Sukses

Suhu Benua Antartika Naik, Terpanas dalam Sejarah

Benua Antartika kini mengalami suhu panas tertinggi yang pernah ada dalam sejarah, hal ini merupakan salah satu bentuk dampak dari pemanasan global.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah rekor suhu tinggi 18,3 derajat Celcius (64,9F) telah dicatat di benua Antartika.

Pencatatan suhu yang diambil pada Kamis 6 Februari oleh pangkalan penelitian Argentina Esperanza, tercatat lebih panas 0,8 derajat Celcius dari suhu puncak sebelumnya 17,5 derajat Celcius pada Maret 2015. Demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (8/2/2020).

Temperatur tersebut dicatat di Semenanjung Antartika, di ujung barat laut benua - salah satu daerah dengan pemanasan tercepat di bumi.

Pencatatan suhu ini kini sedang diverifikasi oleh Organisasi Meteorologi Dunia PBB (WMO).

"(Ini) bukan suhu yang biasanya Anda kaitkan dengan Antartika, bahkan di musim panas," kata juru bicara WMO Clare Nullis kepada wartawan di Jenewa.

Suhu di benua Antartika telah meningkat hampir 3 derajat Celcius selama 50 tahun terakhir, kata organisasi itu, dan sekitar 87% dari gletser di sepanjang pantai baratnya telah "mundur" pada waktu itu.

Gletser telah menunjukkan "percepatan mundur" dalam 12 tahun terakhir, WMO menambahkan. Lagi-lagi hal ini merupakan dampak dari adanya pemanasan global.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Hancur

Para ilmuwan memperingatkan bahwa pemanasan global menyebabkan begitu banyak pencairan di Kutub Selatan. Dikhawatirkan bahwa pegunungan es akhirnya akan hancur - menyebabkan permukaan laut global naik setidaknya tiga meter (10 kaki) selama berabad-abad.

Nullis menambahkan: "Jumlah es yang hilang setiap tahun dari lapisan es Antartika meningkat setidaknya enam kali lipat antara 1979 dan 2017.

"Mencairnya gletser-gletser ini, kau tahu, berarti kita dalam masalah besar ketika akan naik ke permukaan laut."

Sementara 18,3 derajat Celcius adalah rekor untuk benua Antartika, rekor di wilayah Antartika yang lebih luas - yang meliputi benua, pulau, dan lautan yang berada di zona iklim Antartika - adalah 19,8 derajat Celcius, pada Januari 1982.

Juli lalu, wilayah Arktik mencapai rekor suhu 21 derajat celcius, dicatat di pangkalan di ujung utara Pulau Ellesmere di Arktik Kanada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.