Sukses

6 Inovasi Wanita yang Mengubah Kehidupan di Bumi

Inilah 6 inovasi wanita yang telah mengubah kehidupan di bumi menjadi lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta - Pada zaman dahulu, wanita tidak boleh mengenyam pendidikan. Hanya kaum pria yang boleh bersekolah ke jenjang yang tinggi.

Umumnya, kaum hawa kerap diminta beraktiftas di dalam rumah seperti mengurus rumah tangga, anak serta suami.

Namun tak demikian di era modern ini, dengan adanya emansipasi wanita, mereka bisa beraktifitas secara bebas di luar rumah untuk bekerja. Bahkan tak sedikit yang menduduki jabatan tinggi di kantor-kantor, pemerintahan dan dunia militer.

Seiring berjalannya waktu, kaum perempuan memiliki persamaan derajat dan bahkan ada yang menjadi tulang punggug keluarga.

Hal ini menjadi bukti dari pencapaian sejumlah wanita di dunia. Di mana mereka telah menciptakan serangkaian inovasi baru untuk membuat kehidupan sehari-hari menjadi lebih baik dan bahkan membuat sejarah.

Inilah 6 inovasi wanita yang telah mengubah kehidupan umat manusia, dilansir dari BuzzFeed, Selasa (1/12/2015). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

ARPANET-Elizabeth Feinler

Sebelum internet lahir ke dunia, di Amerika sudah ada ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).

Elizabeth Jocelyn "Jake" Feinler, seorang ilmuwan komputer Amerika, pelopor dan pengelola ARPANET, sistem jaringan komputer yang dibuat oleh ARPA (Advanced Research Project Agency) yang menggagasnya.

Sistem ini berfungsi sebagai sarana percobaan teknologi jaringan komputer, yang menjadi landasan berdirinya internet yang sekarang ini Anda gunakan.

Dari tahun 1972 hingga 1989 ia mengelola jaringan di bawah Departemen Pertahanan, menerbitkan nama-nama domain yang menjadi fondasi dasar sufiks yang kita gunakan sampai sekarang ini, seperti .com, .edu, .gov, .mil, .org, and .net.

Dalam White House Conference on Libraries and Information Centers, Feinler dihadirkan sebagai tamu undangan dan ia telah menjadi anggota ACM, ASIS, IEEE dan penemu Internet Engineering Task Force. Pada tahun 2000, dia dinobatkan ke dalam SRI Alumni Hall of Fame atau Internet Hall Of Fame.

3 dari 7 halaman

Algoritma Jaringan - Radia Perlman

Meski tidak ada yang bisa mengklaim atas pujian penemuan internet secara langsung.

Namun Radia Perlman bisa mengklaim sebagian besar dari perkembangan dunia maya dari penemuannya. Dikenal dengan The Spanning Tree Protocol, protokol jaringan yang menjamin topologi jaringan bebas-perulangan untuk penghubung Ethernet LAN.

Inovasinya telah memungkinkan link state routing protocols yang ada pada hari ini sudah kuat, terukur dan mudah untuk dikelola. Hal ini telah mengubah teknologi Ethernet menjadi internet seperti di zaman modern sekarang ini.

Perlman memiliki lebih dari 100 paten dan penerima dari sejumlah penghargaan seperti Lifetime Achievement awards dari Usenix dan Association for Computing Machinery’s Special Interest Group on Data Communication (SIGCOMM).

Sementara gelar B.S dan M.S ia dapatkan dalam jurusan matematika MIT (Massachusetts Institute of Technology) dan PhD dalam ilmu komputer. 

4 dari 7 halaman

Permainan Pertualangan - Roberta Williams

Roberta Williams adalah seorang desainer permainan video grafis pertama bejudul Mystery House untuk Apple II, dan dengan sendirinya mengubah dunia komputer selamanya.

Ia merupakan desainer permainan video yang paling berpengaruh pada tahun 80an dan 90an. Ia telah mendapatkan pujian menciptakan genre permainan video pertualangan.

Bersama suaminya, mereka membuat Sierra On-Line yang berkembang menjadi salah satu kerajaan permainan video pertama dan terbesar.

5 dari 7 halaman

Ikon Komputer - Susan Kare

Susan Kare adalah seorang seniwati dan desainer grafis yang menciptakan elemen antarmuka untuk Apple Macintosh pada tahun 80'an. Kare juga adalah salah satu karyawan pertama NeXT sebagai Direktur Kreatif dalam perusahaan yang diciptakan oleh Steve Jobs setelah meninggalkan Apple pada tahun 1985.

Ikon-ikon yang berada dalam toolbar dan desktop seperti tong sampah, jam dan ember cat merupakan gagasan dari Kare kurang lebih 30 tahun lalu.

Hingga hari ini Anda masih bisa menemukan karya-karyanya dalam permainan klasik Solitaire.

6 dari 7 halaman

Kamera CCTV - Marie Van Brittan Brown

Memiliki anjing galak dan pagar rumah yang tinggi menjadi standarisasi dari sistem keamanan rumah yang umum pada tahun 1966.

Namun pada tahun itu, Brittan Brown dan suaminya juga menemukan sistem keamanan rumah modern, berupa kamera bermotor dan monitor nirkabel.

Hal ini berhasil ia lakukan bersama bantuan suaminya Albert Brown. Sistem Marie memiliki 4 lubang intip dengan kamera yang bisa bergeser ke atas dan bawah.

Semua kejadian yang diambil oleh kamera diproyeksikan akan muncul dalam monitor nirkabel.

Sistem tersebut memungkinkan pemilik rumah untuk menggunakan televisi untuk melihat orang yang berada di pintu dan mengeluarkan suara tamu tersebut.

 

7 dari 7 halaman

Manusia Menuju Bulan - Katherine Johnson 

Katherine G. Johnson adalah seorang ahli fisika, ilmuwan luar angksa dan ahli matematika yang turut serta membantu aeronautika dan program antariksa AS.

Pada tahun 1960an ketika itu komputer masih dalam masa pengembangan. Ketika itu NASA bergantung kepada orang yang tidak terhingga jumlahnya untuk melakukan perhitungan. Dan salah satu di antaranya adalah Katherijne Johnson.

Momen bersejarahnya menghampiri dirinya pada tahun 1969, ketika perhitungan lintasan yang ia ajukan berhasil mendaratkan kapal ulang alik Apollo dengan selamat di bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini