Sukses

Cara Menajamkan Pisau Cukur Pakai 1 Bahan Dapur, Hanya Modal Rp2000

Pisau cukur yang tumpul ternyata bisa jadi tajam kembali dengan cara ini, lho! Mari pelajari caranya.

Liputan6.com, Jakarta Seiring lamanya waktu pemakaian, ketajaman pisau cukur akan menurun. Namun, jangan buru-buru dibuang jika hal ini terjadi. 

Melansir dari akun YouTube Tukang AB, pisau cukur yang sudah mulai tumpul masih bisa diasah. Cukup menggunakan beberapa peralatan sederhana dan satu bahan yang selalu ada di dapur pisau cukur bisa jadi tajam kembali.

Apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana caranya? Berikut penjelasan selengkapnya, dirangkum pada Jumat (17/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Bahan dan Peralatan

  • Segelas air panas
  • Segelas air dengan suhu ruang
  • Sikat gigi bekas
  • Sabun cuci piring
  • Kardus bekas atau gesper
3 dari 11 halaman

Cuci Pisau Cukur

Pertama, bersihkan pisau cukur terlebih dahulu. Larutkan sabun cuci piring dengan segelas air panas. Kemudian, rendam sebentar pisau cukur dengan larutan tersebut.

4 dari 11 halaman

Gunakan Sikat Gigi Bekas

Kedua, gosok pisau cukur menggunakan sikat gigi bekas. Ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan bekas rambut yang terselip di sela-selanya, sekaligus mensterilkan pisau cukur.

5 dari 11 halaman

Bilas dengan Air Dingin

Setelah disikat, bilas pisau cukur hingga benar-benar bersih menggunakan air biasa, tidak panas dan bukan air es.

6 dari 11 halaman

Asah dengan Kardus atau Gesper

Terakhir, asah pisau cukur yang masih basah menggunakan kardus bekas atau gesper. Caranya, cukup gosokkan mata pisaunya ke permukaan kardus atau tali gesper. Gosok dengan gerakan searah hingga dirasa pisau sudah cukup kembali tajam.

7 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Pisau Cukur

8 dari 11 halaman

Kenapa Pisau Cukur Tidak Tajam?

Setiap kali dipakai, silet akan sedikit tumpul karena beberapa faktor: korosi dari air yang mengandung sadah, karat yang timbul akibat kelembapan, dan juga keausan yang umumnya terjadi.

9 dari 11 halaman

Berapa Lama Pisau Cukur Harus Diganti?

Disarankan untuk memperbarui pisau pencukur setelah digunakan sebanyak 5 hingga 10 kali. Hal ini tidak hanya karena kemungkinan kebotakan pisau, tetapi juga karena retakan yang mungkin muncul pada mata pisau.

10 dari 11 halaman

Apakah Pisau Cukur Harus Dicuci?

Menjaga alat cukur agar selalu bersih merupakan hal yang penting. Lakukanlah membersihkannya secara rutin, minimal satu kali dalam seminggu. Dengan alat cukur yang bersih, pisau akan tetap tajam dan strip gel akan tetap halus.

11 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Membersihkan Pisau Cukur?

Celupkan kepala pisau cukur ke dalam alkohol. Ayunkan pisau cukur maju dan mundur dengan energi. Dalam waktu singkat, sebagian besar bakteri yang mengganggu pada pisau akan tereliminasi. Gerakan alkohol yang meresap melalui bilah juga akan membantu menghilangkan sisa kotoran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini