Sukses

'Gunung Pemakan Manusia' Tempat Memuja Iblis Paling Hits

Gunung yang penuh terowongan menjadi jebakan kematian bagi para pria dewasa maupun remaja yang bekerja di sana.

Liputan6.com, Andes - Ada 'gunung pemakan manusia' di Bolivia. Cerro Rico namanya. Lebih dari 8 juta orang tewas di sana sejak Abad ke-16. Yang jadi korban adalah mereka yang berupaya menambang harta di sana.

Cerro Rico, yang juga disebut sebagai Cerro de Potosí atau Sumaq Urqu adalah salah satu gunung di Andes, dekat Kota Potosi yang kaya mineral. Tambang berusia 500 tahun yang ada di sana pernah menghasilkan perak yang bikin Kekaisaran Spanyol di masa lalu kaya raya.

Namun kini, gunung yang penuh terowongan menjadi jebakan kematian bagi para pria dewasa maupun remaja yang bekerja di sana -- yang terpaksa memohon pada iblis agar nyawa mereka tak terpisah dari raga.

Artikel tersebut menjadi yang terpopuler di Kanal Internasional Liputan6.com, Kamis, 2 Oktober 2014. Berikut TOP 5 selengkapnya.

1. Pilot Irak Turunkan Bantuan ke ISIS

Pihak Angkatan Udara Irak melakukan kesalahan memalukan. Para pilotnya keliru menjatuhkan makanan, air, bahkan senjata di wilayah yang dikuasai militan ISIS bulan lalu. Fakta tersebut baru terungkap belakangan.

"Sejumlah pilot yang mengangkut bantuan -- senjata dan makanan -- tidak menjatuhkannya ke sejumlah tentara yang berada di area terkepung, terutama Brigade 1 dan 30," kata Hakim Al-Zamili, anggota komisi keamanan dan pertahanan di parlemen Irak.

Selengkapnya: Insiden Memalukan, Pilot Irak Malah Jatuhkan Bantuan ke ISIS

2. 35 Ribu Anjing Laut Naik ke Daratan

Es Arktik atau Kutub Utara semakin menipis, perairan utara Samudera Pasifik dalam kondisi terpanas. Situasi itu membuat puluhan ribu anjing laut (walrus) merangkak naik ke daratan. Semua itu diduga terkait pemanasan global.

Populasi besar anjing-anjing laut itu berkumpul di sebuah pantai di Alaska. Jumlah sebanyak itu belum pernah terlihat sebelumnya.

Selengkapnya: Laut Memanas, 35 Ribu Anjing Laut Naik ke Daratan

3. Nasib Perempuan Iran Bunuh 'Pemerkosanya'

Hidup Reyhaneh Jabbari tinggal hitungan hari. Perempuan Iran tersebut akan digiring ke tiang gantung atas kasus pembunuhan seorang pria yang diduga berniat memperkosanya. Laporan terbaru menyebut, eksekusi terhadap terpidana itu ditunda 10 hari.

Reyhaneh Jabbari ditangkap pada tahun 2007. Dua tahun kemudian, Pengadilan Teheran memutuskan ia bersalah membunuh Morteza Abdolali Sarband, mantan pegawai Kementerian Intelijen Iran -- meski terdakwa kala itu membela diri dengan mengatakan korban berniat menodai dirinya.

Selengkapnya: Teka-teki Nasib Perempuan Iran yang Bunuh 'Pemerkosanya'

4. Obama Satu Lift dengan Pria Bersenjata

Presiden Amerika Serikat Barack Obama diketahui pernah berada di dalam sebuah lift yang sama dengan seorang pria bersenjata yang pernah dihukum atas kasus penyerangan.

Insiden itu baru mencuat ke publik pada Selasa 30 September 2014 waktu setempat, beberapa jam setelah Direktur Dinas Pengamanan Presiden Julia Pierson ditanyai Kongres AS mengenai penyusupan Gedung Putih dua pekan lalu.

Selengkapnya: Terungkap Insiden Obama Satu Lift dengan Pria Bersenjata'

5. Pemujaan Iblis di 'Gunung Pemakan Manusia'

Cerro Rico di Bolivia punya reputasi mengerikan, sebagai 'gunung pemakan manusia'. Lebih dari 8 juta orang tewas di sana sejak Abad ke-16. Yang jadi korban adalah mereka yang berupaya menambang harta di sana.

Cerro Rico, yang juga disebut sebagai Cerro de Potosí atau Sumaq Urqu adalah salah satu gunung di Andes, dekat Kota Potosi yang kaya mineral. Tambang berusia 500 tahun yang ada di sana pernah menghasilkan perak yang bikin Kekaisaran Spanyol di masa lalu kaya raya.

Selengkapnya: Pemujaan Iblis di 'Gunung Pemakan Manusia' Cerro Rico di Bolivia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini