Sukses

Mau Berlibur ke London? Cek 10 Tips Bermanfaat Ini

Liputan6.com, London - Saat traveling atau jalan-jalan ke luar negeri dibutuhkan banyak persiapan. Segala keperluan untuk menjelajahi negeri orang harus disiapkan dengan matang.

Salah satunya adalah paspor, hal yang wajib dibawa selama berpelesir selain barang bawaan dan uang. Namun tak ada salahnya jika meminta beberapa saran kepada mereka yang telah lebih dulu mengunjungi negara tersebut, agar perjalanan semakin aman dan menyenangkan.

Ke London contohnya. Kota yang terkenal dengan Buckingham Palace, Trafalgar Square, Tower Bridge, Big Ben, dan London Eye ini selalu menjadi destinasi utama liburan bagi para wisatawan setiap tahun. 

Selain ikon-ikon kota tersebut, London juga dikenal akan pilihan kuliner lezat dan kota-kota modern dengan warga dari beragam suku bangsa. Seperti halnya Indonesia.

Untuk menikmati semua itu, ada baiknya Anda perhatikan beberapa tips yang mungkin bermanfaat setibanya di Negeri Ratu Elizabeth itu seperti dilansir dari News.com.au, Senin (7/3/201):

2 dari 3 halaman

Kartu Oyster Hingga Etika Perjalanan

1. Mendapatkan kartu Oyster

Adalah sebuah kartu pintar isi ulang yang digunakan untuk melakukan pembayaran elektronik dalam sistem transportasi di Greater London.

kartu Oyster adalah sebuah kartu pintar isi ulang yang digunakan untuk melakukan pembayaran elektronik dalam sistem transportasi di Greater London.(News.com.au)

Kartu ini dikeluarkan oleh Transport for London dan dapat digunakan untuk jasa transportasi, seperti London Underground, London Overground, Docklands Light Railway, bus-bus London, layanan kapal di Sungai Thames, dan sejumlah layanan angkutan umum lainnya.

Dengan mengeluarkan biaya sekitar 3,50 pound sterling atau sekitar Rp 639.940, Anda dapat mengunjungi berbagai lokasi menarik dan indah di kota London menggunakan transportasi umum.


2. Etika dalam bepergian

Traveling ke negeri orang bukan berarti kita bisa bebas bertindak seenaknya.

London adalah salah satu kota tersibuk di dunia. Selain bandara, transportasi yang terletak di bawah tanah kota ini juga tak kalah sibuknya.

London adalah salah satu kota tersibuk di dunia. Selain bandara, moda transportasi yang terletak di bawah tanah kota ini juga tak kalah sibuknya.(News.com.au)

Jadi hati-hatilah saat Anda ingin bepergian menggunakan jalur kereta api di kota London. Bagi yang tidak terburu-buru atau ingin istirahat, ada baiknya berdiri di sisi kanan eskalator hingga tidak menghambat perjalanan orang lain. Karena sisi kiri diperuntukkan bagi mereka yang hendak bekerja.

3. Hal yang perlu diingat

Puncak jam sibuk di pagi hari di London terjadi dari jam 07.00-10.00 dan sore hari pada 04.00 hingga 07.00 waktu setempat. Seperti halnya di Indonesia, masyarakat di sana juga sangat menyukai transportasi yang satu ini -- kereta api.

Tidak seperti di Indonesia yang kerap turun hujan beberapa bulan belakangan ini, London malah sebaliknya.(News.com.au)

Hal lain yang perlu diingat saat Anda bepergian dengan kereta api adalah warga di sana memiliki kebiasaan baru untuk tidak berbicara satu sama lain.

Mereka biasanya mengutak-atik telepon mereka, baca koran atau hanya sekadar menatap ke luar jendela kereta.

4. Perhatikan cuaca

Tak seperti di Indonesia yang kerap turun hujan, beberapa bulan belakangan ini, London mengalami cuaca yang sebaliknya.

Hal lain yang perlu diingat saat Anda bepergian dengan kereta api, warga setempat sepertinya punya kebiasaan baru untuk tidak berbicara satu sama lain.(News.com.au)

Bahkan katanya, London jarang sekali turun hujan dibandingkan kota-kota lain yang ada di Inggris. Bila hujan, itu pun hanya sebentar, dan tidak terjadi sepanjang hari.

Siapkanlah mantel atau payung kecil saat Anda ingin bepergian mengelilingi kota London.

5. Bawa uang yang cukup

Menurut penelitian terbaru, belanja di kota London lebih mahal 30 persen dari Sydney. (News.com.au)

Menurut penelitian terbaru, belanja di kota London lebih mahal 30 persen dari Sydney, Australia. Bagi Anda yang tidak membawa uang belanja lebih sebaiknya pertimbangkan kembali untuk membeli oleh-oleh, hunting kuliner dan penggunaan transportasi. Karena harganya bisa jauh lebih mahal dari perkiraan Anda sebelumnya.

Seperti di Amerika, tips atau 'uang lelah' di kota London adalah hal yang sangat penting. Jika Anda memesan makanan, tipsnya adalah 10 persen.

3 dari 3 halaman

Tempat Foto dan Belanja

6. Makan di Restoran

Satu lagi tips bagi traveler yang tidak membawa uang lebih. Saat lapar menyerang, restoran pastilah tempat yang pertama kali di datangi.

Agar tidak membayar mahal, Anda bisa mengunjungi sebuah website yang menyedikan kupon gratis di internet, yaitu My Voucher Codes. Cara ini sangat membantu pelanggan untuk membeli barang-barang dengan harga yang lebih murah.

7. Pergi ke pub atau bar

Pergi ke pub atau bar adalah kebiasaan yang sering dilakukan warga London setiap minggu atau akhir pekan.

Bila Anda ingin mencari tempat untuk ngobrol-ngobrol sambil minum-minum dan ngemil, silahkan mampir ke bar-bar yang ada di sekitar kota London.

8. Tempat Wisata

Begitu banyak bangunan kota London bersejarah yang menjadi ikon kota tersebut yang dapat dikunjungi. Di antaranya Westminster Abbey, Tate Modern, sebuah galeri seni modern yang berlokasi di London.(News.com.au)

 

London adalah kota bersejarah. Anda dapat mengunjungi banyak bangunan yang telah menjadi ikon negara tersebut. Di antaranya Westminster Abbey, Tate Modern, sebuah galeri seni modern yang berlokasi di London dan National History Museum.

Mengunjungi tempat-tempat itu Anda tidak dikenakan biaya alias gratis. Jangan lupa mampir!

9. Berfoto ria

. London adalah salah satu kota di dunia dimana kotak telepon masih berfungsi dan kerap digunakan warganya. Tampilannya yang berwarna merah menyala, sering kali dijadikan objek para penggemar selfi untuk diabadikan.(News.com.au)

Dari sekian banyak tempat untuk berfoto bersama teman-teman atau ber-selfi ria, ada salah satu tempat yang sering dijadikan latar belakang meski hanya muat 1 atau 2 orang.

Boks telepon merah yang merupakan bilik telepon umum yang menjadi favorit, karena terlihat sebagai ciri khas kota London.

London merupakan salah satu kota di dunia yang masih menggunakan telepon umum dan sarana tersebut masih berfungsi.

Tampilannya yang berwarna merah menyala, sering kali menarik perhatian dan kerap dijadikan objek berfoto.

10. Belanja

Bagi Anda yang suka shopping, berikut ini beberapa tempat yang dapat dikunjungi di London.

Bagi Anda yang suka shopping, berikut ini beberapa tempat yang dapat dikunjuni saat berkunjung ke London.(News.com.au)

Di antara yang paling favorit adalah Convent Garden, Kings Road, dan Regent Street. Di tempat-tempat ini Anda bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah, dengan kualitas barang yang tak kalah bagus.

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

Loading