Sukses

FTX Bakal Kembalikan 90% Dana Pelanggan

Pada 2022, FTX runtuh setelah Coindesk merilis pengungkapan mengenai kondisi neracanya.

Liputan6.com, Jakarta - Pertukaran kripto yang bangkrut FTX mengajukan perubahan proposal untuk mengembalikan hingga 90 persen kepemilikan kreditur yang disimpan di bursa sebelum bangkrut pada November 2022.

Dikutip dari Yahoo Finance, Rabu (18/10/2023), grup debitur yang saat ini awasi kebangkrutan proses akan resmi mengajukan rencana paling lambat 16 Desember 2023 ke Pengadilan Kebangkrutan AS untuk diteliti.

Pada 2022, FTX runtuh setelah Coindesk menerbitkan pengungkapan mengenai kondisi neracanya. CEO John J.Ray III mencaci maki pengendalian keuangan di perusahaan, sementara pendiri FTX Sam Bankman-Fried sedang menjalani persidangan atas tuduhan pidana.

Debitur mengusulkan untuk membagi aset pelanggan yang hilang menjadi tiga kelompok berdasarkan keadaan pada awal kasus Bab 11, aset dipisahkan untuk pelanggan FTX.com, aset untuk pelanggan FTX.USD dan kumpulan umum aset lainnya.

Proposal itu menyatakan pelanggan dengan jumlah penyelesaian preferensi kurang dari USD 250.000 dapat menerima penyelesaian tanpa pengurangan klaim atau pembayaran apapun. Penyelesaian preferensi adalah 15 persen dari penarikan pelanggan di bursa, sembilan hari sebelum jatuh tempo.

Kreditor selanjutnya akan menerima klaim kekurangan terhadap kumpulan umum sesuai dengan perkiraan nilai aset yang hilang di bursanya diperkirakan hampir USD 9 miliar untuk FTX.com dan USD 166 juta untuk FTX.US, cabang bursa di Amerika Serikat.

Namun, pemulihan dapat diganggu oleh  berbagai faktor antara lain pajak, klaim pemerintah, fluktuasi harga token dan lain-lain.

Selain itu, debitur dapat mengecualikan “orang dalam, afiliasi, nasabah” dari penyelesaian yang mungkin mengetahui adanya pencampuran dan penyalahgunaan simpanan nasabah dan dana perusahaan, atau yang mengubah informasi KYC mereka untuk memfasilitasi penarikan ketika dana itu dihentikan.

Debitur menuturkan, pembayaran kepada pelanggan tersebut mungkin tidak mencerminkan nilai wajar klaim debitur FTX.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Eks CEO FTX Sam Bankman-Fried Habiskan Rp 17,7 Triliun untuk Biaya Sponsor hingga Sumbangan Politik

Sebelumnya diberitakan, mantan direktur teknik FTX, Nishad Singh mengatakan kepada juri dalam persidangan pada Senin, 16 Oktober 2023 Sam Bankman-Fried, pendiri pertukaran kripto FTX, menghabiskan USD 1,13 miliar atau setara Rp 17,7 triliun (asumsi kurs Rp 15.686 per dolar AS). 

Dilansir dari CNBC, Selasa (17/10/2023), dana sebanyak ini digunakan untuk segala hal mulai dari investasi real estat dan ventura hingga sumbangan kampanye dan dukungan selebriti.

Singh mengatakan dia sering menemui Bankman-Fried untuk menyuarakan keprihatinannya atas pengeluaran perusahaan. 

Menghabiskan uang FTX adalah bagian penting dari kasus penuntutan karena sebagian besar dugaan penipuan berkisar pada apa yang terjadi pada miliaran dolar dana pelanggan yang seharusnya diinvestasikan dalam kripto dan disimpan di rekening klien tetapi kemudian menghilang. 

Bankman-Fried menghadapi tujuh tuntutan pidana terkait dengan runtuhnya FTX dan Alameda, termasuk penipuan kawat, penipuan sekuritas, dan pencucian uang yang dapat membuatnya dipenjara seumur hidup. Dia mengaku tidak bersalah.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Dukungan Ratusan Juta Dolar AS

Pengadilan menunjukkan spreadsheet investasi yang dilakukan pada 2021. Investasi tersebut termasuk USD 1 miliar atau setara Rp 15,6 triliun ke Genesis untuk perusahaan pertambangan, USD 499 juta atau setara Rp 7,8 triliun untuk startup Anthropic, dan USD 200 juta atau setara Rp 3,1 triliun untuk perusahaan investasi K5.

Singh mengatakan pengeluaran K5 adalah hal yang paling meresahkan. Bankman-Fried juga memberikan bonus ratusan juta dolar kepada pemiliknya, Michael Kives dan Bryan Baum. 

Dalam sidang, juri diberikan spreadsheet terpisah mengenai kesepakatan sponsorship selebriti. Itu termasuk USD 205 juta atau setara Rp 3,2 triliun untuk arena FTX di Miami, USD 150 juta atau setara Rp 3,2 triliun untuk Major League Baseball.

Kemudian USD 28,5 juta atau setara Rp 447,1 miliar untuk Stephen Curry, USD 50 juta atau setara Rp 784,5 miliar untuk Tom Brady dan Giselle Bundchen, dan USD 10 juta atau setara Rp 156,9 miliar untuk Larry David. 

  

4 dari 4 halaman

Polisi Australia Sita Kripto Rp 23,5 Miliar dari Pengedar Narkoba

Sebelumnya diberitakan, Polisi di Australia Selatan, baru-baru ini menyita mata uang kripto senilai USD 1,5 juta atau setara Rp 23,5 miliar (asumsi kurs Rp 15.706 per dolar AS) dari tersangka pengedar narkoba di web gelap.

Penegak hukum juga menyita sejumlah besar obat-obatan dan perangkat elektronik dari seorang pria berusia 25 tahun yang tidak disebutkan namanya.

Inspektur Detektif Australia Selatan, Adam Rice mengatakan penyelidikan mengidentifikasi aktivitas terlarang di pasar web gelap, mengaitkan aktivitas tersebut dengan orang di kehidupan nyata di Australia Selatan.

“Mengidentifikasi dan melacak mata uang kripto yang digunakan dalam pelanggaran tersebut, dan pada akhirnya mengarah pada operasi pencarian dan penyitaan yang berhasil,” kata Rice, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (16/10/2023). 

Di antara beberapa obat yang disita dalam penggerebekan di sebuah rumah tinggal dan dua unit penyimpanan adalah opioid sintetis yang dikenal sebagai nitazene. 

Pihak berwenang di negara bagian tersebut khawatir obat tersebut, yang sangat beracun dan belum pernah disetujui untuk dikonsumsi manusia, dapat dikaitkan dengan dua kasus overdosis yang menyebabkan satu orang meninggal.

Sementara itu, laporan tersebut juga mengungkapkan petugas penegak hukum juga menemukan uang tunai puluhan ribu ketika mereka menggerebek lokasi di Adelaide Hills.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini