Sukses

Bukan Hanya Segar, Air Kelapa Ternyata Juga Efektif Turunkan Darah Tinggi

Banyak dijumpai di Indonesia, kelapa ternyata punya segudang manfaat bagi kesehatan. Bisa turunkan darah tinggi juga, loh! Begini penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Dikenal sebagai sumber elektrolit tubuh, air kelapa selama ini telah banyak dimanfaatkan untuk memenuhi hidrasi tubuh. Rasanya yang juga manis dan menyegarkan membuatnya banyak digemari masyarakat Indonesia, terutama untuk dikonsumsi saat cuaca sedang panas. 

Tanaman yang mulai akar hingga buahnya dapat dimanfaatkan ini dipercaya ampuh untuk membantu mengontrol tekanan darah. Sehingga, tak jarang banyak disarankan untuk dikonsumsi pengidap hipertensi.

Dirangkum dari berbagai sumber pada Jumat (14/6/2024), begini penjelasan lebih lanjut tentang beragam manfaat air kelapa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Air Kelapa untuk Turunkan Darah Tinggi

Dalam air kelapa terkandung kalium yang baik untuk takanan darah. Kalium ini berperan sebagai mineral yang dapat mengendalikan tekanan darah dengan cara mengurangi kelebihan natrium tubuh yang kemudian dibuang melalui urine.

Selain itu, kalium ini juga berguna untuk menjadikan pembuluh darah rileks, sehingga aliran darah bisa lebih lancar dan tekanan darah juga dapat lebih terkendali. Tak sampai di situ, kalium ini juga berkontribusi mengatur irama denyut jantung, mendukung aktivitas saraf, mengendalikan kontraksi otot hingga metabolisme sel, dan tak lupa membantu menjaga elektrolit tubuh agar tetap seimbang.

3 dari 11 halaman

Kandungan dalam Air Kelapa

Dilansir dari salah satu sumber, berikut kandungan nutrisi dalam takaran 100 gram air kelapa:

  • Air: 95.5 g
  • Karbohidrat: 3.8 g
  • Protein: 0.2 g
  • Kalium: 149 mg
  • Kalsium: 15 mg
  • Fosfor: 8 mg
  • Natrium: 1 mg
  • Vitamin C: 1 mg
  • Energi: 17 Kal
4 dari 11 halaman

Manfaat Lain Air Kelapa

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Meski rasanya manis, air kelapa ternyata mengandung vitamin C, yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, kandungan antioksidannya juga menjadikan konsumsi air kelapa ampuh untuk mencegah risiko terkena kanker. 

2. Mencegah Batu Ginjal

Konsumsi air kelapa berkhasiat mencegah pembentukan batu ginjal. Kandungan airnya yang bersifat diuretik juga bermanfaat dalam meningkatkan produksi urine dan membersihkan saluran kencing.

3. Melancarkan Metabolisme

Dengan minum air kelapa, kebutuhan cairan tubuh dapat terpenuhi dengan baik sehingga kotoran bisa jadi lebih lunak dan mencegah terjadinya sembelit.

5 dari 11 halaman

Cara Tepat Konsumsi Air Kelapa

Kuncinya adalah tetap mengonsumsi air kelapa dalam batas wajar.  Ini karena konsumsi air kelapa secara berlebihan akan menimbulkan efek samping berupa hiperkalemia yaitu kondisi kalium dalam darah yang terlalu tinggi.

6 dari 11 halaman

Cara Memilih Kelapa yang Bagus

Berikut ada beberapa tips yang bisa dipraktikkan untuk memilih buah kelapa muda yang bagus

  1. Pastikan kelapa membal atau bergetar ketika ditepuk-tepuk. Ini mengindikasaikan bahwa kelapa mengandung banyak air dan layak untuk dikonsumsi.
  2. Pastikan saat diangkat, kelapa terasa berat. Kelapa yang berat ini menandakan kandungan air di dalamnya cukup banyak.
  3. Kocok buah kelapa dan pastika terdengar suara airnya untuk memastikan bahwa buahnya masih muda
7 dari 11 halaman

Buah Kelapa Terdiri Dari Apa Saja?

Buah kelapa yang terdiri atas sabut, tempurung, daging buah dan air kelapa tidak ada yang terbuang dan dapat dibuat untuk menghasilkan produk industri. (Suhardiono, 1993). Kelapa merupakan salah satu keluarga Palmae.

8 dari 11 halaman

Buah Kelapa Disebut Juga Apa?

Kelapa atau nyiur (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam genus Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae.

9 dari 11 halaman

Penyakit Apa Saja yang Tidak Boleh Minum Air Kelapa Muda?

Efek Samping Air Kelapa untuk Asam Lambung. Pasalnya, air kelapa mengandung kalium yang jika dikonsumsi terlalu banyak dapat memicu terjadinya hiperkalemia atau peningkatan kadar kalium dalam darah. Selain itu, kandungan kalium yang tinggi dapat memperburuk kesehatan penderita penyakit ginjal jika dikonsumsi berlebihan.

10 dari 11 halaman

Dari Mana Asal Buah Kelapa?

Tanaman kelapa diperkirakan berasal dari Amerika Selatan. Tanaman kelapa telah dibudidayakan di sekitar Lembah Andes di Kolumbia, Amerika Selatan sejak ribuan tahun Sebelum Masehi. Catatan lain menyatakan bahwa tanaman kelapa berasal dari kawasan Asia Selatan atau Malaysia, atau mungkin Pasifik Barat.

11 dari 11 halaman

Kenapa Kelapa Disebut Buah?

Nah, kelapa disebut sebagai buah berbiji karena buahnya yang memiliki penutup atau kulit yang keras untuk melindungi bagian daging buahnya. Dalam botani, istilah buah berbiji diartikan sebagai buah berdaging luar yang mengelilingi cangkang buah yang keras.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini