Sukses

Makan Siang Senilai Rp 46 Miliar, Berani?

Liputan6.com, San Francisco - Miliuner Warren Buffett telah menggalang dana hingga lebih dari $20 juta untuk sebuah badan amal tuna wisma di San Francisco sejak tahun 2000. Kali ini, ia ingin menambah donasinya dengan melelang kesempatan makan siang bersama dirinya.

Mengutip Los Angeles Times pada Selasa (14/6/2016), lelang makan siang dengan Buffett itu digelar secara daring melalui laman lelang eBay selama hampir sepekan. Lelang itu dimulai sejak Minggu 5 Juni lalu. 

Enam di antara 8 pemenang terakhir membayar lebih dari $2 juta untuk bisa santap siang bersama konglomerat Berkshire Hathaway itu. Rekor lelang amal terjadi pada 2012 dengan nilai $3.456.789 (Rp 46 miliar).

Hingga saat ini, makan siang pada 2012 itu merupakan makan siang amal termahal yang dilelang lewat eBay.

Lelang makan siang ini dimulai sejak masa Susie, istri pertama Buffett, menjadi sukarelawan di Yayasan Glide. Susie meninggal pada 2004, tapi hubungan Warren Buffett dan pendiri yayasan tetap berlanjut.

Buffett memuji pendekatan efektif dan efisien yang dilakukan oleh yayasan itu dalam menyediakan makanan, perawatan kesehatan, pelatihan kerja, rehabilitasi, dan dukungan perumahan guna menyokong kaum miskin dan tuna wisma.

"Saya bangga menjadi bagian dari sesuatu yang memberi manfaat langsung kepada banyak orang yang memerlukan," kata Buffett sebelum lelang dimulai.

"Glide adalah jembatan bagi ribuan orang yang sedang hancur dan membantu mereka meraih harga diri serta kesempatan melalui penyediaan sejumlah layanan pokok."

Pendeta Cecil Williams, salah satu pendiri Yayasan Glide, mengatakan bahwa dampak dari sumbangan itu 'mencengangkan'.

Buffett mengaku ia menerima banyak pertanyaan selama makan siang yang berlangsung beberapa jam itu. Namun, dalam kesempatan itu ia menolak menjawab pertanyaan terkait investasinya di masa depan.

Para pemenang lelang makan siang biasanya bersantap dengan Buffett di restoran steak Smith and Wollensky di New York.

Sebagai tuan rumah makan siang itu, restoran sendiri menyumbangkan lebih dari $10 ribu setiap tahunnya kepada yayasan. Sekiranya penyumbang tidak ingin dikenal, maka makan siang akan dilakukan di restoran lain.

Perusahaan di bawah pimpinan Buffett memiliki lebih dari 90 anak perusahaan yang bergerak dalam bidang asuransi, mebel, perkeretaapian, perhiasan, permen, restoran, gas alam, dan pesawat jet. Ia juga pemilik saham di Coca-Cola Co., IBM, dan Wells Fargo & Co.