Sukses

Deretan Kripto Ini Berpotensi Menguat Selama Akhir Pekan Pertama April 2022

Ada beberapa deretan kripto yang masih berpotensi menguat selama akhir pekan pertama April 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Selama awal April 2022, pasar kripto kembali memberikan performa yang tidak terlalu bagus. Salah satu penyebabnya adalah bank sentral Amerika Serikat atau the Federal Reserve (The Fed) yang kembali mengetatkan kebijakan moneternya. 

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono, mengatakan sikap The Fed yang semakin agresif menjadi sentimen negatif bagi pasar kripto. Kenaikan suku bunga The Fed akan mengurangi likuiditas di pasar keuangan dan membuat arus modal masuk ke aset kripto semakin berkurang, karena investor mengurangi minat ke aset tersebut.

"Perilisan risalah rapat The Fed itu cukup disayangkan mengingat aset kripto seharusnya bisa melaju kencang seiring akumulasi yang dilakukan investor sejak beberapa pekan lalu. Terlebih saat ini sudah memasuki periode awal kuartal yang menjadi sentimen positif untuk masuk ke investasi kripto," kata Afid, dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/4/2022).

Meskipun tersengat sentimen negatif, Afid menjelaskan ada beberapa deretan kripto yang masih berpotensi menguat selama pekan pertama April 2022, berikut deretannya.

1. Solana (SOL)

Solana membuka daftar aset kripto berpotensi bullish pada pekan ini. Afid mengatakan pergerakan nilai SOL kemungkinan besar akan melonjak, pasca kabar integrasi NFT marketplace, OpenSea dengan Solana pada 12 April mendatang.

"OpenSea akan mengintegrasikan Solana pada April ini untuk memperluas ekosistem NFT di platformnya. Langkah ini telah lama ditunggu-tunggu oleh industri sehingga menimbulkan sentimen positif di market. Dari analisis teknikal, SOL berpeluang meningkat harganya sekitar 20 persen hingga USD 153," kata Afid.

2. PancakeSwap (CAKE)

CAKE masuk dalam daftar aset kripto bullish pekan ini dengan alasan adanya peningkatan smart contract MasterChef. Afid mengatakan MasterChef V2 yang baru  menjanjikan lebih banyak hadiah kepada para pemegang CAKE.

"PancakeSwap sedang bersiap untuk rilis MasterChef V2, smart contract yang mengontrol farming dan staking di aplikasi terdesentralisasi. Upgrade ini akan membawa berbagai peningkatan fitur. Analisis teknikal melihat pergerakan CAKE bisa melonjak hingga 23 pesen dengan harga mencapai USD 11," tutur Afid.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

NEAR hingga DAR

3. NEAR Protocol (NEAR)

NEAR Protocol (NEAR) adalah blockchain layer-one yang dirancang sebagai platform komputasi awan yang dijalankan komunitas dan menghilangkan beberapa batasan, seperti kecepatan transaksi rendah, throughput rendah, dan interoperabilitas yang buruk.

NEAR juga memiliki token utilitas asli sendiri dinamai "NEAR". Pemegang token NEAR dapat berpartisipasi dalam tata kelola on-chain dari platform NEAR, atau mereka dapat memiliki suara validator atas nama mereka. Menariknya, pekan ini NEAR masuk dalam kripto potensi bullish.

4. Cardano (ADA)

Cardano (ADA) menjadi salah satu aset berkinerja baik di 10 besar kripto berdasarkan kapitalisasi pasar selama 7 hari terakhir. Harga ADA kemungkinan akan melonjak pada pekan ini hingga 10 persen dengan harga mencapai USD 1,2 atau sekitar Rp 17.244.

Afid melihat kenaikan harga ADA didorong oleh perilisan NFT dari rapper legendaris, Snoop Dogg di jaringan Cardano. Tidak hanya itu, Cardano menandai tonggak baru dengan menambahkan lebih dari 450.000 wallet baru di Q1 2022.  Ekosistem Cardano juga memiliki hampir 900 proyek blockchain.

5. Mines of Dalarnia (DAR)

Afid melihat token DAR dalam waktu dekat berpotensi bullish. Peningkatan nilai DAR kemungkinan bisa mencapai lebih dari 24 persen dengan harga hingga USD 1,5 yang dikarenakan peluncuran Mainnet V2.0.

"Pengumuman peluncuran Mines of Dalarnia Versi 2.0 Mainnet pada 31 Maret lalu terus membawa harga DAR melonjak. Diperkirakan nilainya akan terus meningkat hingga Mainnet tersebut berhasil dirilis pada akhir April ini," ungkap Afid.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Sabtu Pagi 9 April 2022

Sebelumnya, menjelang akhir pekan pertama April 2022, harga Bitcoin dan kripto jajaran teratas terlihat masih berada di zona merah, Sabtu pagi, 9 April 2022.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Sabtu pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah 1,74 persen dalam 24 jam terakhir dan 7,27 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 42.821,55 per koin atau setara Rp 615,3 juta (asumsi kurs Rp 14.370 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) berhasil alami sedikit kenaikan, setelah beberapa hari terakhir melemah Dalam 24 jam terakhir, ETH naik 0,27 persen, tetapi masih melemah 5,77 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 3.247,52 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) yang kembali melemah setelah kemarin menguat. Dalam 24 jam terakhir BNB merosot 1,96 persen dan 3,71 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 428,26 per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) juga masih di zona merah. Dalam satu hari terakhir ADA merosot 3,33 persen dan 10,10 persen dalam sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 1,05 per koin.

Sedangkan, Solana (SOL) masih melemah sejak sepekan terakhir. Dalam satu hari terakhir SOL turun 4,27 persen dan 16,15 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 113,38 per koin.

4 dari 4 halaman

XRP-USDC

XRP yang kemarin menguat bersama Binance, kini harus kembali ke zona merah. Dalam satu hari terakhir, XRP terjerembab 2,46 persen dan 8,04 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,7636 per koin. 

Terra (LUNA) juga masih anjlok hari ini. Terra melemah 5,08 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih sedikit menguat 8,78 persen dalam sepekan. Saat ini Terra dihargai USD 96,72 per koin.

Stablecoin seperti Tether (USDT) dan USD coin (USDC), kembali mengalami pergerakan harga yang berlawanan. USDT Naik 0,02 persen dalam 24 jam terakhir, membuatnya berada di harga USD 1,00 per koin.

Sedangkan, USDC harus kembali melemah 0,01 persen dalam satu hari terakhir yang membuat harganya turun ke level USD 0,9998.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.