Sukses

Libur Idul Adha, KAI Operasikan 24 KA Tambahan

KAI juga menambah 24 KA tambahan ke berbagai relasi di Pulau Jawa untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama libur Idul Adha.

Liputan6.com, Jakarta Libur Idul Adha tahun ini tampaknya akan diwarnai dengan lonjakan mobilitas masyarakat. Hal ini terlihat dari tingginya minat masyarakat untuk menggunakan kereta api sebagai moda transportasi pilihan mereka saat libur Idul Adha.

Berdasarkan pantauan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI pada Jumat (14/6), per hari ini total tiket kereta api yang terjual untuk periode long weekend Hari Raya Idul Adha, yaitu dari 14 hingga 18 Juni 2024, telah mencapai 590.286 tiket. Angka ini setara dengan 76% dari total keseluruhan tiket yang tersedia.

"Jumlah ini menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat untuk memanfaatkan momen libur Idul Adha untuk bepergian," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, Jumat (14/6/2024).

Melihat tingginya animo masyarakat, KAI telah mempersiapkan diri dengan mengoperasikan 1.849 perjalanan kereta api selama periode long weekend, dengan rata-rata 370 perjalanan KA per hari. Selain itu, KAI juga menambah 24 KA tambahan ke berbagai relasi di Pulau Jawa untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

Rute Favorit

Rute favorit masyarakat pada periode long weekend ini adalah Jakarta - Surabaya pp, Jakarta - Solo pp, Jakarta - Malang pp, Yogyakarta - Banyuwangi pp, Blitar - Bandung pp, dan relasi lainnya.

Joni Martinus mengimbau kepada masyarakat yang ingin bepergian pada periode long weekend Idul Adha untuk segera membeli tiketnya, baik melalui aplikasi Access by KAI, website resmi KAI, maupun melalui saluran penjualan tiket resmi lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

Bagi calon penumpang yang mendapati tiket kereta api pada rute yang diinginkan telah habis, Joni menyarankan untuk memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI. Fitur ini membantu menemukan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta api yang bersifat persambungan.

Keamanan di Perlintasan Sebidang

Peningkatan frekuensi kereta api dan kendaraan bermotor di masa libur Idul Adha menjadi perhatian utama KAI. Oleh karena itu, Joni mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada saat akan melewati perlintasan sebidang jalan raya dengan jalur kereta api.

"Pastikan jalur yang akan dilalui sudah aman, tengok kanan-kiri, serta patuhi rambu-rambu yang ada," pesan Joni.

KAI berharap dengan persiapan matang dan imbauan kepada masyarakat, perjalanan mudik Idul Adha tahun ini dapat berjalan aman, lancar, dan nyaman bagi seluruh pengguna jasa kereta api.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Libur Idul Adha tanggal berapa?

Idul Adha tahun 2024 diprediksi jatuh pada tanggal 17 Juni. Penetapan ini dilakukan melalui perhitungan hisab yang dilakukan oleh Muhammadiyah. Selain itu, hasil sidang isbat yang diadakan pemerintah pada tanggal 7 Juni juga menetapkan tanggal tersebut sebagai hari Idul Adha.

Kedua lembaga ini, baik Muhammadiyah maupun pemerintah, menyepakati bahwa 10 Zulhijah pada tahun 2024 bertepatan dengan tanggal 17 Juni.

Dengan jatuhnya Idul Adha pada tanggal 17 Juni 2024, maka hari tersebut dinyatakan sebagai hari libur nasional. Secara langsung, libur Idul Adha berlangsung selama satu hari.

Selain itu, tanggal 18 Juni 2024 ditetapkan sebagai cuti bersama Idul Adha 1445 Hijriah

Namun, karena jatuh pada hari Senin, maka jika dikombinasikan dengan libur akhir pekan, libur tersebut dapat dinikmati selama tiga hari berturut-turut.

Apalagi, bagi yang mengambil cuti pada hari Jumat, maka gabungan liburnya akan semakin panjang. Dengan demikian, libur Idul Adha 2024 akan terasa lebih lama dan menjanjikan sebuah long weekend yang menyenangkan bagi banyak orang.

Libur panjang ini tentu menjadi momen yang dinanti-nantikan oleh banyak orang, baik untuk berkumpul dengan keluarga tercinta, merayakan hari besar dengan khidmat, maupun untuk bersantai dan menikmati waktu luang dengan aktivitas yang menyenangkan. Oleh karena itu, penting untuk merencanakan kegiatan selama libur Idul Adha dengan baik agar dapat maksimal menikmati momen berharga ini.

3 dari 3 halaman

Hari apakah Idul Adha?

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Zulhijjah 1445 Hijriah jatuh pada 8 Juni 2024. Dengan begitu, maka Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1445 H jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.

Keputusan itu disampaikan langsung Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI Saiful Rahmat Dasuki usai mengikuti sidang isbat yang berlangsung di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Jumat (7/6/2024).

"Sidang isbat telah disepakati bahwa 1 Zulhijah 1445 Hijriah ditetapkan jatuh pada hari Sabtu tanggal 8 Juni 2024. Dan Insya Allah Hari Raya Idul Fitri jatuh pada hari Senin tanggal 17 Juni 2024," ujar Wamenag RI Saiful Rahmat Dasuki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini