan pesawat pelatihan militer jatuh selama latihan di provinsi Izmir barat, dan menewaskan 2 pilot Turki. 

Sementara pada bulan Februari, Provinsi Van yang berada di perbatasan timur Turki juga sempat dilanda dua bencana longsor dan menewaskan 41 orang.

Gempa berkekuatan 5,7 juga melanda negara tetangga Iran tersebut pada awal Februari dan menyebabkan puluhan orang luka-luka di Provinsi Van.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.