Sukses

Polisi di Pemalang Ketiban Berkah Jelang Iduladha, Banjir Pesanan Sapi Kurban

Menjelang Lebaran Iduladha 1445 H, Andi menuai berkah dari penjualan ternak sapi untuk dijadikan hewan kurban

Liputan6.com, Pemalang - Aiptu Andi Yoga Setiawan, anggota Polres Pemalang yang bertugas di Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) berhasil mengelola peternakan sapi di dekat tempat tinggalnya, Desa Surajaya Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang.

Menjelang Lebaran Iduladha 1445 H, Andi menuai berkah dari penjualan ternak sapi untuk dijadikan hewan kurban.

Sapi di peternakannya terdiri dari beberapa jenis, yakni sapi lokal, sapi limousin dan sapi simmental.

“Kami merintis peternakan sapi, mulai awal tahun 2022,” katanya.

Andi bersyukur peternakan sapi yang dikelolanya berjalan dengan lancar, dan berdampak positif dalam meningkatkan perekonomian keluarga.

“Alhamdulillah berjalan lancar, semua ini berkat dukungan dari keluarga, pimpinan, dan juga masyarakat sekitar,” ujarnya.

Dia tidak hanya menjalankan peternakan sapi saja, namun juga berinovasi mengolah kotoran sapi menjadi biogas.

“Biogas disalurkan dari peternakan sapi ke rumah-rumah warga melalui pipa, dengan panjang pipa sekitar 15 meter sampai 50 meter,” kata dia.

“Sedikitnya 5 rumah warga telah memanfaatkan biogas dari peternakan kami,” lanjutnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Biogas

Andi a mulai mengolah kotoran sapi menjadi biogas, setelah mendapatkan hibah peralatan untuk memproduksi biogas dari kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Harapan kami, biogas dari peternakan dapat membantu masyarakat kurang mampu, yang kerap kesulitan memenuhi kebutuhan gas elpiji,” ucap dia.

AiBiogas disalurkan dan diberikan kepada warga secara cuma-cuma alias gratis, tanpa biaya sepeserpun.

“Produksi biogas dilakukan saat pembersihan kandang, sebanyak dua kali pada pagi dan sore hari,” kata Aiptu Andi Yoga Setiawan.

Meski sukses mengelola peternakan sapi, dia tidak ingin waktunya habis hanya untuk menjalankan peternakannya saja, dan tetap fokus pada tugas pokoknya sebagai anggota Polri.

“Kami memanfaatkan waktu di luar jam dinas untuk membersihkan kandang, memberi pakan ternak dan mengolah kotoran sapi menjadi biogas,” kata Andi.

“Kemudian saat kami sedang berdinas, peternakan dikelola oleh 3 orang perawat hewan ternak, yang kami rekrut dari warga sekitar tempat tinggal kami,” ucap dia.

Andi Yoga Setiawan adalah salah satu dari beberapa anggota Polres Pemalang, yang sukses mengelola peternakan sapi dan kambing untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

“Kami selalu memberikan support dan dukungan kepada setiap anggota yang mampu memaksimalkan waktu di luar jam dinas dengan kegiatan-kegiatan yang positif, sehingga dapat bermanfaat untuk keluarga, dan juga masyarakat banyak,” kata Kapolres Pemalang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.