Sukses

Argentina Luncurkan Kontrak Berjangka Berbasis Indeks Bitcoin

Produk ini didasarkan pada indeks bitcoin yang didukung oleh Matba Rofex, bursa saham Argentina

Liputan6.com, Jakarta - Kontrak berjangka berbasis indeks bitcoin (BTC) pertama di Argentina dimulai pada Kamis, 13 Juli 2023 memberikan investor yang memenuhi syarat paparan kripto dengan cara yang diatur oleh otoritas lokal.

Dilansir dari Yahoo Finance, Senin (17/7/2023), produk ini didasarkan pada indeks bitcoin yang didukung oleh Matba Rofex, bursa saham Argentina yang menerbitkan peraturan kontrak dan panduan perdagangan dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Kamis.

Pada April, Komisi Sekuritas Nasional (CNV) negara tersebut mengesahkan peluncuran kontrak tersebut, dengan alasan ingin mempromosikan pengembangan produk baru dan inovatif oleh entitas yang diatur di pasar modal. Ini adalah produk kripto pertama yang disetujui oleh CNV sejauh ini.

Matba Rofex menambahkan pada awalnya, produk tersebut hanya akan diperdagangkan oleh investor yang memenuhi syarat sebagaimana ditentukan oleh CNV, dan oleh karena itu agen perantara akan bertanggung jawab untuk memverifikasi persyaratan tersebut.

Di antara peringatan tentang produk tersebut, Matba Rofex mengatakan harga aset kripto yang berfluktuasi dapat mengakibatkan kerugian finansial yang signifikan bagi pengguna, sementara itu juga mengklarifikasi CNV tidak memiliki kendali atas penyedia harga untuk indeks bitcoin.

Langkah Argentina di Kripto

Argentina menjadi salah satu negara yang memiliki paparan besar dalam kripto. Salah satunya karena inflasi terus melanda Argentina, warga negara ini beralih ke cryptocurrency sebagai tempat berlindung yang aman, mencari perlindungan dari mata uang lokal mereka yang runtuh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Warga Menuju Kripto

Argentina menghadapi tingkat inflasi yang tinggi, menyebabkan mata uang lokal mereka, peso dan lira, jatuh ke rekor terendah. Pada Maret 2023, tingkat inflasi tahunan Argentina melonjak hingga 104 persen.

Kontrol modal di Argentina semakin menghalangi penduduk untuk mengambil uang, mendorong mereka menuju cryptocurrency untuk stabilitas keuangan. 

Stablecoin, seperti USD Coin (USDC) dan Tether (USDT), yang merupakan token kripto yang dipatok satu banding satu dengan aset tradisional seperti dolar AS atau emas, telah menjadi alternatif populer bagi orang Argentina yang mencari dolar yang langka.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 5 halaman

Inflasi Meroket, Warga Argentina dan Turki Cari Perlindungan di Kripto

Sebelumnya, lantaran inflasi terus melanda Argentina dan Turki, warga negara ini beralih ke cryptocurrency sebagai tempat berlindung yang aman, mencari perlindungan dari mata uang lokal mereka yang runtuh.

Dilansir dari CryptoPolitan, Senin (8/5/2023), adopsi mata uang digital sangat tinggi di kedua negara, dengan Turki memimpin dunia dengan tingkat kepemilikan 27,1 persen, diikuti oleh Argentina sebesar 23,5 persen, secara signifikan lebih tinggi daripada tingkat kepemilikan kripto global yang diperkirakan sebesar 11,9 persen, menurut perusahaan riset GWI.

Kontrol Inflasi dan Modal Dorong Adopsi Kripto

Baik Argentina dan Turki menghadapi tingkat inflasi yang tinggi, menyebabkan mata uang lokal mereka, peso dan lira, jatuh ke rekor terendah. Pada Maret 2023, tingkat inflasi tahunan Turki mencapai 50,51 persen, sementara Argentina melonjak hingga 104 persen.

Kontrol modal di kedua negara semakin menghalangi penduduk untuk mengambil uang, mendorong mereka menuju cryptocurrency untuk stabilitas keuangan. 

Stablecoin, seperti USD Coin (USDC) dan Tether (USDT), yang merupakan token kripto yang dipatok satu banding satu dengan aset tradisional seperti dolar AS atau emas, telah menjadi alternatif populer bagi orang Argentina dan Turki yang mencari dolar yang langka.

 

4 dari 5 halaman

Adopsi Kripto

Kepala ilmuwan riset di Tribal Credit, Ehab Zaghloul menjelaskan orang mencari cara untuk melakukan lindung nilai terhadap devaluasi mata uang dengan memegang aset yang dipatok ke mata uang yang lebih kuat seperti dolar AS.

Adopsi Kripto dan Ketidakstabilan Politik Negara

Analis Kaiko Dessislava Aubert mencatat volume perdagangan untuk pasangan USDT-lira Turki mencapai tertinggi bulanan pada pekan lalu, didorong oleh melemahnya mata uang Turki dan pemilihan presiden dan parlemen yang akan datang.

Analis K33 Research menambahkan adopsi kripto umumnya cenderung lebih tinggi di negara-negara dengan pembatasan modal, ketidakstabilan keuangan, dan ketidakstabilan politik.

Meskipun Bitcoin meningkat 72 persen tahun ini, dan sempat mencapai USD 30.000 atau setara Rp 440 juta (asumsi kurs Rp 14.674 pre dolar AS), tertinggi dalam 10 bulan, volume perdagangan keseluruhan belum kembali ke level yang terlihat musim panas lalu setelah serangkaian pemain kripto runtuh. 

 

5 dari 5 halaman

Bank Rusia Siapkan RUU yang Atur Kripto untuk Ekspor-Impor

Sebelumnya, Bank Rusia sedang mengerjakan RUU yang akan memperkenalkan "rezim hukum eksperimental" untuk cryptocurrency yang akan digunakan secara eksklusif dalam kesepakatan ekspor-impor.

Hal tersebut disampaikan oleh kepala badan pengawas, Elvira Naiullina, pada Senin, 17 April 2023, menurut kantor berita Rusia TASS. "Meskipun begitu, perdagangan dan pembayaran kripto di dalam Rusia masih akan dilarang,” kata Naiullinam dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (22/4/2023).

Pemerintah negara itu juga sedang mengerjakan RUU yang akan membentuk badan nasional untuk melisensikan dan mengawasi platform mata uang kripto yang beroperasi di Rusia, tulis surat kabar lokal Vedomosti, mengutip anggota komite kebijakan ekonomi parlemen Rusia, Sergei Altukhov,. Altukhov menambahkan kode pajak baru akan diperkenalkan untuk penambang sebagai bagian dari peraturan tersebut. 

Berbicara dengan fraksi parlemen dari partai politik "New People" pada Senin, Nabiullina mengatakan rencana bank sentral mencakup pembentukan organisasi khusus yang akan ditagih dengan menambang kripto dan memproses pembayaran untuk kesepakatan perdagangan lintas batas. 

Belum jelas seperti apa organisasi-organisasi ini. BitRiver, salah satu perusahaan pertambangan terbesar Rusia, sebelumnya bermitra dengan perusahaan minyak Gazpromneft yang berafiliasi dengan negara.

Aset digital yang diterbitkan di dalam Rusia, sesuai dengan undang-undang setempat yang disahkan pada 2020, juga dapat digunakan untuk kesepakatan lintas batas yang setara dengan cryptocurrency terdesentralisasi global, tambah Nabiullina.

Bank Rusia dan Kementerian Keuangan negara tersebut sebelumnya sepakat Rusia tidak dapat menghindari penggunaan pembayaran kripto selama situasi saat ini, mengacu pada sanksi internasional yang dikenakan pada negara tersebut untuk mengecualikannya dari infrastruktur pembayaran global bertenaga dolar AS.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.