Sukses

Donald Trump dan Kim Jong-un Gelar Dialog Tatap Muka di Hotel Capella

Donald Trump dan Kim Jong-un tengah melaksanakan dialog tatap muka di Hotel Capella, Pulau Sentosa, sekitar pukul 09.15 waktu setempat.

Liputan6.com, Singapura - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un tengah melaksanakan dialog tatap muka di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura sekitar pukul 09.15 pada Selasa 12 Juni 2018.

Dialog itu langsung dilaksanakan usai keduanya melakukan tatap muka dan jabat tangan bersejarah untuk pertama kali pada beberapa menit sebelumnya.

Seperti yang disiarkan dalam tayangan live feed di International Media Centre (IMC) KTT Korut-AS di Singapura, terlihat bahwa Trump dan Kim melaksanakan dialog dengan hanya didampingi oleh penerjemah.

Hal itu menandai diskusi pertama yang dilakukan oleh kedua pemimpin setelah beberapa tahun sebelumnya masing-masing di antara mereka kerap bertukar retorika agresif.

Keduanya dijadwalkan berdialog selama kurang lebih 45 menit. Topik yang dibahas, menurut sejumlah laporan yang beredar, adalah mengenai hubungan AS - Korea Utara dan denuklirisasi.

Usai itu, keduanya dikabarkan akan melanjutkan dialog bersama dengan delegasi masing-masing dari AS dan Korea Utara. Dialog itu akan berjalan secara tertutup, hingga sekitar jam makan siang atau sekitar pukul 12.00 waktu setempat.

Setelahnya, baik Trump dan Kim beserta delegasi masing-masing dijadwalkan akan melakukan santap siang formal bersama, sambil diselingi dialog.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Optimistis KTT Berjalan Lancar

Berbicara kepada wartawan setelah jabat tangan pertama mereka, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menyatakan optimisme bahwa KTT akan sukses.

Berikut ini apa yang dikatakan Donald Trump, sebagaimana dikutip dari CNN:

Presiden menyatakan harapan bahwa pertemuan bersejarah akan "sangat berhasil". Duduk di sebelah pemimpin Korea Utara, Trump berkata, "Kami akan memiliki hubungan yang hebat di depan."

Sementara inilah yang Kim Jong-un katakan:

Diktator Korea Utara mengatakan ada sejumlah "hambatan" untuk pertemuan yang berlangsung di Singapura hari ini. "Kami mengatasi semuanya dan kami berada di sini hari ini," katanya kepada wartawan melalui seorang penerjemah.

Pertemuan bersejarah antara Donald Trump dan Kim Jong-un berlangsung hari ini di Hotel Capella di Pulau Sentosa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.