Sukses

Tanpa Direbus Dulu, Begini Trik Bikin Daging Jadi Empuk Gunakan 1 Jenis Tepung

Memasak daging sapi agar teksturnya empuk ternyata tidak sulit, lho! Cukup marinasi daging dengan satu jenis tepung ini. Begini penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Daging sapi merupakan salah satu sumber protein hewani yang banyak digemari. Rasanya yang enak membuat daging sapi banyak dikreasikan jadi berbagai menu makanan, seperti soto, bakso, sate, dan masih banyak lagi. 

Akan tetapi, tak sedikit orang yang kurang efisien dalam mengolah daging sapi. Salah satunya adalah dengan merebus daging terlalu lama dengan tujuan agar teksturnya bisa lebih empuk.

Melansir dari kanal YouTube Ina Setiawati, ternyata cukup menggunakan satu jenis tepung ini, tekstur daging bisa jadi lembut ketika dimasak. Berikut penjelasan selengkapnya, dirangkum pada Kamis (16/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • 300 gram daging sapi potong dadu
  • 2 sdm tepung tapioka
3 dari 12 halaman

Taburi Daging dengan Tepung

Pertama-tama, taruh daging ke piring atau mangkuk. Lalu, taburkan dua sendok makan tepung tapioka. Pastikan seluruh permukaan daging terkena tepung. 

4 dari 12 halaman

Kulkas Selama 30 Menit

Langkah kedua, marinasi daging selama 30 menit. Simpan di kulkas agar tepung tapioka meresap dengan baik ke serat-serat daging. 

5 dari 12 halaman

Cuci Daging

Langkah terakhir, setelah 30 menit dimarinasi dalam kulkas, ambil dan cuci daging hingga bersih. Daging sapi pun siap diolah menjadi berbagai hidangan sesuai selera. 

6 dari 12 halaman

Manfaat Daging Sapi untuk Kesehatan

Dilansir dari situs Halodoc, berikut beberapa manfaat mengonsumsi daging sapi:

  1. Mencegah anemia
  2. Meningkatkan sistem imun tubuh
  3. Mengoptimalkan fungsi otot tubuh
  4. Menyehatkan organ reproduksi
  5. Menyehatkan tulang
7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Mengolah Daging

8 dari 12 halaman

Apakah Air Rebusan Daging yang Pertama Harus Dibuang?

Tidak hanya perlu untuk meningkatkan keotentikan rasa kaldu daging, tetapi juga menjaganya lebih bersih dan higienis. Air rebusan awal dapat mengandung sisa darah dan kotoran dari daging, sehingga harus dibuang dengan tegas.

9 dari 12 halaman

Mengapa Busa yang Ada Dalam Air Rebusan Daging Harus Dibuang?

Banyak faktor yang menyebabkan buih harus dibuang. Salah satunya adalah karena memberikan rasa yang kurang enak. Saat kaldu ayam atau daging dimasak, timbulnya buih bisa mengakibatkan rasa yang kurang sedap pada kaldu. 

10 dari 12 halaman

Bagaimana Cara Memilih Daging yang Masih Segar?

Mengidentifikasi kualitas daging bisa dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, yaitu melalui warnanya. Daging sapi yang segar dan bagus memiliki warna merah yang cerah dan segar. Keadaan daging juga dapat dilihat dari kecerahannya dan kebersihannya.

11 dari 12 halaman

Daging Sapi yang Empuk Bagian Apa?

Tenderloin, yaitu bagian belakang sapi. Bagian ini memiliki tekstur yang paling empuk dibanding bagian daging sapi yang lainnya.

12 dari 12 halaman

Mengapa Buah Pepaya Muda Dapat Melunakkan Daging?

Dari zaman dahulu, orang telah meyakini bahwa buah pepaya memiliki kemampuan untuk mengempukkan daging karena mengandung enzim papain dalam getahnya yang dihasilkan oleh daun, buah, dan batang pepaya. Buah pepaya (Carica papaya L.) adalah salah satu jenis buah dari tanaman yang menghasilkan enzim protease.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.