Sukses

8 Potret Makam Tertua di Dunia, Kebanyakan Tersembunyi di Dalam Gua

Sepanjang sejarah yang berlaku, orang-orang dari berbagai macam budaya dan agama telah mendirikan makam dengan berbagai jenis dan bentuk. Faktanya, konsep makam ini telah ada sejak lama, ribuan tahun yang lalu bahkan. Yuk, simak makam-makam tertua yang ada di dunia!

Liputan6.com, Jakarta Pada zaman prasejarah, tradisi pemakaman seringkali melibatkan penguburan individu yang meninggal di dalam rumah mereka, bersama dengan barang-barang pribadi. Praktik ini mencerminkan keyakinan masyarakat saat itu akan pentingnya benda-benda tersebut bagi perjalanan roh di kehidupan setelah mati. Seiring berjalannya waktu, konsep pemakaman pun berevolusi.

Masyarakat mulai membangun makam di luar rumah atau halaman mereka, menciptakan area khusus untuk menghormati dan mengenang orang-orang yang telah meninggal. Barang-barang yang ditempatkan di makam juga semakin bervariasi, menyesuaikan dengan kepercayaan dan budaya masing-masing masyarakat.

Perkembangan tradisi pemakaman ini menghasilkan berbagai bentuk makam kuno yang telah bertahan ribuan tahun di berbagai belahan dunia. Makam-makam tersebut tidak hanya berfungsi sebagai tempat peristirahatan terakhir, tetapi juga sebagai cerminan dari periode sejarah, praktik budaya, dan kepercayaan agama yang berbeda.

Berikut daftar makam tertua di dunia seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 14 halaman

Makam Loughcrew Passage

Makam Loughscrew Passage terdiri dari 32 makam yang tersebar di empat gunung yang berbeda, yaitu Patrick Town, Carrickbrack, Carnbane West, dan Carnbane East. Identifikasi makam dilakukan dengan menggunakan huruf alfabet Inggris mulai dari Cairn A1 di Carnbane West hingga Cairn Y di Patrick Town. Makam-makam ini diyakini telah ada sejak sekitar tahun 3300 SM.

3 dari 14 halaman

Quanterness Chambered Cairn

Quanterness Chambered Cairn adalah sebuah gundukan rumput setinggi 10 kaki yang terletak di Daratan Orkney, Skotlandia. Di bawah gundukan tanah ini, terdapat sisa-sisa rumah bundar dari zaman besi. Makam ini terdiri dari satu bilik panjang dan enam bilik samping. Terdapat sebuah lorong masuk yang membentang dari ujung timur piramida menuju ke ruang utama. Pendeta George Barry pertama kali menggali piramida ini sekitar tahun 1796. Quanterness Chambered Cairn dibangun sekitar 3400 SM.

4 dari 14 halaman

Knowe of Yarso Chambered Cairn

Makam Neolitikum Knowe of Yarso Chambered Cairn berada di Orkney, Skotlandia. Ini adalah salah satu dari 15 makam yang ditemukan di pulau Rousey. Terletak di atas punggung bukit dekat puncak yang curam, makam ini menampung sebuah monumen pemakaman berukuran 26 kaki x 6 kaki 7 inci.

5 dari 14 halaman

Stoney Littleton Long Barrow

Stoney Littleton Long Barrow adalah gundukan tanah panjang berbentuk trapesium yang menutupi ruangan-ruangan di dalamnya. Penemuan pertama makam ini dilakukan oleh seorang petani lokal sekitar tahun 1760. Makam tersebut kemudian dibuka oleh mereka untuk mengambil batu yang digunakan dalam pembangunan jalan.

6 dari 14 halaman

West Kennet Long Barrow

West Kennet Long Barrow terletak dekat dengan Avebury, di Wiltshire, Inggris. Situs makam berbentuk gerobak berbilik ini merupakan bagian dari kelompok Cotswold-Seven. Dibangun oleh komunitas penggembala setelah pertanian diperkenalkan ke Inggris, makam ini mengandung jenazah manusia dari berbagai kelompok usia dan jenis kelamin, termasuk pria, wanita, anak-anak, dan orang dewasa.

7 dari 14 halaman

Dolmen Menga

Dolmen Menga terletak dekat Antequera, Malaga, Spanyol. Ini adalah salah satu dari bangunan megalitik kuno yang terbesar. Dolmen Menga memiliki panjang 90 kaki, lebar 20 kaki, dan tinggi 11 kaki.

8 dari 14 halaman

Tumulus Saint-Michel

Tumulus Saint-Michel adalah situs gundukan makam megalitik yang telah ada sejak tahun 4500 SM, terletak di Timur Carnac di wilayah Brittany, Perancis. Ini adalah salah satu gundukan makam terbesar di Eropa, terbuat dari campuran tanah dan batu, dengan dimensi mencapai 410 kaki panjangnya, 160 kaki lebarnya, dan tingginya mencapai 33 kaki.

9 dari 14 halaman

Tumulus Bougon

Tumulus Bougon adalah makam tertua di dunia. Struktur paling awal dari Tumulus Bougon diperkirakan berasal dari sekitar tahun 4800 SM. Ini terdiri dari kelompok lima gerobak Neolitikum yang terletak di dataran tinggi batu kapur di Bougon, Perancis.

10 dari 14 halaman

Kapan Siti Fatimah Binti Maimun Meninggal?

Fatimah binti Maimun bin Hibatullah adalah seorang perempuan beragama Islam yang wafat pada hari Jumat, 7 Rajab 475 Hijriyah (2 Desember 1082 M).

 

 

11 dari 14 halaman

Nisan Siapakah yang ditemukan di Leran Gresik Tersebut?

Alik Al Azhim menjelaskan dalam buku Kerajaan-Kerajaan Islam di Jawa, hal tersebut diketahui dengan ditemukannya batu nisan Makam Fatimah binti Maimun. Baca juga: Peninggalan Sejarah Masjid Ternate, Berasal dari Kerajaan Tertua Indonesia? Batu nisan ini ditemukan di wilayah Leran, Gresik, Jawa Timur.

12 dari 14 halaman

Apa Nama Makam Pertama Kali yang Ditemukan di Jawa?

Sebuah makam menjadi bukti awal masuknya Islam di Jawa. Makan tersebut ditemukan atas nama Maimun pada tahun 1082 M. Lokasi makam adalah di Desa Leran, Kecamatan Manyar, Gresik. Nama Leran atau Liran tersebut adalah nama sebuah tempat di Persia.

13 dari 14 halaman

Sejak Kapan Islam Masuk ke Tanah Jawa?

Menurut beberapa ahli, diperkirakan Islam masuk Jawa sekitar abad ke-11 dengan bukti adanya makam Fatimah Binti Maimun di Desa Leran Kabupaten Gresik yang berangka tahun 475 H (1085 M). Makam tersebut juga menunjukkan bahwa pada abad ke-11 pantai Utara Jawa sudah mulai didatangi orang- orang Timur Tengah.

 

14 dari 14 halaman

Dimana LPetak Makam-makam Pada Zaman Kebudayaan Islam?

Makam-makam Islam berlokasi di dataran dekat masjid agung, bekas kota pusat kesultanan. Beberapa contoh makam Islam dekat masjid, pusat kota atau kesultanan adalah: makam sultan-sultan Demak di samping Masjid Agung Demak Jawa Tengah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.