Sukses

Sudah Standar FIFA, GBT Siap Jadi Kandang Timnas di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Mempora membeberkan pencapaian yang diraih timnas karena menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang berhasil menembus putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, merupakan hasil yang luar biasa dari kemajuan penggawa asuhan STY.

Liputan6.com, Surabaya - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memastikan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya telah memenuhi standar FIFA dan siap digunakan sebagai kandang timnas Indonesia di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada September 2024.

"Bung Tomo sudah qualified sebagai FIFA dan kemarin sudah dipakai untuk U-17. Saya rasa persiapannya pasti siap dan pasti prima," kata Dito, Kamis 13 Juni 2024.

Lebih jauh, Dito yakin tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia bisa masuk Piala Dunia 2026 dengan skuad yang dimiliki oleh Shin Tae-yong (STY) sekarang.

Dia membeberkan pencapaian yang diraih timnas karena menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang berhasil menembus putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, merupakan hasil yang luar biasa dari kemajuan penggawa asuhan STY.

"Pastinya ini suatu progress yang sangat baik dan kami harus berbangga, karena ini merupakan sejarah juga dari sepak bola Indonesia sebab lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026," kata Dito.

Menurut dia, permainan timnas Indonesia saat ini telah banyak mengalami kemajuan yang signifikan, meski di beberapa aspek memang masih perlu ada peningkatan.

Dia membeberkan, permainan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan saat ini menunjukkan permainan atau game play yang bagus dan menjadi enak ditonton penikmat sepak bola Tanah Air.

"Tapi mungkin catatan saya Indonesia perlu memperkuat lini depan dan penyerangnya, tetapi saya yakin sudah menjadi pertimbangan dan evaluasi dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI)," ujar menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tamu Negara Paus Fransiskus

Sebelumnya, Ketua Persatuan Olahraga Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengatakan laga FIFA matchday timnas Indonesia pada September 2024 yang sebelumnya dijadwalkan akan berlangsung di Jakarta dipindahkan ke Surabaya.

"Kita (Timnas Indonesia) tidak main di GBK (Stadion Utama Gelora Bung Karno) karena ada kedatangan tamu negara Sri Paus," ujar Erick di Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Pemimpin tertinggi umat katolik dunia Paus Fransiskus dijadwalkan akan mengunjungi Indonesia pada 3 September 2024 sehingga pemerintah melakukan berbagai persiapan untuk mendukung agenda kunjungan tersebut.

Untuk mendukung kunjungan tamu penting negara itu, kata Erick, pertandingan Timnas Indonesia yang dijadwalkan pada September akan dipindahkan ke Surabaya.

"Jadi ini jangan menjadi polemik, karena yang berkunjung ini tamu negara, tokoh dunia ya kita harus mengerti, jadi kita (timnas Indonesia) bermain di Surabaya," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.