Sukses

Top 3: Kemunculan Gerhana Bulan 17 Juli Menjadi Sorotan

Liputan6.com, Jakarta - Kemunculan gerhana bulan sebagian pada 17 Juli 2019 di sejumlah belahan dunia, seperti Indonesia hingga Amerika, ternyata mencuri perhatian para pembaca kanal Global Liputan6.com Rabu pagi ini. Banyak orang rupanya penasaran dengan fenomena alam yang jarang terjadi tersebut. 

Kabar penampakan gerhana bulan yang bisa dilihat di seluruh wilayah di Indonesia juga menjadi sorotan. Kira-kira berapa lama ya durasinya?

Berita lainnya yang menarik perhatian pembaca kanal Global yaitu terkait tujuh gempa susulan di Bali setelah lindu utama bermagnitudo 6, yang membuat para turis asing di Pulau Dewata menjadi panik.

Berikut berita Top 3 edisi Rabu (17/7/2019) selengkapnya:

2 dari 4 halaman

1. 17 Juli, Indonesia hingga Amerika Dilintasi Gerhana Bulan

Pekan ini, gerhana bulan dilaporkan akan muncul di sejumlah belahan dunia, seperti Amerika, Eropa, Afrika, Australia, dan Asia --termasuk seluruh wilayah Indonesia.

Sebagian besar wilayah Amerika Selatan akan melihat bulan tertutup bayangan Bumi.

Sementara untuk Asia tengah dan timur serta Australia, gerhana masih akan berlangsung ketika bulan terbenam pada Rabu 17 Juli 2019 waktu subuh, demikian seperti dikutip dari Space.com, Selasa 16 Juli 2019.

Selanjutnya...

3 dari 4 halaman

2. 7 Gempa Susulan di Bali Bikin Turis Asing Terkejut

Gempa Bali bermagnitudo 6 yang mengguncang Kota Negara, Kabupaten Jembrana, pada pukul 07.18 WIB, Selasa 16 Juli 2019, dilaporkan telah dimutakhirkan kekuatannya menjadi magnitudo 5,8.

Gempa tektonik itu terjadi di wilayah Samudera Hindia Selatan Bali-Nusa Tenggara.

Hasil monitoring BMKG menunjukkan 7 kali aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar M=3.2 dan magnitudo terkecil M=2.5.

Lokasi gempa Bali dilaporkan banyak dihuni wisatawan dan sempat membuat panik mereka.

Situs berita asal Inggris, Express.co.uk dalam artikel berjudul "Bali earthquake: Tourists panic as holiday hotspot rocked by 'strong' 6.2 magnitude quake" menyorot kepanikan turis saat dilanda gempa terjadi.

Artikel selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Lapan: Gerhana Bulan Sebagian 17 Juli Bisa Dilihat di Seluruh Indonesia

Pada Rabu 17 Juli 2019 dini hari, gerhana bulan sebagian akan muncul di seluruh wilayah Indonesia. Fenomena alam ini dilaporkan akan terlihat di sejumlah belahan dunia, seperti Amerika, Eropa, Afrika, Australia, dan Asia --termasuk seluruh wilayah RI.

"Gerhana bulan sebagian nanti malam, tepatnya dini hari mulai pukul 03.02-05.59 WIB, " ujar Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin saat dihubungi Liputan6.com, Selasa 16 Juli 2019.

Selanjutnya...

Loading
Artikel Selanjutnya
Top 3: Mengungkap Gempa Hingga Nama Merek yang Berubah Jadi Versi Lokal
Artikel Selanjutnya
Top 3: Makhluk Laut Makan Bangkai Titanic Hingga Rencana Ledakkan Mars