Sukses

Perempuan Lajang di AS Rayakan Galentine Bukan Valentine

Hari Galentine jatuh pada tanggal 13 Februari, sementara Valentine dirayakan 14 Februari.

Liputan6.com, Washington DC - Hari Valentine semakin dekat, tetapi perempuan lajang di Amerika justru menunggu datangnya Hari Galentine. Hari apakah itu?

Hari Galentine jatuh pada 13 Februari, sehari sebelum Valentine. Saat itu, para perempuan lajang menggantikan tradisi hari kasih sayang itu, merayakannya dengan teman-teman perempuan lainnya.

Galentine pertama diperkenalkan oleh karakter acara televisi "Parks and Recreation" Leslie Knope, yang diperankan oleh aktris Amy Poehler, pada tahun 2010. Dalam acara televisi tersebut, Leslie mengatakan Hari Galentine adalah hari favoritnya sepanjang tahun.

Sejak itu, perempuan di Amerika mulai tergerak untuk berkumpul bersama menjelang Hari Valentine.

Tahun ini, banyak perempuan yang semangat berkumpul, terutama mereka yang ikut unjuk rasa di Women’s March sehari setelah Presiden Donald Trump dilantik.

Hari Galentine tidak harus dirayakan tanggal 13 Februari, dan bukan hanya untuk perempuan lajang yang tidak punya pacar. Jessica Gottlieb dan Stefanie Pollard dari Los Angeles akan merayakan Galentine dengan makan bersama teman-teman perempuannya tanggal 12 Februari mendatang.

"Kami perempuan yang sudah menikah dan sangat mencintai suami kami, tetapi berencana merayakan Hari Galentine. Kenapa? Karena Women's March tidak hanya tentang protes anti-Trump atau protes kesehatan reproduksi."

"Tetapi tentang perempuan menghargai sesama perempuan dan juga tentang kekuatan kita, serta mengetahui kita saling memerlukan satu sama lain agar sehat, punya mental yang stabil dan juga punya karir yang sukses," kata Jessica seperti dikutip dari VOA News, Selasa 1 Februari.

Kalia Fiske dari Minneapolis, Minnesota, akan merayakan 14 Februari dengan pasangannya dan juga merayakan Hari Galentine pada 17 Februari dengan makan malam dan menonton 'Fifty Shades Darker' dengan 11 teman-teman perempuannya.

"Kami sebagian besar punya pacar, tetapi kami juga ingin punya alasan berkumpul, hanya perempuan saja. Kami mau merayakan diri kami sendiri," kata Kaila.

Kim Terca yang bermukim di San Francisco juga berencana merayakan Hari Galentine di Havana dengan temannya yang tinggal di Havana.

"Kami berdua masih lajang dan tidak punya pacar di Hari Valentine. Jadi kami mau memanfaatkan kebebasan ini dan melakukan apapun yang kami mau," ucap Kim.

Kate Conroy, warga Plainfield, New Jersey, adalah panitia Hari Galentine bersama teman-teman perempuannya. Tahun ini akan menjadi perayaan Galentine ke-tiganya.

Menurut Kate, pacar-pacar mereka mulai ikut merayakan hari spesial bersama dan ditutup dengan pesta.

"Awalnya, waktu saya harus berpidato di perayaan Galentine pertama kami, saya bilang, 'Waktu saya mencuri ide ini dari Parks and Rec, saya kira orang-orang akan mengejek ide itu', jelas Kate.

Tetapi, Kate salah. Sekitar 20 orang akhirnya ikut merayakan Hari Galentine bersama dirinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini