Sukses

Bukan Pakai Jeruk Nipis, Ini Cara Cuci Ayam Agar Bersih Optimal dan Tidak Bau Amis

Membersihkan ayam agar benar-benar bersih dan tidak bau rupanya tidak memerlukan jeruk nipis. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai salah satu sumber protein yang terjangkau dan mudah diolah, daging ayam sering kali dipilih menjadi lauk sehari-hari masyarakat Indonesia.

Meskipun begitu, tidak jarang daging ayam malah mengeluarkan bau amis yang sangat mengganggu. Ternyata bau amis tersebut disebabkan oleh sisa darah ayam. Jika tidak dibersihkan dengan tepat, bau amis ini akan tetap tercium bahkan ketika ayam sudah matang sekalipun.

Guna membersihkan daging ayam, ada satu bahan yang direkomendasikan oleh seorang warganet YouTube dengan kanal DwimonicaKitchen77. Tanpa menggunakan jeruk nipis, caranya akan dirangkum pada Kamis (16/05/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Bekukan Ayam Terlebih Dahulu

Seperti yang sudah disebutkan, bau amis pada ayam berasal dari sisa darah ayam. Cara paling mudah untuk mengeluarkan sisa-sisa darah tersebut adalah dengan membekukan daging ayam, agar darahnya mengendap dan keluar dengan sendirinya.

Oleh karena itu, daging ayam harus dimasukkan ke dalam freezer sampai beku. Jika sudah beku, semua potongan daging ayam bisa dikeluarkan dan dikumpulkan dalam baskom.

3 dari 11 halaman

Tambahkan Garam

Langkah selanjutnya adalah menambahkan garam sekitar dua sendok makan pada potongan daging ayam di dalam baskom.

Garam sendiri digunakan karena kebanyakan jenis bakteri, jamur atau organisme lain tidak akan bertahan pada area yang mengandung kandungan garam yang tinggi.

4 dari 11 halaman

Rendam dengan Air

Tuang air ke dalam baskom sampai penuh dan semua potongan ayam terendam. Dengan begitu, darah ayam secara perlahan akan naik ke permukaan secara perlahan.

Setelah mulai banyak darah yang keluar, remas-remas daging ayam. Baru Sesudah itu air rendaman diganti dengan yang baru.

5 dari 11 halaman

Tambahkan Perasan Lemon

Jadi, lemon adalah bahan pengganti jeruk nipis yang dinilai sama-sama mengandung keasaman yang tinggi untuk menghilangkan bakteri dan bau amis pada daging ayam.

Siapkan ½ buah lemon saja lalu peraskan ke dalam rendaman ayam. Lalu, bilas dan remas-remas ayam sampai benar-benar bersih. Dengan begitu, daging ayam akan terbebas dari bakteri dan bau amis.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Bau Amis pada Ayam

7 dari 11 halaman

Kenapa Ayam Bau Amis?

Ayam mengandung banyak protein dan sedikit lemak, menguntungkan bagi kesehatan. Namun, seringkali memiliki aroma yang kurang sedap, disebabkan oleh sisa darah dan kotoran yang masih menempel. Aroma tersebut dapat mengurangi kenikmatan saat disantap.

8 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Amis pada Ayam?

Untuk menghilangkan bau amis pada ayam, cara yang paling sederhana adalah menggunakan garam. Hanya dengan menaburkan garam pada daging ayam, tetapi perlu diingat agar tidak meninggalkannya terlalu lama karena bisa membuat rasa menjadi terlalu asin.

9 dari 11 halaman

Ayam yang Sudah Bau Apakah Boleh Dikonsumsi?

Memakan daging ayam yang telah mengalami kebusukan dapat mengakibatkan gangguan pencernaan yang disebabkan oleh makanan, yang juga sering disebut sebagai keracunan makanan. Ayam yang telah kadaluwarsa memiliki kemungkinan besar menimbulkan keracunan makanan karena kemungkinan terkontaminasi oleh berbagai bakteri seperti Campylobacter, Salmonella, dan lainnya.

10 dari 11 halaman

Ayam Sudah Bau Apakah Masih Bisa Dimasak?

Perlu dicatat bahwa ayam yang berbau tidak sedap tidak akan menimbulkan penyakit jika dimasak dengan benar. Artinya, meskipun ayam tercium tidak enak, namun masih dapat dimasak. Mayoritas perubahan karena pembusukan umumnya terjadi di permukaan makanan.

11 dari 11 halaman

Apakah Bawang Putih Bisa Menghilangkan Bau Amis pada Ayam?

Dalam memasak air rebusan, berikan tambahan seperti jahe, bawang putih, bawang bombay, daun salam, atau sereh. Penggunaan bumbu-bumbu ini tidak hanya akan meningkatkan aroma yang sedap, melainkan juga dapat mengurangi bau tidak sedap pada daging ayam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.