Sukses

Profil Kevin Sanjaya Sukamuljo, Atlet Bulu Tangkis yang Memutuskan Gantung Raket Menyusul Rekannya Marcus Gideon

Kevin Sanjaya Sukamuljo memutuskan gantung raket menyusul rekannya, Marcus Gideon

Liputan6.com, Jakarta Bulu tangkis merupakan olahraga yang sangat populer di Indonesia, dan Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil menjadi salah satu bintangnya. Dilahirkan pada tanggal 2 Agustus 1996 di Banyuwangi, Jawa Timur, Kevin mulai menunjukkan bakatnya dalam bulu tangkis sejak usia muda.

Kevin Sanjaya Sukamuljo memulai karirnya sebagai pemain tunggal putra, namun kemudian beralih ke nomor ganda putra. Bersama pasangannya, Marcus Gideon, mereka membentuk duet yang sangat tangguh dan sulit dikalahkan. Kombinasi kecepatan, kekuatan, dan kecerdikan mereka dalam bermain membuat mereka menjadi pasangan yang menakutkan bagi lawan-lawannya.

Pada Kamis (16/5/2024), Kevin Sanjaya memutuskan untuk pensiun dari badminton. Keputusannya itu disampaikan oleh perwakilan PBSI. 

"Tentang Kevin, pada saat saya kembali dari tur Eropa, saya ada komunikasi dengan pelatih, dan saya minta waktu Kevin untuk ketemu di tanggal 6 April," kata Ricky dalam jumpa pers, sebagaimana dilansir dari Antara.

"Intinya Kevin menyatakan pamit dari pelatnas. Kita hormati keputusan dan waktu Kevin. Kita juga mengapresiasi prestasi Minions yang sudah meniadi nomor satu dunia dalam waktu yang lama, dan menyumbangkan banyak gelar untuk Indonesia," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil dan prestasi Kevin Sanjaya Sukamuljo

Kevin lahir pada 2 Agustus 1995 di Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Ia merupakan keponakan dari mantan pemain ganda putra nomor 1 dunia, Alvent Yulianto. Kevin memulai belajar bulu tangkis sejak usia dua setengah tahun dengan melihat ayahnya bermain di lapangan di belakang rumah mereka. Kini, ia dikenal sebagai salah satu pemain fenomenal dengan gaya bermain cepat dan lincah.

Prestasi Kevin Sanjaya Sukamuljo meliputi:

- Juara ganda putra di All England Open pada tahun 2017 dan 2018.

- Juara World Superseries Finals pada tahun 2017

.- Medali emas ganda putra di Asian Games 2018.

- Medali perak ganda putra di Kejuaraan Asia 2019.

- Bersama rekan gandanya, Marcus Fernaldi Gideon, Kevin meraih gelar BWF Best Male Players of the Year selama dua tahun berturut-turut (2017 dan 2018) setelah mengumpulkan tujuh gelar Superseries pada 2017 dan delapan gelar World Tour pada 2018.

Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon sering disebut sebagai "the Minions" karena tinggi badan mereka yang di bawah rata-rata dan gaya bermain yang cepat, mirip dengan karakter Minions dalam film *Despicable Me*. Keduanya telah mengangkat permainan ganda putra ke level baru dan membuat pertandingan semakin menarik untuk ditonton.

3 dari 4 halaman

Pesan Mengharukan Kevin Sanjaya Usai Pensiun dari Bulu Tangkis

"Saya sangat bersyukur dengan semua pencapaian saya dan @marcusfernaldig sampai saat ini, walaupun kami belum berhasil mendapatkan medali Olimpiade dan World championship. Namun sepertinya waktu saya di dunia badminton cukup sampai di sini, Saya telah berfikir keras, berdiskusi dengan orang-orang terdekat dan mempertimbangkan banyak hal untuk saya sampai di titik ini. Di mulai dari cidera bahu saya yang tidak kian membaik sejak tahun 2017. Di tambah, partner saya cidera dan berujung kami tidak mungkin dapat memperebutkan tiket ke olimpiade 2024," sambung Kevin.

"Lalu saya mendapat kesempatan untuk memiliki partner yang baru. Namun saya rasa kami kurang pas karena kami berdua sama-sama pemain depan. Setelah itu, saya berdiskusi dengan pengurus PBSI untuk langkah kedepan saya di dunia badminton. Karena saya bermain badminton bukan untuk menjadi penggembira, melainkan saya ingin memiliki tujuan yang jelas."

"Beberapa bulan saya menunggu akhirnya saya mendapatkan jawaban di pertengahan bulan Januari 2024. Namun jawaban yang diberikan tidak sesuai harapan saya dan saya tidak mendapatkan kesempatan untuk memiliki tujuan yang jelas. Akhirnya saya di akhir bulan Febuari memutuskan untuk berhenti dari dunia badminton."  

"Saya ingin mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya untuk semua yang telah mendukung dan mendoakan perjalanan saya sampai saat ini. Saya juga mau meminta maaf bila banyak pendukung yang mungkin kecewa dengan keputusan ini. Ketauilah bahwa keputusan ini bukanlah keputusan yang mudah, bisa di bilang ini adalah salah satu keputusan terbesar dalam hidup saya."

4 dari 4 halaman

Kevin Sanjaya Putuskan Pensiun dari Pelatnas PBSI, Warganet: Thank You Kevin dan Marcus

Keputusan mundurnya Kevin dari badminton ini disambut warganet dan fans badminton Tanah Air dengan ucapan terima kasih. Ada pula fans badminton yang sedih karena kabar ini, apalagi, Minions menjadi pasangan ganda putra dunia yang begitu terkenal prestasinya.

"Happy retirement, Minions. Thank you Kevin Sanjaya Sukamuljo & Marcus Fernaldi Gideon. Because of you two, i love badminton. Now, I will stand supporting the Indonesian team, even without you. I hope you are always healthy & happy," kata seorang warganet.

"Akhir kata, saya Kevin Sanjaya Sukamuljo pamit' I'm cry," kata seorang warganet lainnya yang sedih dengan salam perpisahan Kevin.

"Mpin," tulis seorang warganet dengan emoji menangis.

"Padahal kangen nonton ni orang maen lagi di lapangan," kata seorang warganet.

Tak sedikit pula yang menyayangkan perlakuan PBSI terhadap atlet sekelas Kevin Sanjaya.

"Sekelas Kevin Sanjaya yang masih mau berjuang buat mulai dari awal lagi, nggak dikasih partner yang bener. Ini udah kesekian kalinya lo kita kehilangan atlet berbakat gara-gara PBSI lambat dan salah ambil keputusan," kata seorang netizen.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini