Sukses

Restoran Ini Punya Keju Termahal di Dunia, Harganya Setengah Miliar Lebih, Apa Istimewanya?

Sebuah restoran di Spanyol baru-baru ini mengeluarkan uang sebanyak $32.800 (Rp 534.028.280) untuk melelang sepotong keju buatan tangan seberat 2,2 kg. Keju yang dilelang tersebut akhirnya memecahkan rekor untuk potongan keju termahal di dunia. Yuk, simak fakta lengkap tentang sepotong keju termahal di dunia ini!

Liputan6.com, Jakarta Restoran Llagar de Colloto di Spanyol baru-baru ini mencapai prestasi luar biasa dengan memperoleh keju termahal di dunia. Dalam sebuah pelelangan, mereka membayar sebesar $32.800 (sekitar Rp 534.028.280) untuk sebuah potongan keju Cabrales. Keju Cabrales ini merupakan keju buatan tangan yang sangat dihargai dan dianggap sebagai yang terbaik di dunia. Apa yang membuat keju Cabrales begitu istimewa hingga menarik perhatian restoran ini dan memotivasi mereka untuk mengeluarkan jumlah uang yang sangat besar?

Berikut ini fakta lengkap tentang potongan keju termahal di dunia yang didapatkan oleh restoran Spanyol, dikutip dari odditycentral.com (30/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Kontes Potongan Keju Cabrales Terbaik

Setiap tahun, pada akhir bulan Agustus, Las Arenas de Cabrales menggelar kompetisi rutin di mana potongan terbaik dari keju Cabrales akan dilelang kepada penawar tertinggi. Pada tahun ini, Llagar de Colloto, sebuah restoran di Oviedo, Spanyol, membayar $32.800 (setara dengan Rp 534.028.280) untuk sebuah potongan keju Cabrales yang dibuat secara manual.

Keju dengan harga yang tinggi tersebut dibuat dari campuran susu sapi dan kambing, kemudian dimatangkan selama beberapa bulan di gua di pegunungan Los Picos de Europa. Produk ini berasal dari pabrik keju Los Puertos di Poo de Cabrales. Potongan keju seberat 2,2 kg ini juga dipilih oleh juri sebagai yang terbaik dari lima belas produsen lainnya yang ikut dalam kompetisi tersebut, menjadikannya objek yang paling diinginkan dalam lelang berikutnya.

3 dari 9 halaman

Restoran Spanyol Llagar de Colloto

Restoran Spanyol, Llagar de Colloto, telah menjadi juara dalam pelelangan untuk mendapatkan keju Cabrales terbaik selama beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2018, mereka membayar 14.300 euro (sekitar Rp 249.081.939) untuk memenangkan kontes tersebut. Tahun berikutnya, mereka mengeluarkan 20.500 euro (sekitar Rp 357.085.383) untuk merebut kembali gelar tersebut. Dan tahun ini, sekali lagi, mereka mencatatkan rekor dunia sebagai pembayar tertinggi untuk sepotong keju, menjadikannya keju termahal di dunia.

4 dari 9 halaman

Keju Cabrales

Cabrales adalah jenis keju alami yang diproduksi secara manual dari susu sapi mentah atau campuran dua hingga tiga jenis susu, seperti susu sapi, domba, dan kambing. Proses pembuatannya melibatkan penyimpanan dan pematangan dalam gua alami di Picos de Europa selama beberapa bulan. Lingkungan lembab di dalam gua memungkinkan pertumbuhan jamur yang mirip dengan penisilin, yang memberikan keju ciri khas garis-garis dan bintik-bintik biru kehijauan.

5 dari 9 halaman

Kenapa Keju Pule Mahal?

Keju pule ini mahal karena bahan pembuatannya langka. Jadi, tak heran jika keju ini bisa disebut sebagai barang mewah dan bukan bahan pangan yang dijual umum di pasaran.

 

 

 

6 dari 9 halaman

Keju Apa yang Paling Mahal di Dunia?

Wyke Farms Cheddar, harga keju ini mencapai 200 dollar Amerika atau sekitar 2,8 juta rupiah per 500 gram. Keju ini diproduksi oleh keluarga Wyke di Inggris sejak tahun 1860 an. Keju ini memiliki rasa yang kuat dan butuh waktu 12 bulan untuk mewujudkan rasa optimal.

7 dari 9 halaman

Apa Keju Terenak di Dunia?

Keju Nidelven Blå ditetapkan sebagai peraih penghargaan World Cheese Award 2023 sebagai keju terbaik di dunia.

8 dari 9 halaman

Keju Berasal dari Negara Apa?

Mitologi Yunani Kuno menyebutkan Aristaeus sebagai penemu keju. Odyssey tulisan Homer (800 SM) mengatakan bahwa Cyclops membuat keju dengan menggunakan dan menyimpan susu domba dan kambing. Keju dari susu kambing merupakan komoditas yang penting di Yunani.

 

 

9 dari 9 halaman

Kenapa Ada Keju yang Mahal?

Keju dengan kualitas premium harganya mahal, lantaran terbuat dari susu pilihan serta proses pembuatan yang rumit. Keju merupakan salah satu bahan makanan favorit yang banyak digemari orang-orang. Tidak heran, hampir semua jenis hidangan memiliki varian yang menggunakan keju sebagai tambahannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.