Sukses

Tak Perlu Obat Serangga, Begini Trik Sederhana Cegah Lalat Masuk Rumah Pakai 1 Alat Dapur

Hanya dengan memanfaatkan satu alat yang sering ada di dapur saja, cara sederhana dari warganet Instagram ini efektif mencegah lalat masuk ke rumah. Yuk, cari tahu cara detailnya.

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan lalat di rumah, terutama di area dapur dan meja makan tentu sangat mengganggu. Selain itu, lalat yang dikenal sebagai hewan yang kotor dan membawa bakteri juga berisiko menimbulkan penyakit jika menghinggapi makanan di rumah.

Hal ini bisa diatasi salah satunya dengan menyemprotkan cairan pembasmi serangga yang banyak dijual di pasaran. Namun, bagaimana untuk lalat yang banyak berada di area tempat makan? Tempat menyemprotkan obat serangga juga cukup berisiko mengenai makanan yang ada. 

Maka dari itu, seorang warganet Instagram @cutsyansyahnan memberikan tips mencegah lalat masuk ke rumah tanpa obat-obatan kimia. Yuk simak informasinya lebih detail dalam penjelasan yang dirangkum pada Jumat (14/6/2024) berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Bahan dan Peralatan

Dalam video reel singkatnya, @cutsyansyahhnan hanya mengandalkan satu bahan, yaitu alumunium foil. Untuk memaksimalkan fungsinya, ia juga menambahkan air dan menggunakan kantong plastik.

3 dari 10 halaman

1. Siapkan Gumpalan Aluminium Foil

Pertama, siapkan dulu gulungan aluminium foil yang ada. Kemudian gunting beberapa lembar dan bentuk menjadi bulatan-bulatan seperti bola.

4 dari 10 halaman

2. Siapkan Air

Selanjutnya, siapkan kantong plastik agak besar, sekitar ukuran setengah kilo, lalu isi dengan air kran.

5 dari 10 halaman

3. Gabungkan Kedua Bahan

Langkah ketiga, masukkan bola-bola aluminium foil ke dalam kantong plastik berisi air, dan ikat plastik rapat-rapat agar airnya tidak tumpah.

6 dari 10 halaman

4. Gantungkan di Ventilasi Rumah

Terakhir, tinggal gantungkan beberapa kantong plastik berisi air dan bola-bola aluminium foil tersebut di ventilasi-ventilasi rumah, seperti pintu dan jendela. Selamat mencoba!

7 dari 10 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Lalat

8 dari 10 halaman

Apa Manfaat dari Lalat?

Walaupun lalat menyebabkan berbagai masalah bagi manusia dan sering kali menimbulkan rasa jijik, serangga ini memiliki peran krusial dalam penyerbukan beberapa jenis tanaman di sektor hortikultura, serta mampu meningkatkan produksi benih.

9 dari 10 halaman

Apa yang Dimakan Lalat?

Ketika telah dewasa, lalat mencari nektar dari tumbuhan sebagai sumber nutrisi. Lalat tachinid mengonsumsi nektar saat dewasa, namun larvanya memangsa serangga lain. Sedangkan, lalat goni mengonsumsi rumput, dan lalat bot memakan jaringan dari hewan.

10 dari 10 halaman

Apa yang Dilakukan Lalat saat Hinggap?

Ketika mendarat, patogen seperti bakteri, virus, dan parasit dapat dengan mudah ditransmisikan ke manusia melalui kaki dan bulu halus di tubuh lalat. Ketika mendarat, lalat akan melakukan grooming, yaitu menggosok-gosokkan kakinya. Grooming ini bertujuan untuk membersihkan reseptor pada bulu dan rambut halus di kaki lalat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.