Sukses

Penuh Kontrovesi, Ini 10 Fakta Perdana Menteri Baru Inggris Boris Johnson

Berikut 10 hal yang perlu diketahui tentang PM Inggris yang baru.

Liputan6.com, London - Inggris Raya memiliki perdana menteri baru. Adalah Boris Johnson, yang akan menjadi 'penghuni resmi Downing Street No. 10', kediaman dinas PM Inggris, pekan ini.

Johnson akan menggantikan Theresa May, yang mengumumkan pengunduran dirinya pada Mei 2019 akibat desakan parlemen perihal kegagalannya dalam memimpin negosiasi Brexit dengan Uni Eropa.

Prosesi pertemuan seremonial dengan Ratu Elizabeth II akan menjadi penanda resmi lengsernya May dari jabatan PM. Otomatis, upacara yang sama akan meresmikan Johnson sebagai perdana menteri baru Inggris.

Kemenangan Johnson

Selepas pengumuman pengunduran diri May, dua nama menjadi calon kuat pengganti PM, Johnson dan Jeremy Hunt.

Hasil jajak pendapat di Parlemen Inggris menunjuk Boris Johnson sebagai perdana menteri terpilih. Ia juga memenangi suara pemilihan kepemimpinan partai Konservatif yang saat ini mendominasi parlemen.

Berikut 10 hal yang perlu diketahui tentang PM Inggris yang baru, Boris Johnson, seperti dikutip dari India Today, Rabu (24/7/2019).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Latar Belakang

(1) Nama lengkapnya adalah Alexander Boris de Pfeffel Johnson. Boris Johnson memiliki kakek buyut asal Turki, seorang politikus bernama Ali Kemal, dan mantan istrinya, Marina Wheeler, berasal dari India.

(2) Lahir di New York City dari orangtua Inggris, Johnson dididik di Sekolah Eropa, Brussels I, Ashdown House, dan Eton College. Dia pergi ke Oxford dan kemudian bekerja sebagai jurnalis untuk The Times, tetapi dipecat karena memalsukan kutipan. Dia pertama kali terpilih sebagai anggota parlemen pada tahun 2001.

3 dari 5 halaman

Menanjak Karier Politik

(3) Boris Johnson adalah Pemimpin Partai Konservatif dan mewakili konstituensi Uxbridge dan Ruislip Selatan di parlemen Inggris. Ia menjabat sebagai Walikota London dari 2008 hingga 2016, dan dari 2016 hingga 2018 ia menjabat sebagai Menteri Luar Negeri.

(4) Johnson menjadi terkenal selama kampanye Brexit. Dia juga menyuarakan wajah referendum Brexit 2016. Sikapnya yang 'hardliner' perihal langkah keluar Inggris dari Uni Eropa mendapat dukungan besar dari internal partai dan anggota parlemen pro-Brexit.

4 dari 5 halaman

Kontroversi

(5) Boris Johnson telah menimbulkan beberapa kontroversi selama kariernya di masa lalu. Pernyataannya tentang hak-hak homoseksual, ketidakhadirannya di kota selama Kerusuhan London pada 2011 dan perubahan sikapnya atas alokasi dana Brexit ke National Health Service telah membuat orang-orang Inggris skeptis tentang dirinya.

(6) Bahkan ketika ia dianggap lebih liberal daripada banyak anggota Partai Konservatif, pendirian Boris Johnson tentang homoseksualitas telah gagal. Sebagai seorang jurnalis, ia mempertanyakan pencabutan undang-undang yang melarang promosi homoseksualitas oleh otoritas lokal. Namun sebagai anggota parlemen, ia mengubah taktik dan mengatakan negara seharusnya tidak ikut campur dalam kehidupan masyarakat. Dia juga memilih mendukung kemitraan sipil.

(7) Keputusan Boris Johnson untuk tidak mempersingkat liburannya di Kanada untuk menangani kerusuhan di London, ketika ia masih walikota, juga segar dalam ingatan warganet. Dalam pidatonya baru-baru ini, Boris Johnson mengklaim telah membuat Kota London pulih pasca-kerusuhan pada 2011. Pernyataannya menarik reaksi tajam dari publik, yang mengingatkannya bahwa ia hilang selama tiga hari, menolak untuk kembali untuk membantu menangani gangguan sipil massal.

5 dari 5 halaman

Rencana Utama: Brexit

(8) Dana Uni Eropa dan alokasi mereka juga telah menjadi titik pertikaian ketika menyangkut Boris Johnson. Selama kampanye 2016, Boris Johnson menyuarakan pesan bahwa NHS, perawatan medis gratis Inggris, harus mendapatkan £ 350 juta seminggu dikirim ke Uni Eropa setelah Brexit (padahal data pemerintah mengatakan dana itu £ 285 juta seminggu). Setelah pemungutan suara Brexit, Boris Johnson mengatakan bahwa NHS akan berada di antara beberapa penerima manfaat dari realokasi dana Uni Eropa.

(9) Sang PM Inggris yang baru telah berjanji untuk menegosiasikan kesepakatan Brexit baru dengan Uni Eropa sebelum 31 Oktober. Tetapi jika blok itu menolak, seperti yang ditegaskannya, ia telah berjanji untuk pergi.

(10) Boris Johnson akan mewarisi pemerintahan yang sangat kacau dari Theresa May mulai Rabu ini. Partai Konservatif telah memerintah negara sejak 2017 dengan 312 kursi di DPR, atau 650 kursi bersama dengan dukungan dari Partai Unionis Demokrat, partai pro-Inggris dari Irlandia Utara. Konservatif telah berkuasa dengan janji untuk mengimplementasikan Brexit. Theresa May berhenti setelah dia gagal untuk hal itu meskipun upaya berulang. Boris Johnson dan masa depan partainya sekarang tergantung pada apakah ia akan dapat menarik Inggris keluar dari Uni Eropa dalam 110 hari ke depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.