Sukses

Baznas Berangkatkan Tim Tanggap Bencana ke Lokasi Bencana Sumbar

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berangkatkan tim Baznas Tanggap Bencana (BTB) ke lokasi bencana di Sumatera Barat (Sumbar) pada hari ini, Kamis (16/5/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berangkatkan tim Baznas Tanggap Bencana (BTB) ke lokasi bencana di Sumatera Barat (Sumbar) pada hari ini, Kamis (16/5/2024).

Tim tanggap bencana yang diberangkatkan tersebut berjumlah 30 personel dan 5 armada.

"Tim ini dilengkapi beberapa kendaraan seperti dapur umum hingga klinik mobile agar dapat menjangkau seluruh tempat bencana," ujar Ketua Baznas RI Noor Achmad di Kantor Baznas RI, Jakarta Timur, Kamis (16/5/2024).

"Dari pusat ada lima (armada) yang berangkat," jelas dia.

Tim Baznas Tanggap Bencana (BTB) yang diberangkatkan hari ini merupakan tim ketiga. 2 tim BTB sudah berada di lokasi bencana Sumbar sebelumnya. Hal ini disampaikan Pimpinan Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas RI Saidah Sakwan.

"Perlu kita laporkan bahwa tim kemanusiaan ini adalah tim ketiga yang akan menyusul dua tim yang sudah ada di lokasi," kata Saidah.

Selain itu, tim ini akan berkoordinasi dengan Baznas daerah setempat dalam hal tanggap bencana di Sumbar.

"Kemudian sempanjang perjalanan, temen-temen juga mengajak tim dari Lampung, kemudian tim dari Padang," pungkas Saidah.

Sebelumnya, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani memberikan bantuan dana kemanusiaan kepada Palestina senilai Rp 300 juta.

Adapun, dana ini didapat dari hasil pelelangan sapi piala Wakil Ketua MPR yang digelar oleh Asosiasi Penggemuk dan Pedagang Sapi Indonesia (APPSI) beberapa waktu lalu senilai Rp250 juta.

Sisanya, salah satu kader Gerindra menambahkan Rp 50 juta, sehingga total dana bantuan untuk Palestina menjadi Rp 300 juta.

"Bantuan ini memang tidak seberapa dengan korban jiwa dan kerusakan yang dialami oleh saudara-saudara kita di Palestina. Tapi ini sebagai wujud untuk mengetuk seluruh hati masyarakat Indonesia untuk turut memberikan solidaritas kepada saudara-saudara kita di Palestina," kata Muzani, di kantor Baznas, Matraman, Jakarta, Rabu 15 Mei 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sapi yang Dilelang

Muzani menjelaskan, sapi yang dilelang merupakan sapi miliknya yang telah dia pelihara selama tahunan. Berat sapi itu mencapai 1 ton lebih.

Menurutnya, perhatiannya terhadap para peternak dan penggemuk sapi merupakan bentuk apresiasi atas partisipasi dalam pemenuhan kebutuhan daging nasional.

"Saya pelihara sapi itu sudah lama, karena untuk merebutkan piala Wakil Ketua MPR saya bawa sapi itu karena bagian dari apresiasi kami atas kehadiran para peternak sapi dari seluruh Indonesia di acara APPSI kemarin. Karena selama ini mereka bekerja untuk pemenuhan ketersediaan sapi nasional dengan tenang dan aman," ujar Muzani.

Dia pun menuturkan, para peternak sapi tidak akan berhasil apabila kondisi negara Indonesia tidak dalam keadaan baik-baik saja seperti konflik yang terjadi di Palestina.

"Jadi dari apa yang terjadi saudara-saudara kita di Palestina maka saya ikut lelang sapi, dan seluruh dananya kami niatkan untuk sumbangkan bagi perjuangan kemanusiaan di Palestina," ucap dia.

"Memang Baznas salah satu lembaga yang rutin menyalurkan dana bantuan ke sana, ada juga Lazis yang dipimpian Pak Sodik, ada juga lembaga-lembaga lain. Ini adalah dukungan yang diberikan kami para peternak sapi bagi rakyat Palestina melalui," jelas Muzani.

 

3 dari 3 halaman

Prabowo Juga Peduli Palestina

Muzani mengatakan, Indonesia memang salah satu negara yang aktif memberikan dukungan politik dan kemanusiaan kepada rakyat Palestina.

"Tentu penyalurannya butuh waktu dan tempat yang tepat karena masuk kesana itu butuh strategi karena bertaruh denyan keselamatan kita. Kita berdoa supaya bantuan ini bisa sampai kepada seluruh rakyat Palestina," imbuhnya.

Dia menegaskan, begitu pun sikap Presiden terpilih Prabowo Subianto yang tidak akan bergeser sedikit pun atas kepedulian dan perhatian yang tinggi kepada Palestina.

"Indonesia memang salah satu negara yang luar biasa memberikan dukungan bantuan kemanusiaan dan politik kepada Palestina. Kita mendukung penuh agar Palestina menjadi anggota Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Dan Preisden terpilih Pak Prabowo Subuanto juga tidak akan bergeser dalam dukungannya kepada negara Palestina," ujar Muzani.

Muzani juga akan melelang sapi miliknya kembali berjenis Limosin dengan berat 1,150 kg yang dananya nanti akan disalurkan kepada korban bencana alam lahar dingin di Sumatera Barat.

"Saya akan lelang lagi sapi saya untuk disumbangkan kepada saudara kita di Sumatera Barat yang terkena bencana banjir lahar dingin dan saya akan salurkan melalui Baznas. Berapapun yang laku nanti semuanya akan kami sumbangkan kepada korban bencana alam di Sumatera Barat," papar Muzani.

Sementara Ketua Baznas Noor Achmad mengatakan, Baznas juga telah membuka open donasi untuk bantuan terhadap korban bencana alam di Sumantera Barat.

"Mulai hari ini Insya Allah open donasi untuk korban bencana saudara-saudara kita di Sumatera Barat akan kita buka, bismillah," tutupnya.

Dalam kegiatan ini, turut mendampingi sejumlah anggota DPR Frkasi Gerindra yakni Sodik Mujahid, Abdul Wachid, Nafisa, Obon Tabroni, dan sejumlah anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Gerindra, Adnan Taufiq, Setyoko, dan Bhineka Putra Linanta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.