Sukses

Ini Kronologi Dua Aksi Teror Kota London

Liputan6.com, London - Rangkaian peristiwa teror terjadi di London Bridge dan Borough Market di London, pada 3 Juni 2017 malam waktu setempat atau 4 Juni 2017 pagi waktu Jakarta.

Kejadian teror di London Bridge merupakan peristiwa tabrak lari yang terjadi sekitar pukul 22.00 waktu setempat. Menurut keterangan saksi mata, peristiwa tabrak lari tersebut dilakukan oleh sebuah mobil van yang menabrak sejumlah pejalan kaki di trotoar jembatan.

Sementara itu, kejadian teror di Borough Market London merupakan peristiwa penusukan dan terjadi beberapa menit setelah peristiwa London Bridge. Menurut saksi mata, setidaknya ada tiga tersangka yang membawa pisau dan melakukan penusukan terhadap sejumlah orang.

Berikut kronologi insiden di London hingga resmi ditetapkan sebagai peristiwa teror, seperti yang dirangkum dari The Guardian (4/6/2017).

(Seluruh keterangan jam dan menit didasari atas pengaturan zona waktu setempat)

Pada 3 Juni 2017 pukul 23.03, London Bridge ditutup setelah sejumlah saksi mata melaporkan insiden kendaraan van roda empat menabrak pejalan kaki tak jauh dari jembatan. Muncul korban atas insiden tersebut.

Pukul 23.04 hingga 23.12

Sejumlah aparat kepolisian dan petugas merespons gawat darurat dengan menangani sejumlah korban atas insiden penabrakan van di London Bridge. Beberapa saksi mata melihat sejumlah korban tampak berada dalam kondisi yang cukup parah dan dievakuasi untuk mendapat perawatan medis.

Sekelompok orang juga sempat mendengar imbauan yang diteriakkan oleh polisi agar warga sipil segera "berlari secepat mungkin" menjauhi London Bridge ke area barat jembatan.

Pada pukul 23.12 hingga 23.22, polisi tampak tengah mengamankan sebuah van berwarna putih yang digunakan dalam peristiwa penabrakan pejalan kaki di dekat London Bridge.


Pukul 23.23

Kepolisian Metro London merespons insiden kedua di Borough Market, kurang dari 500 meter dari lokasi kejadian insiden pertama. Melalui Twitter, kepolisian mengimbau warga bahwa aparat bersenjata tengah merespons insiden di Borough Market


Pukul 23.26, sebuah rekaman video yang diunggah oleh warganet menunjukkan beberapa polisi yang merespons dan menyisir sejumlah lokasi di area London Bridge.

Pada pukul 23.46 hingga 23.56, melalui Twitter, kepolisian London mengonfirmasi terjadi insiden penusukan di Borough Market. Sejumlah tembakan dilepaskan oleh aparat bersenjata. Saksi mata di Borough Market mengonfirmasi kejadian serupa di Borough Market.

Beberapa informasi melaporkan bahwa kepolisian tengah memburu tiga orang terduga pelaku atas insiden di London Bridge dan Borough Market

Dan puncaknya pada pukul 23.58 hingga 00.00, kepolisian menetapkan pengamanan perimeter dan dijaga oleh sejumlah polisi bersenjata dan berperalatan taktis.

Hari berganti menjadi 4 Juni 2017. Pada pukul 00.01 hingga 00.38, Perdana Menteri Inggris Theresa May menetapkan insiden di London Bridge dan Borough Market sebagai "peristiwa yang berpotensi mengandung unsur terorisme". Wali Kota London Sadiq Khan menjelaskan bahwa pihaknya tengah memantau seluruh perkembangan insiden kepada sejumlah otoritas London.

Dan pada pukul 00.58, melalui Twitter, Kepolisian Metro London secara resmi menetapkan insiden di London Bridge dan Borough Market sebagai peristiwa terorisme.

Pemakaman Massal Christchurch
Loading